Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Peran Manager Dalam Keluarga

Posisi manager sudah hampir dipastikan selalu ada dalam semua cabang kegiatan karena posisi tersebut sangatlah krusial. Fungsi manager ialah untuk memimpin, mengendalikan, serta membuat stau target yang harus tercapai. Itu berlaku untuk semua bidang. Manager pula orang mendapat kepercayaan dari pemimpin perusahaan yang ditugaskan untuk membantu mengangkat perusahaan ke level yang lebih tinggi lagi.

Porsi manager selalu lebih tinggi dalam setiap bidang, namun dapat diimbangi pula jika sang manager memenuhi berbagi persyaratan, seperti rendah hati, mampu menerima kekalahan, serta tidak arogan. Memerhatikan lingkungan sekitar dengan peka juga termasuk ke dalam kriteria manager yang patut diacungi jempol.

Perihal manager itu sendiri banyak diinginkan, tapi tidak sedikit juga untuk dihindari. Semua itu diperlukan kesadaran yang tetap perlu untuk diperjahatikan. Apabila tidak memiliki kesadaran yang baik, sang manager akan bertindak sewenang-wenang serta tidak akan mampu menjadi manager yang disegani oleh bawahannya.

Lantas, manager seperti apakah yang akan disegani tersebut? Beberapa kriteria dari manager tersebut adalah yang selalu mengerti akan kondisi bawahannya, memahami keluhan lingkugan sekitar, serta mampu membuat target yang realistis.

Itu adalah beberapa posisi manager kala menjabat di kantoran. Namun, bagaimana jadinya jika manager itu terjadi di lingkungan keluarga alias rumah tangga? Jawabannya memang tidak terlalu jauh dari fungsi manager saat berada di kantor. Manager yang berada di rumah tangga sudah pasti berlaku untuk seorang ayah, seorang ayah untuk anak-anaknya, seorang suami untuk istrinya, serta seorang pemimpin keluarga untuk selalu berada di depan dan bisa merangkul keluarga dalam keadaan senang maupun susah.

Manager Siaga

Seorang kepala keluarga yang dikatakan sebagai manager harus senantiasa untuk dapat bersikap siaga. Siaga di sini bermakna dengan sikap yang selalu dibanggakan oleh anggota keluarganya. Selalu diandalkan segenap keluarga terhadap sang manager akan menjadikan kekuatan untuknya dalam memimpin sebuah keluarga.

Hal yang terjadi kala kekuatan seorang manager keluarga adalah saat istri atau anak-anaknya ingin membutuhkan sesuatu darinya. Penuhilah jika memang bisa untuk dilakukan, jangan menyerah terlebih dahulu sebelum benar-benar sulit untuk dilakukan. Lakukan antar-jemput ketika istri atau anak-anak sedang beraktivitas. Sikap kecil seperti itu akan semakin menumbuhkan rasa kecintaan anggota keluarga terhadap Anda selaku manager keluarga.

Selain dibutuhkan oleh anggota keluarga, sang manager siaga pun dapat terlihat dari perannya di lingkungan sekitar. Saat datang berbagai kegiatan, seperti acara kerja bakti, ronda tiap malam, serta acara-acara lainnya, Anda selaku kepala keluarga berhak untuk mengikutinya dan mengerahkan segala kemampuan untuk memberikan yang terbaik untuk lingkungan Anda. Dengan begitu, istri dan anak-anak akan merasa bangga terhadap Anda, juga untuk tetangga yang mengetahuinya akan menjadi lecutan serta motivasi untuk keluarga mereka.

Manager Teladan

Jabatan manager dalam keluarga sudah selaknya disandang dengan penuh kearifan dan penuh tanggung jawab. Tidak hanya itu, sang manager keluarga harus punya sikap teladan agar mampu membawa keluarga serta membimbing anggota keluarganya. Sikap yang paling nyata ialah dengan melakukan segala kebaikan untuk diaplikasikan ke dalam seisi rumah.

Hal yang paling sederhana serta sangat mudah untuk dilakukan ialah dengan mengarahkan dalam hal beribadah. Sikap seperti ini sangatlah penting untuk masa depan keluarga Anda. Dengan melakukan banyak ibadah bersama keluarga, selain semakin mendekatkan bersama seluruh anggota keluarga, juga mencerminkan bahwa Anda sebagai manager keluarga dapat membimbing ke arah yang benar.

Apabila ada waktu luang, lakukanlah berbagai aktivitas, seperti sholat berjamaah, mengaji, atau mengarahkan anak untuk berpuasa. Hal-hal itulah yang akan melekat dalam batin serta hati seorang manager keluarga yang teladan.

Manager Yang Melindungi

Manager sudah seharusnya untuk melakukan perlindungan terhadap bawahannya ketika memang layak untuk dilindungi. Begitu pun dengan manager keluarga. Ketika ada permasalahan yang terjadi di keluarga, baik itu dengan anak-anak atau istri, atau terjadi dengan semuanya, sudah selayaknya sang manager tidak ikut ke dalam amarah. Sang manager haruslah berada sebagai penenang yang selalu menyelesaikan permasalahan dengan tidak menimbulkan luka.

Perlindungan seperti inilah yang sering dilupakan oleh para manager keluarga. Perlindungan tidak hanya harus dilakukan dengan memasang badan ketika ada permasalahan. Pola pikir yang menggunakan logika ialah cara perlindungan yang sangat kuat. Dengan berpikir secara logika, kemampuan kedewasaan Anda akan semakin teruji.

Manager Sebagai Partner

Selain berperan sebagai suami, manager yang mampu menjadikan istrinya sebagai partner dalam mengarungi kehidupan berumah tangga adalah sang manager yang dibutuhkan. Dengan menjadi partner yang baik, akan membuat istri Anda merasa dihargai, diperhatikan, serta dilindungi.

Melakukan peranan ini tidaklah terlalu sulit. Anda dapat memulai dengan mendengarkan keluhan istri. Menjadi pendengar yang baik adalah lebih berharga daripada banyak bicara yang tanpa isi. Istri yang menceritakan keluhannya kepada sang manager keluarga akan meringankan beban yang dihadapinya.

Selain itu, jadilah partner dalam membimbing anak-anak. Peran orangtua akan membuat anak-anak menjadi lebih cerdas, aktif, serta berada di jalan yang seharusnya. Ingatlah senantiasa pada anak-anak, terutama pada saat mereka masih kecil dan selalu membutuhkan belaian serta perhatian seorang ayah.

Komunikasi yang sering dilakukan oleh manager keluarga terhadap anaknya akan sangat membantu tumbuh kembang anak. Komunikasi sangat perlu untuk dilakukan, juga yang perlu untuk diperhatikan adalah adanya kontak mata dengan anak Anda. Dengan begitu, anak akan tahu ekspresi Anda saat bercengkrama dengannya. Usia seperti itu akan memiliki memori yang sangat kuat dalam merekam aktivitas di sekitarnya.

Saat sang manager sampai di rumah ketika pulang bekerja, datangilah buah hati Anda. Selain untuk melepas rasa rindu dengannya, juga akan menjadikan obat stres yang paling ampuh. Luangkanlah waktu cukup lama untuk bisa bersamanya, katakanlah sebelum berangkat kerja minimal 30 menit dengannya. Meskipun waktu yang terbilang singkat tersebut, itu akan sangat berharga untuk anak Anda. Manager yang bersikap seperti inilah yang akan membuat anak Anda merasa bangga kala mereka besar nanti. Serta Anda akan dapat menjadi seorang partner yang berlabel manager kebanggan keluarga.

Berperan sebagai manager keluarga memang tidak dapat dikatakan sebagai tindakan yang mudah. Namun, tidak bisa juga dikatan sulit. Semua itu berdasarkan kepada niat Anda dalam melakukan peran sebagai sang manager untuk bisa menjadi pemimpin yang disegani oleh keluarga. Buatlah istri Anda tidak salah dalam menentukan pilihan untuk menjadikan Anda sebagai pendamping seumur hidup.

Serta, jadikan posisi manager sebagai pendorong semangat untuk anak-anak. Berikanlah yang terbaik yang bisa Anda lakukan untuk kemajuan, kesejahteraan, juga untuk kedamaian di dalam lingkup keluarga. Apabila Anda dapat melaksanakan peran sebagai manager tersebut, bukan tidak mungkin keluarga yang Anda bangun bersama sang istri akan menjadikan sebuah pondasi yang dapat menguatkan rumah tangga Anda.

Peran manager itu sendiri tidak bisa dilakukan oleh seorang diri. Semua itu harus selalu mendapat dukungan dari semua pihak, pihak di sini ialah istri serta anak-anak itu sendiri. Istri terutama yang bisa menjadikan dan menambah kekuatan bagi sang manager. Berilah kebahagiaan untuk mencerahkan hari-hari sang manager. Layanilah kesehariannya karena sepasang suami istri tidak akan pernah bisa bersatu di kala semuanya masih saling memiliki ego yang tinggi. Sepasang suami istri akan dapat menjadi pasangan yang senantiasa mengharumkan nama keluarga.

Dengan begitu, peran manager yang Anda pegang akan dengan mudah dilakukan. Meskipun akan terasa sulit, tetapi kesulitan tersebut akan dibayar dengan kebahagiaan dan ketenteraman. Jadilah manager kebanggan keluarga!

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar