Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Berbagai Macam Dan Manfaat Dari Jus Buah

Kesadaran untuk kembali ke pola hidup sehat akhir-akhir ini semakin tinggi. Banyaknya penyakit yang menjangkiti masyarakat modern akibat konsumsi makanan junk food yang berlebihan, akhirnya mulai membuka mata banyak orang untuk kembali memerhatikan pola makan mereka.

Seiring dengan itu, tren makanan organik semakin dilirik orang. Konsumsi sayuran dan buah organik mulai digemari kembali. Aneka macam jus buah disebut-sebut membawa banyak manfaat kesehatan.

Macam dan Manfaat Jus Buah

Jus buah memang memberi segudang manfaat kesehatan. Namun ingat, jus buah yang dimaksud adalah jus buah segar, bukan jus buah kemasan. Meski jus buah kemasan banyak diiklankan membawa banyak kebaikan untuk tubuh, namun bagaimanapun, minuman kemasan pastilah mengandung bahan pengawet yang tidak baik untuk tubuh.

Di samping itu, mengonsumsi jus buah segar juga rasanya lebih nikmat dan segar. Anda bisa menggunakan buah apa pun untuk diblender sebagai jus. Jangan merebus buah terlebih dahulu. Gunakan buah mentah yang segar. Sebab dengan merebusnya, berarti menghilangkan atau mengurangi kandungan gizi di dalam buah tersebut. Berikut beberapa macam jus dan manfaatnya yang bisa Anda peroleh.

Jus Blackberry

Antioksidan yang berperan penting dalam memerangi radikal bebas banyak terdapat dalam vitamin C dan E di dalam buah blackberry.


Efek radikal bebas dalam waktu tertentu bisa sangat membahayakan tubuh karena akan merusak sel dan jaringan tubuh, yang pada akhirnya akan menimbulkan kanker atau penyakit jantung.

Penderita diabetes sangat disarankan sering-sering meminum jus blackberry karena bagus untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Jus ini juga ampuh membersihkan darah kotor dan membuat badan kembali segar.

Jus Apel

Kandungan vitamin B dan C di dalam apel sangatlah tinggi. Begitu pula dengan kalsium, magnesium, potasium, dan fosfor. Jus apel memberikan efek menenangkan dan menyegarkan tubuh, di samping efektif pula untuk meredakan rematik dan melancarkan pencernaan.


Kaitannya dengan melancarkan pencernaan, tak heran apabila minuman ini dikatakan obat untuk penyakit sembelit maupun juga diare.

Namun, sebaiknya bagi anak-anak hindari terapi jus apel karena bisa mengakibatkan gangguan lambung, mengingat kandungan asam di dalam buah ini.

Jus Lemon

Sama seperti jus lemon, jus apel memiliki kandungan vitamin B dan C yang tinggi.

Jus buah lemon mampu mensterilkan pembuluh darah, membersihkan racun dalam tubuh, dan membuat kulit tampak lebih segar.


Karena kemampuannya membersihkan racun, maka penderita flu akibat virus dan bakteri disarankan mengomsumsi minuman ini.

Jus Aprikot

Jus aprikot disebut-sebut sebagai minuman anti-aging/penuaan. Hal ini terkait dengan kandungan vitamin B, C, dan K di dalamnya.


Buah ini juga mampu membuat kulit tampak lebih sehat dan muda, serta membuat rambut lebih berkilau. Zat besi di dalam buah ini juga terbukti ampuh menyembuhkan anemia dan juga masalah-masalah terkait menopause.

Jus Anggur

Bagi Anda penderita penyakit jantung, sembelit, arthritis, TBC, wasir, masalah hati, dan berbagai alergi sebaiknya mengonsumsi jus anggur secara rutin. Kandungan aneka vitamin dan mineral seperti tembaga, yodium, kalsium, zat besi, dan kalium membuat terapi jus anggur sangat efektif memerangi berbagai penyakit. Tak heran jika dari berbagai macam jus buah, jus anggur yang paling sering disebut sebagai terapi untuk pengobatan berbagai penyakit.

Jus Jeruk

Apabila Anda mengalami kelelahan dan daya tahan tubuh menurun, tentunya Anda akan rawan terserang penyakit.


Cara paling mudah dan efektif untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan minum jus jeruk. Kandungan vitamin B dan C dan berbagai mineral yang tinggi membuat minuman ini menjadi juara dalam membersihkan racun dalam tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sistem saraf yang tegang dan gelisah juga akan ditenangkan oleh minuman ini. Sebab, buah jeruk juga berfungsi sebagai antidepresan.

Jus Nanas

Enzim bromelain yang terdapat dalam buah nanas berfungsi menguraikan protein. Buah ini juga melancarkan proses pencernaan.


Selain itu, kandungan glukosa di dalamnya diperlukan untuk menambah energi. Kandungan vitamin C di dalam buah ini adalah sekitar 11mg/100 ml.

Jus Tomat

Jus tomat disebut-sebut sebagai penangkal risiko kanker prostat bagi pria, mengingat tingginya likopen yang dikandungnya.


Pembuluh darah kapiler juga akan semakin kuat apabila Anda rajin mengonsumsi jus buah tomat karana kandungan bioflavonoid di dalamnya. Meski demikian, bagi penderita tekanan darah tinggi, sebaiknya jangan terlalu sering meminum jus ini. Sebab, kadar garam di dalamnya cukup tinggi.

Tips Membuat Jus Buah

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari berbagai macam jus buah, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, antara lain sebagai berikut.

Bersihkan Buah

Sebelum Anda menghancurkan buah dengan mesin blender, jangan lupa cuci bersih buah-buahan tersebut. Hal ini diperlukan untuk membersihkan buah dari segala macam obat-obatan kimia dan pestisida yang mungkin disemprotkan pada buah tersebut ketika masih berada di atas pohon. Ada beberapa jus yang tidak perlu Anda kupas karena kandungan vitamin terbesar terletak pada kulitnya, seperti apel misalnya. Oleh karena itu, pastikan Anda membersihkan kulit buahnya dengan bersih karena Anda akan mengonsumsinya.

Bersihkan Biji Buah

Bagian buah yang kita gunakan untuk jus adalah bagian dagingnya. Oleh karena itu, setiap buah yang memiliki biji, sebaiknya dibuang terlebih dahulu, kecuali jika bijinya kecil-kecil dan tersebar merata di dalam daging buah, seperti buah jambu merah misalnya. Apabila Anda membuat jus buah merah, Anda bisa memblender daging buah beserta bijinya. Baru setelah itu, Anda bisa menyaringnya untuk memisahkan biji dengan cairan jus.

Jangan Terlalu Banyak Menambahkan Gula

Buah pada umumnya berasa manis dan memiliki glukosa alami di dalamnya. Jus buah terbaik adalah jus buah yang dihaluskan tanpa menambahkan gula. Namun apabila rasanya aneh bagi Anda, Anda bisa menambahkan gula, tapi jangan terlalu banyak. Sebab, bisa merusak kandungan gizi di dalamnya.

Gunakan Madu Atau Susu Sebagai Pengganti Gula

Banyak orang mencampurkan susu kental manis dalam jus, meski mereka juga menambahkan gula di dalamnya. Padahal, susu kental manis seharusnya bisa digunakan sebagai pengganti gula. Begitu pula dengan madu. Sebisa mungkin hindari atau kurangi konsumsi gula karena lebih banyak kekurangan gula daripada kebaikannya.

Gunakan Air Matang

Proses pembuatan jus buah membutuhkan air. Selalu gunakan air matang untuk membuat jus. Buah yang Anda jus haruslah buah mentah. Namun, air yang Anda gunakan haruslah air matang.

Tak diragukan lagi, ada banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh dari berbagai macam jus buah. Mengonsumsi jus buah benar-benar cara enak dan mudah untuk hidup sehat. Jus buah juga aman diminum kapan saja, baik itu di pagi hari, siang hari, maupun malam hari. Semakin banyak jus buah yang Anda konsumsi dalam sehari, semakin banyak kebaikan yang Anda peroleh darinya.

Anda bisa menggunakan satu jenis buah untuk membuat jus maupun mengkombinasikan beberapa buah sekaligus. Kombinasi buah yang digunakan bisa bervariasi sesuai selera Anda. Tidak seperti jus sayuran yang harus mengikuti aturan kombinasi tertentu, karena salah formula, bisa membuat rasanya sangat pahit. Untuk jus buah, Anda bebas mencoba berbagai macam buah untuk membuat kombinasi. Setiap orang memiliki kombinasi buah favorit mereka sendiri.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar