Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Ciri Khas, Fakta Dan Macam-Macam Bayi Kembar Yang Unik

Bagaimana ciri khas dari macam-macam bayi kembar? Banyak hal yang berkaitan dengan anak kembar ini. Hal-hal unik perlu Anda ketahui walaupun hanya untuk sekadar menambah wawasan Anda. Apalagi jika macam-macam bayi yang kembar ini adalah informasi yang selama ini Anda cari-sari.

Mengingat ketertarikan Anda dengan bayi kembar. Mulai dari penampilan fisik mereka hingga kondisi psikologis mereka yang seringkali saling merasakan satu sama lain.

Kesedihan yang dirasakan bersama atau bahkan keceriaan yang sama-sama di rasakan dalam satu waktu. Walaupun mereka berada di dua tempat yang berjauhan. Seperti memiliki satu hati dua jiwa atau sejenisnya karena mereka adalah unik.

Melihat dua orang atau bahkan lebih yang serupa dalam satu waktu adalah hal yang sangat menakjubkan. Apalagi jika itu adalah anak-anak. Menggunakan baju yang sama persis dan bermain bersama-sama tentunya menjadi sebuah pemandangan yang unik di mata sebagian besar masyarakat.

Bahkan seringkali hal ini menjadi perbincangan di lingkungan sekitar. Karena keunikan itulah maka banyak sekali sacam macam bayi kembar yang menarik untuk kita ketahui.

Terutama jika Anda adalah seseorang yang menyimpan ketertarikan dengan bayi kembar. Terlebih jika Anda sendiri mengidamkan ada bayi kembar dalam keluarga Anda.

Dua bayi dengan bentuk tubuh, wajah, fisik yang identik satu sama lain atau bisa jadi sebaya yang tidak memiliki kemiripan sama sekali. Bisa jadi mirip namun berbeda jenis kelamin, dan banyak lagi kemungkinan lainnya. Bahkan kemungkinan yang sangat mengkhawatirkan yaitu bayi kembar siam sangat mungkit terjadi dalam kelahiran si anak kembar.

Sebuah kondisi mengkhawatirkan yang membuat kita harus kehilangan salah satunya atau bahkan kehilangan keduanya. Hal ini tentu membuat takut sebagian orang yang memiliki kecenderungan untuk memiliki keturunan kembar.

Faktor Kerturunan dan X-Factor

Faktor keturunan adalah salah satu faktor utama yang membuat terjadinya kemungkinan kelahiran bayi kembar. Faktor ini sangat mempengaruhi apakah seseorang bisa memiiki kturunan kembar atau tidak.

Penyebabnya tentu karena kehamlan kembar ini disebabkan oleh gen memungkinkan terjadinya ovulasi dalam jumlah yang banyak yang. Hal ini dikenal pula dalam istilah biologi atau kedokteran dikenal pula dengan istilah hiperovulasi.

Itulah sebabnya seringkali dalam sebuah keluarga besar terdapat beberapa anak atau keturunan kembar dari orang tua-orang tua mereka. Jarang sekali terjadi kelahiran anak kembar tanpa ada riwayat atau keturunan kembar pada pendahulu-pendahulunya.

Jika dalam sebuah garis keturunan terdapat anak kembar biasanya pada generasi berikutnya akan lahir anak-anak kembar juga. Kabar baiknya ada faktor lain yang memungkinkan terjadinya keturunan kembar selain keturunan genetis:

Usia Ibu saat mengandung

Hal ini berkaitan erat dengan kemampuan reproduksi seorang wanita. Dalam hal ini adalah kemampuannya mengeluarkan sel telur yang diproduksi oleh follicle stimulating hormone (FSH).

Yang perlu digaris bawahi bahwa seorang wanita yang berusia 35 dan 39 tahun dapat memproduksi hormon FHS lebih banyak. Itulah sebabnya mereka dapat menghasilkan lebih dari satu sel telur dalam satu siklus.

Sementara pada usia lain hanya satu sel telur yang bisa diproduksi sehingga kehamilan yang terjadi adalah kehamilan biasa bukan kembar. Sayangnya pada usia ini kerap kali dihantui resiko komplikasi pada kehamilan.

Misalnya tekanan darah yang sangat tinggi ketika kehamilan. Resiko ini seringkali dihadapi oleh mereka yang pada usia ini baru mengalami kehamilan yang pertama.

Darah tinggi saat kehamilan beresiko sang bayi dikeluarkan lebih dini atau bahkan harus dikorbankan. Kehamilan pada usia ini memiliki resiko kehamilan yang tinggi hingga tidak disarankan walaupun Anda sangat mengingikan anak kembar.

Kecenderungan mengonsumsi makanan

Ada beberapa makanan atau minuman tertentu yang diduga memiliki kemampuan untuk memicu terjadinya ovulasi dalam jumlah yang banyak atau hiperovulasi. Makanan yang dimaksud diantaranya adalah umbi-umbian atau kentang manis yang di dalamnya terkandung zat kimia dengan efek hiperovulasi pada wanita.

Untuk minuman, para wanita yang teratur meminum susu memiliki kemungkinan untuk mengalami hiperovulasi. Dengan begitu sangat mungkin jika mereka memperoleh anak kembar walaupun tidak ada garis keturunan kembar sebelumnya.

Tinggi dan berat badan

Orang dengan perawakan yang tinggi dan badan yang cenderung besar atau gemuk memiliki kecenderungan untuk dapat memiliki bayi kembar.

Alasannya tentu karena rahim mereka lebih besar sehingga memungkinkan berkembangnya lebih dari satu janin dalam rahim mereka. Tubuh mereka sangat mumpuni untuk mengandung bayi kembar hingga saatnya dilahirkan.

Ciri-ciri fisik seperti itu kebanyakan dimiliki oleh orang-orang yang berasal dari ras Afrika Amerika. Sementara ras lainnya yang tidak memiliki ciri-ciri fisik tersebut tidak.

Itulah sebabnya mengapa orang-orang yang memiliki ras Afrika Amerika memiliki kecenderungan yang lebih besar untuk memiliki keturunan bayi kembar dibandingkan kita ras hispanic atau melayu yag justru meiliki ciri fisik kebalikannya. Walaupun bukan tidak mungkin terjadi suatu pengecualian.

Keadaan fisik yang Berubah

Perubahan fisik yang dimaksud adalah perubahan besar rahim dan keelastisitasannya. Biasanya perubahan ini disebabkan oleh kehamilan yang sudah terjadi sebelumnya.

Wanita yang sudah pernah melahirkan biasanya memiliki rahim yang lebih besar. Tentunya karena kehamilan sebelumnya yang membuat organ rahim mengendur.

Tidak hanya itu, kehamilan sebelumnya yang sempat dirasakan biasanya sudah memilki kemampuan untuk menyesuaikan diri ketika dalam rahimnya tumbuh lebih dari 1 bayi. Itulah sebabnya mereka memiliki kecenderungan juga untuk memiliki anak kembar.

Ciri Kehamillan Kembar

Ciri kehamilan kembar termasuk macam-macam bayi yang kembar yang ingin diketahui oleh banyak orang. Hal ini didorong oleh rasa penasaran mereka untuk segera mengetahui kembar atau tidak bayi yang terdapat pada kandungan mereka.

Terkait begitu banyaknya orang yang menginginkan bayi kembar mengisi hari-hari mereka. Ada beberapa ciri yang dapat menjadi indikasi bayi kembar pada saat kehamilan yaitu sebagai berikut:

  • Morning sick yang dialami biasanya jauh lebih parah dibandingan dengan mengandung 1 janin.
  • Ukuran kandungan lebih besar dibandingkan kehamilan normal dengan satu janin.
  • Terdengar dua detak jantung ketika diperiksa dengan stetoscope.
  • Biasanya seorang ibu akan mempunyai insting yang tepat mengenai bayi yang ada dalam kandungannya. Termasuk perasaan yang kuat bahwa bayi yang dikandungnya kembar.

Fakta tentang Bayi Kembar

Macam-macam bayi yang kembar lainnya adalah adanya beberapa fakta unik yang dimiliki bayi kembar. Hal ini bisa terjadi ketika bayi kembar mulai tumbuh menjadi anak-anak, lalu remaja dan dewasa. Berikut fakta-fakta unik yang seringkali terjadi pada anak kembar, yaitu:

  • Mereka memiliki bahasa atau isyarat rahasia yang hanya dimengerti oleh mereka berdua.
  • Kadang memiliki kesamaan dalam gerak-gerik atau bahasa tubuhnya.
  • Walaupun kembar mereka pasti memiliki sidik jari yang berbeda satu sama lain.
  • Biasanya anak kembar salah satunya memiliki tanda lahir yang dapat membedakan keduanya.
  • Walaupun mereka memiliki kemiripan untuk kembar identik namun biasanya mereka memiliki karakter atau kepribadian yang bertolak belakang satu sama lain.
  • Jika yang satu sakit maka biasanya adik atau kakak kembarnya juga akan sakit. Bisa dalam waktu yang bersamaan atau berdekatan harinya.
  • Kesedihan ata kegembiaran seringkali diaalami berbarengan satu sama lain. Hal ini biasanya karena rasa empati yang besar yang timbul satu sama lain. Hal ini bahkan berlangsung saat mereka berada dalam kandungan.
  • Biasanya sura mereka sama walaupun gaya bicara mereka pasti berbeda satu sama lain.

Walaupun mereka mirip, mereka adalah dua individu yang berbeda. Menyamakan mereka membuat mereka merasa 1 individu hingga akan membuat mereka kesulitan beradaptasi atau mengatasi perasaan mereka ketika mereka dewasa dan harus hidup terpisah.

Oleh karena itu, jadilah orang tua yang bijak yang menghargai mereka sebagai individu yang berbeda. Namun jangan sekal-kali menganakemaskan salah satunya karena hal itu juga akan menyakiti perasaan mereka.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar