Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Cara Membuat Perencanaan Bisnis

Sebuah bisnis tentu membutuhkan sebuah perencanaan bisnis yang matang. Hal ini dilakukan agar bisnis dapat terpantau dan sesuai dengan rencana Anda. Lalu bagaimana cara membuat perencanaan bisnis? Temukan jawabannya dalam artikel ini.

Perencanaan bisnis adalan sebuah pembahasan berupa tulisan yang menjelaskan hal-hal yang menjadi pertimbangan dari pendirian sebuah bisnis, hal-hal yang mendasarinya, dan berbagai hal yang berkaitan dengan bisnis tersebut. Dengan kata lain, perencanaan bisnis ini merupakan sebuah jembatan antara ide usaha dan kenyataan yang akan terjadi. Dimana kenyataan akan terwujud dengan mengetahui apa-apa yang bisa menunjang keberhasilan dan apa-apa yang bisa menghambat bisnis.

Perencanaan bisnis diperlukan agar pengusaha mengetahui apa tujuannya membuka bisnis tersebut, perencanaan apa saja yang akan dilakukan, hambatan apa yang akan ditemui. Dengan begitu, saat pengusaha ini menjalankan bisnisnya ia tahu apa yang harus dilakukan. Dapat mengontrol, apakah ia masih ada dalam koridor rencananya dan apa yang harus dilakukan untuk mengatasi hambatan agar usahanya berhasil. Inilah pentingnya Anda mengetahui cara membuat perencanaan bisnis yang berlualitas.

Komponen dalam Proposal Perencanaan Bisnis

Ada beberapa komponen yang harus ada dala sebuah proposal perencanaan bisnis. Komponen-komponen tersebut antara lain:

1. Riwayat Usaha

Buatlah riwayat usaha Anda yang singkat dan jelas. Hal ini mengkin memerlukan dokumen-dokumen penting, tapi public memang harus mengetahuinya. Ada dua alasan yang biasanya tercantum dalam riwayat sebuah usaha, antara lain:

  • Alasan mengapa perusahaan Anda tertarik melakukan bisnis di bidang usaha yang sedang dijalani.
  • Apa saja cara yang dilakukan perusahaan untuk dapat mencapai keberhasilan.

2. Latar Belakang Perusahaan

Dalam bagian ini jelaskan sejarah singkat berdirinya perusahaan Anda seperti kapan dan di mana berdirinya, pihak mana saja yang terlibat dalam pendirian usaha ini, keadaan keuangan dari perusahaan, dan perencanaan pengembangan perusahaan.

3. Produk Perusahaan

Jelaskan juga dalan perencanaan bisnis ini produk-produk apa saja yang Anda tawarkan, apakah barang atau jasa. Gambarkan juga produk anda secara detail.

4. Keadaan Pasar serta Strategi Pemasaran

Jelaskan permintaan pasar terhadapa produk yang Anda jual. Di sini, hanya ada dua pilihan yaitu membuat pasar baru atau mengikuti pasar yang sudah ada. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui keadaan pasar serta strategi pemasaran yang akan dijalankan.

5. Rencana Pemasaran

Pada dasarnya, perencanaan pemasaran ini adalah membidik target pasar yang tepat sasaran. Ada beberapa komponen yang harus Anda perhatikan dalan pembuatan rencana pemasaran ini, antara lain analisa pasar, analisa produk, kondisi persaingan, strategi pemasaran, jondisi harga, kondisi promosi, strategi keuangan, dan strategi manajemen.

Tips Membuat Perencanaan Bisnis

Cara membuat perencanaan bisnis yang berkualitas saat ini belum banyak diketahui para pebisnis pemula. Agar bisnis Anda berhasil, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut dalam membuat perencanaan bisnis.

1. Tujuan Bisnis

Tentukan tujuan bisnis Anda secara jelas. Tujaun bisnis merupakan hal yang penting dalam sebuah bisnis. Tentukan tujuan bisnis Anda, cara mencapainya, lalu pastikan Anda masih berjalan sesuai dnegan rencana dan tujuan Anda.

2. Pemasaran

Langkah selanjutnya adalah menenntukan rencana pemasaran yang akan Anda lakukan. Mulai dari penentuan target pasar,cara berpromosi, pandistribusian, penentuan harga, dan sebagainya.

3. Karyawan

Sebelum merekrut karyawan, lihat dulu berapa dana yang Anda miliki untuk membayar karyawan. Selain itu, pikikan juga keefektivan karyawan yang akan direkrut. Apakah sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan sesuai standar atau belum.

4. Data Keuangan

Data dari keuangan dapat menggambarkan berapa laba dan rugi dari bisnis Anda. Oleh arena itu buatlah pembukuan misalnya neraca untuk emnegathui arus pengeluaran dan pemasukan kas dalam perusahaan Anda.

5. Dokumen Presentasi

Saat Anda akan melakukan presentasi di lapangan guna mendapatkan investor atau konsumen, siapkan berbagai dokumen penting yang lengkap untuk menarik para investor atau konsumen.

6. Dokumen Hukum

Siapkan juga berbagai dokumen hokum seperti surat perjanjian, pajak, kontrak, dan sebagaianya yang dapat menunjukkan bahwa bisnis yang Anda miliki dapat dipertanggungjawabkan.

Contoh Perencanaan Bisnis Makanan

Berikut ini contoh perencanaan bisnis makanan.

PROPOSAL PERENCANAAN BISNIS

WIRAUSAHA MANDIRI

Asal kota : Bandung

Nama : Khaeroni Rabani

Merk/Brand Usaha : Agar-Agar Kristal “Berkah”

Jenis Usaha : makanan

Visi/Misi : menawarkan varian makanan baru pada masyarakat luas sehingga dapat membuka lapangan kerja yang luas bagi masyarakat.

Usaha makanan Agar-Agar Kristal “Berkah” dimiliki oleh satu orang sebagai pemilik usaha ini. Agar-Agar Kristal “Berkah” merupakan salah satu usaha makanan agar-agar dengan bahan baku agar-agar powder. Agar-agar ini dapat dijadikan pelengkap es campur, sop buah, atau langsung dimakan dengan tambahan susu kental manis. Agar-agar ini dapat disantap dimana saja dan kapan saja dengan harga yang relatif terjangkau.

Analisis SWOT

STRENGTHS (Kekuatan) WEAKNESSES (Kelemahan) OPPORTUNITIEAS (Peluang) THREATS (Ancaman)

  • Tahan lama
  • Higienis
  • Siap pakai
  • Memiliki beberapa varian speerti manga, tutti frutti dan pandan.
  • Kurang berpengalaman dalam menjalankan bisnis
  • Keterbatasan modal.
  • Banyaknya penjual es campur, sop buah, dan sebagainya yang membutuhkan bahan pelengkap agar-agar Kristal.
  • Belum banyak perusahaan yang menawarkan produk agar-agar Kristal seperti ini.
  • Belum memiliki hak paten sehingga memungkinkan orang lain meniru produk yang kami tawarkan.

Target Pasar

Target pasar bisnis ini adalah para penjual es campur, penjual sop buah, dan konsumen rumah tangga. Agar-agar jenis ini memang sudah banyak dipasaran, namun produk Agar-Agar Kristal “Berkah” ini memiliki keunggulan lain yaitu inovasi pada bentuk kristalnya. Produk ini dapat dikonsumsi oleh siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Differensiasi

Fokus usaha ini terletak pada rasa, efektivitas, serta inovasi bentuk yang variatif. Dengan dmeikian, pesaing produk ini masih sedikit. Agar-agar ini memiliki tiga varian rasa yaitu pandan, manga, dan tutti frutti yang dapat dimix dengan berbagai makanan dan minuman sebagai pelengkap.

Pesaing Terdekat

Hingga saat ini belum ada pesaing bisnis yang paling dekat karena masih kurangnya pengusaha dalam makanan seperti ini.

Strategi Bisnis

Konsep Produk

Konsep produk ini sehat dan unik. Varian-varian rasa dan bentuk akan terus dikembangkan seiring dengan berkembangnya perusahaan. Selain itu, hingga saat ini belum ada pengusaha yang menjual agar-agar siap makan seperti ini.

Strategi Harga

Harga produk : Rp. 1500,00 utuk kemasan 600 gram.

Strategi Promosi

Promosi dilakukan dengan menawarkan produk pada gerai-gerai makanan dan para penjual es campur, sop buah, juice, dan yang lainnya. Penyebaran brosur juga dilakukan agar masyarakat cepat mengenal produk ini. Selain itu, pemasangan iklan pada beberapa website dan jejaring sosial dilakukan perusahaan.

Strategi Distribusi

Pemasaran dilakukan dengan cara mengantarkannya secara langsung ke gerai makanan, para penjual atau konsumen rumah tangga. Pemasaran juga dilakukan secara online dengan menggunakan jasa pengiriman kilat. Selain itu, perusahaan juga membuka gerai Agar-Agar Kristal “Berkah” di sebuah pasar modern.

Itulah informasi tentang cara membuat perencanaan bisnis. Semoga dapat memberikan sedikit pencerahan bagi Anda yang masih bingung dalam pembuatan perencanaan bisnis. Apapun bisnis yang dilakukan, bagaimana pun rencana yang disiapkan, niatkanlah selalu bisnis Anda untuk kebaikan semua orang. Semoga selalu diberi keberkahan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar