Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Cara Menjadi Pengusaha Sukses Mulai Dari Awal

Pernah Anda memikirkan bagaimana cara menjadi pengusaha sukses? Jika tidak, mungkin inilah sedikit penyebabnya. Kebanyakan para lulusan perguruan tinggi tanah air saat yang mencita-citakan diri sebagai PNS alias Pegawai Negeri Sipil. Sangat sedikit yang mencita-citakan diri sebagai pengusaha sukses.

Profesi sebagai Pegawai Negeri Sipil dianggap sebagai posisi aman seseorang, jaminan hingga masa tua. Sebaliknya berwirausaha dianggap sebagai usaha spekulasi atau untung-untungan. Untung maju dan lebih besar kemungkinan mengalami kerugian. Tak ada jaminan untuk masa tua, gaji kecil dan sebagainya.

Enaknya Jadi Pengusaha

Terlebih bagi masyarakat yang tinggal di daerah. Profesi sebagai PNS adalah orientasi utama seseorang dalam menempuh jenjang pendidikan di perguruan tinggi. Orang tua akan merasa bangga dan berhasil jika anak-anaknya berhasil lulus menjadi PNS. Tak cukup sampai di situ, oleh sebab persaingan kursi PNS yang cukup ketat, maka tak jarang para orang tua yang rela ‘membeli’ kursi jabatan sebagai PNS seharga ratusan juta rupiah untuk anak-anaknya.

Dengan harapan ada jaminan biaya hidup masa depan bagi sang anak, tanpa mempedulikan cara-cara kotor yang di tempuh. Seseorang telah dididik dari awal bagaimana cara mendapatkan jabatan dengan cara yang tidak benar, ketimbang memikirkan bagaimana cara menjadi pengusaha sukses. Negara-negara maju seperti Singapura, intensitas dan minat warga negaranya terhadap profesi sebagai Pegawai Negeri Sipil sangat kecil. Sebaliknya, rata-rata rakyat Singapura berkeinginan untuk menjadi pengusaha sukses. Pengusaha memiliki banyak kelebihan dibanding para pekerja tetap seperti pegawai PNS.

Pengusaha bebas mengembangkan diri, memiliki penghasilan yang lebih besar ketimbang PNS, memiliki kepuasan tersendiri dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk karyawan, tidak ada yang mengatur dan sebaliknya ia bisa mengatur orang lain. Pengusaha adalah sosok kreatif yang memiliki banyak keistimewaan sifat-sifat. Jika Anda lihat daftar orang-orang terkaya di Indonesia, rata-rata mereka adalah berasal dari kalangan pengusaha, hampir tidak ada yang berasal dari kalangan PNS. Masihkan Anda enggan berpikir bagaimana cara menjadi pengusaha sukses? Anda masih ngotot punya cita-cita sebagai PNS?

Ingin Jadi Pengusaha Sukses?

Mereka yang sukses menjadi pengusaha tentulah mereka yang punya sifat dan mental sebagai pengusaha, memiliki jiwa kepemimpinan yang baik. Tidak hanya sebagai tipe pekerja yang baik, namun juga memiliki kecakapan untuk mengelola, baik sumber daya manusia maupun sumber daya dana. Berikut ini beberapa cara menjadi pengusaha sukses:

1. Ulet dan Inovatif

Inilah cara utama cara menjadi pengusaha sukses. Orang-orang sukses adalah orang-orang yang pantang menyerah dengan sulitnya keadaan. Demikian juga dalam wirausaha. Memulai usaha akan diiringi dengan rintang dan kesulitan di sana sini. Jika mampu bertahan dengan kondisi tersebut artinya Anda telah belajar menjadi sosok yang ulet. Sebaliknya jika Anda bermental krupuk, sekali gagal langsung menyerah, maka Anda memang tidak akan pernah menjadi pengusaha sukses.

Kesuksesan tak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh kesabaran dan keteguhan pelakunya. Pengusaha sukses adalah mereka yang mampu melakukan inovasi-inovasi terhadap usahanya. Mampu berpikiran dan mengambil strategi yang baru dan belum dilakukan orang. Inisiatif dan kreatif dalam menciptakan langkah usaha. Meniru apa yang sudah dilakukan orang tanpa melakukan iniovasi adalah awal dari kegagalan. Sebab apa yang berhasil bagi orang lain belum tentu akan berhasil pada Anda. Pasar pun akan sunyi, dan pada gilirannya Anda akan menuai kegagalan.

2. Perbaiki Profil Pergaulan Anda

Cara menjadi pengusaha sukses tak cukup hanya dengan modal memiliki kapasitas jiwa berwirausaha saja, namun Anda juga perlu memperhatikan faktor lain yakni soal pergaulan. Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki lingkungan pergaulan yang luas, disukai banyak orang dan Anda tampil sebagai pribadi yang menarik. Hal ini akan memicu ketertarikan orang untuk membeli produk-produk Anda, menjalin relasi kerjasama dan sebagainya.

Cara Menjadi Pengusaha Lewat Pertemanan

Kesempatan menjadi pengusaha sebenarya masih terbuka luas. Jumlah penduduk Indonesia yang banyak merupakan peluang pasar yang harus dipertimbangkan. Tetapi kesempatan ini belum mendapat perhatian yang serius oleh kaum muda. Di dalam dunia pendidikan pun masih jauh dari harapan.

Orientasi Pendidikan

Pendidikan masih terjerat untuk mencetak lulusan dengan nilai akademis yang bagus. Orientasi pendidikan belum mengarahkan kepada lulusannya untuk menjadi pengusaha. Ilmu-ilmu dan kiat-kiat bisnis justru ditemukan didalam kegiatan-kegiatan ekstra sekolah atau ekstra kampus. Cara menjadi pengusaha sudah waktunya masuk di dalam kurikulum pendidikan agar setelah lulus dari sekolah atau kampus tidak menjadi pengangguran.

Pendidikan harus mampu memotivasi anak didiknya agar bisa menjadi pengusaha. Pendidikan sebenarnya mempunyai posisi yang sangat strategis untuk menjalin kerjasama dengan dunia industri dan para pengusaha dalam rangka mempersiapkan anak didiknya mencari ilmu cara menjadi pengusaha.

Mulai Berbisnis Sebagai Batu Loncatan Menjadi Pengusaha

Mulai menjadi pengusaha tidak harus menunggu lulus sekolah atau lulus kuliah. Kesempatan saat masih di bangku sekolah/kuliah untuk menjalin kerjasama justru mendapat banyak pilihan. Mulailah dengan mencari teman yang tepat.

Carilah teman yang orang tuanya mempunyai unit usaha, bisa apotek, bengkel, toko kelontong, home industry dan lain sebagainya. Langkah selanjutnya tentukan salah satu teman saja yang akan menjadi target. Misalnya, memilih teman yang orang tuanya mempunyai usaha home industry.

Setelah menentukan satu teman, segeralah ajak teman tersebut ngobrol dan minta dikenalkan dengan orang tuanya. Tujuan ingin kenal dengan orang tuanya adalah untuk melobby agar boleh belajar tentang aktivitas home industry. Coba amati dengan seksama baik secara administrasi, teknis, manajemen, pemasaran atau apapun yang menjadi fokus ketertarikan.

Dari hasil pengamatan coba tentukan satu fokus saja, misalnya tentang administrasi. Lakukan ide kreatif untuk disodorkan kepada ayah teman tadi. Jangan lupa siapkan aplikasi administrasi flow cast home industry tersebut.

Cari buku-buku penunjang aplikasi administrasi perkantoran. Ingat jangan lihat sampulnya yang bagus saja, tetapi ambil yang mempunyai pembahasan yang praktis, aplikatif, dan cari yang ada kode-kode.

Kalau mengalami kesulitan coba googling dengan berbagai format, pasti ketemu. Coba cari di sf.net. Ketik segala kata kunci termasuk image. Lakukan modifikasi seperlunya. Jika sudah siap segeralah beli personal computer bekas saja dan lakukan instalasi program administrasi home indutri tersebut yang diberi nama Sistem Informasi Manajemen Home Industri Cepat Jaya (SIM Cepat Jaya).

Langkah penentuan telah menunggu, yaitu merayu teman tadi agar orangtuanya mau menerapkan SIM Cepat Jaya di home Indutrinya. Jangan lupa lakukan pelatihan dan pemanduan di saat pertama aplikasi diterapkan.

Setiap minggu coba lakukan kunjungan apakah ada kesulitan atau tidak. Setelah jalan sekian lama, dapat dipastikan orang tua teman tadi akan minta tambahan kapasitas atau tambahan unit komputer yang menggunakan SIM Cepat Jaya tersebut. Sebagai sarana iklan, buat stiker di unit komputer “Home Indutri ini telah menggunakan SIM Cepat Jaya”.

Selanjutnya untuk memenuhi kebutuhan peningkatan kapasitas, mulailah pasang harga Rp 300.000 sampai Rp 700.000. Tawarkan juga jasa maintenance komputer. Nah, dari sini akan terus berkembang. Relasi-relasi orang tua teman tadi pasti akan membutuhkan juga, dan akhirnya kita tinggal install di komputer lagi.

Jika memang ini rezeki, siapa tahu Departeman Perindustrian akan menggunakan SIM Cepat Jaya ini. Dapat dibayangkan uang akan segera mengalir. Harga untuk Departemen Perindustrian bisa dipatok Rp.5.000.000 sampai Rp 10.000.000.

Untuk terus mengembangkan usaha, lakukan penajaman melihat peluang usaha, berani mengambil keputusan dan motivasi untuk berkembang dan maju.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar