Don't Show Again Yes, I would!

Strategi Marketing Untuk Usaha Rumahan

Strategi Marketing Untuk Usaha Rumahan

Strategi marketing untuk usaha rumahan seringkali dikesampingkan. Padahal strategi marketing untuk usaha rumahan membawa keuntungan yang sangat banyak. Karena perkembagan usaha rumahan yang sangat pesat, jadi banyak pesaing yang menawarkan produk sejenis, maka Anda harus mampu bersaing dengan sehat untuk mengambil hati para konsumen.

Usaha rumahan memang mudah dijalankan, tetapi sangat sulit untuk mampu bersaing dengan para competitor di sekelilingnya. Itulah sebabnya Anda harus memperhatikan beberapa cara yang harus Anda tempuh untuk menuju kesuksesan bisnis, dan cikal bakal suksesnya sebuah bisnis adalah strategi marketing yang kuat. Marketing atau pemasaran adalah proses yang berkelanjutan dan Anda harus memastikan bahwa usaha rumahan yang Anda kelola mampu menjadi idola konsumen. Karena tujuan pemasaran adalah menjual produk maupun jasa dengan memberikan keuntungan yang maksimal.

Strategi marketing untuk usaha rumahan bisa menjadi jalan untuk kesuksesan usaha Anda. Strategi pemasaran yang Anda terapkan harus mampu membuat konsumen berbicara tentang produk maupun jasa Anda. Berikut adalah beberapa strategi yang bisa Anda praktikkan.

Strategi Dari Mulut Ke Mulut

Strategi pertama adalah srategi dari mulut ke mulut. Strategi ini sangat sederhana tetapi juga sangat ampuh. Kekuatan strategi ini terletak pada cara persuasive yang Anda gunakan untuk meyakinkan konsumen. Maka jika konsumen sudah loyal dan percaya dengan produk Anda, dia akan menjadi loyal dan menyebarkan berita bagus tentang produk dan jasa Anda kepada calon konsumen yang lain di sekitarnya. Strategi ini akan sangat efektif jika dilakukan dengan kekuatan penuh empati, intuisi dan juga sikap baik Anda.

Pemasaran Secara Online

Strategi kedua adalah pemasaran secara online. Straegi pemasaran jenis ini sangat penting karena sekarang semua orang sudah memanfaatkan media online untuk kehidupan sehari-hari, entah membaca berita, mencari informasi, membeli sesuatu, dan lain sebagainya. Untuk melakukan pemasaran di media ini, tentu saja Anda harus mempunyai home base di website. Hal ini akan memudahkan pengguna internet menjangkau produk atau jasa yang Anda promosikan. Situs website untuk usaha Anda merupakan modal professional yang akan mempengaruhi ketertarikan seorang calon konsumen. Sebuah website mempunyai keunggulan, yaitu iklan gratis untuk produk Anda, memberikan informasi kepada pelanggan tentang perubahan produk, informasi tentang tawaran khusus, promosi dan diskon yang Anda keluarkan.

Cantumkan Alamat Pada Produk

Strategi marketing untuk usaha rumahan yang ketiga adalah dengan mencantumkan alamat pada produk Anda. Pada setiap kemasan produk atau jasa Anda, cantumkan alamat URL website Anda, alamat dan nomor telepon usaha Anda. Cara ini akan menjaga image produk atau jasa Anda di mata konsumen secara berkelanjutan. Strategi keempat adalah memasang iklan di media local. Media local memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Untuk itulah Anda harus memanfaatkan media local ini untuk mempromosikan usaha Anda. Media lokal yang paling efektif adalah harian local dan radio. Tentu saja Anda harus memastikan dahulu apakah radio yang Anda pilih sesuai dengan target market usaha Anda. Misalnya Anda membuka usaha rumah makan dengan gaya kafe, tentu Anda harus memasang iklan di radio yang mayoritas pendengarnya adalah anak muda.

Flyer Atau Selebaran

Strategi kelima adalah dengan flyers atau selebaran. Untuk mencetak selebaran ini membutuhkan budget yang lebih murah daripada brosur dan bisa disebarkan jika Anda mempunyai promo khusus dalam jangka waktu tertentu. Misalnya Anda tuliskan dalam flyer “Dapatkan diskon 10% dengan membawa flyer ini”. Srategi keenam adalah brodur. Fungsi utama brosur adalah memperkenalkan produk atau merek dagang yang Anda jual. Strategi ketujuh adalah kartu nama/ business card. Biarpun sering dianggap sepele, kartu nama tetap memegang peranan penting di dalam bisnis. Karena dengan memberikan kartu nama, Anda akan membuat si penerima akan terus mengingat Anda dan produk Anda.

Share:

Mangaip

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini. Jangan lupa ikuti kami di Google News. Gabung juga ke channel Telegram untuk mendapatkan terbaru Gabung Telegram ya Bestie!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *