Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Jasa Mencuci Mobil Dan Trik Untuk Mengembangkannya

Saat ini sudah banyak orang yang membuka usaha jasa mencuci mobil dan motor. Setiap pemilik usaha jasa ini pasti ingin usaha yang dijalankannya tetap maju dan berkembang. Mereka selalu berusaha untuk menggaet pelanggan sebanyak mungkin.

Berbagai cara dilakukan dengan tujuan agar pemilik mobil mau menggunakan jasa mereka. Ada yang memberi potongan harga sampai dengan memberi fasilitas lain untuk memanjakan konsumennya, dengan tujuan agar tidak berpaling muka. Perkembangan ini tentu akan menimbulkan persaingan yang lebih ketat.

Untuk itu setiap pemilik usaha mencuci mobil dan motor dituntut untuk selalu berinovasi serta mengeluarkan ide-ide baru agar usaha yang dijalankan tidak ditinggal oleh konsumen setianya sekaligus bisa menggaet konsumen yang baru.

Pelaku bisnis di bidang ini tidak boleh berpangku tangan saja sambil menunggu kedatangan pemilik mobil yang ingin membersihkan mobil miliknya itu. Bahkan kalau perlu harus menggunakan teknik jemput bola, agar tidak kedahuluan oleh pelaku usaha yang lain.

Teknik Baru Mengembangkan Usaha Mencuci Mobil dan Motor

Ada kalanya pemilik mobil dilanda dalam kesibukan yang luar biasa, sehingga mereka tidak sempat melakukan hal yang lain. Bahkan untuk membersihkan atau mencuci mobilnya sendiri saja tidak sempat lagi. Mau ke tempat jasa pencucian mobil atau motor mereka kadang juga malas, dengan alasan tempatnya yang jauh atau karena tidak mau membuang waktu secara percuma. Karena di tempat pencucian mobil kadang harus antri lebih dulu. Hal inilah yang mereka tidak sukai.

Bila pemilik usaha mencuci mobil mau berpikir kreatif dan memiliki strategi marketing, keadaan ini bisa digunakan untuk mengembangkan usaha jasa yang digelutinya itu. Caranya adalah dengan membuka layanan jasa pencucian mobil sistem panggilan. Saat ini belum banyak yang mau berpikir ke arah itu. Jadi gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya, jangan sampai melayang disambar orang.

Dibandingkan dengan membuka usaha mencuci mobil yang berlokasi di suatu tempat teknik baru usaha jasa ini punya beberapa kelebihan. Diantaranya adalah modal yang diperlukan justru tidak terlalu banyak, kerena kita tidak perlu menyewa tempat.

Demikian pula dengan peralatan yang digunakan pasti lebih sederhana. Selain itu untuk urusan air, kita juga tidak perlu menyediakan, karena sudah di siapkan oleh konsumen atau pelanggan.

Teknik Membuka Usaha Jasa Mencuci Mobil Panggilan

Untuk mengawali usaha jasa mencuci mobil dan motor panggilan, langkah-langkah yang harus ditempuh adalah :

  1. Siapkan peralatan dan alat angkut. Saat ini di toko-toko banyak dijual peralatan mobil yang bentuknya lebih kecil dan mudah dibawa kemana-mana. Belilah beberapa set, kemudian di taruh di mobil bak terbuka, atau semacam mobil roda tiga kecil agar nanti bisa bergerak lebih lincah.
    Agar lebih mudah dikenal dan dihapal orang, pada mobil angkut alat cuci mobil yang digunakan tersebut berilah cat dengan warna yang mencolok dan diberi tulisan tentang usaha mencuci mobil milik Anda, jangan lupa kasih alamat dan nomor telepon.
  2. Siapkan nomor telepon. Usahakan nomor khusus untuk pelanggan yang ingin menggunakan saja kita lebih dari satu line telepon. Ini agar konsumen lebih mudah menghubungi bila ingin menggunakan jasa kita. Dan bila telah terjadi kesepakatan, berilah pelayanan secepatnya.
  3. Untuk melakukan promosi atau perkenalan, cara yang paling efektif adalah pergi kantor-kantor pada waktu jam istirahat. Dijamin, mereka yang ada di situ adalah orang yang sibuk. Ini adalah pasar yang sangat potensial sekali.
  4. Berilah pelayanan yang sebaik-baiknya. Kalau perlu berilah training kepada karyawan lebih dahulu agar mereka bisa mengetahui tata cara berhubungan dengan konsumen agar mereka bisa merasa puas dengan layanan yang kita berikan. 

Selamat membuka usaha, semoga sukses

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar