Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Yang Paling Sering Kamu Posting Di Facebook, Bisa Menunjukkan Kepribadianmu Lho

Tiap kali bikin status di facebook, apa yang paling sering kamu posting? Mulai dari link konyol atau menggugah yang kamu share, hingga status menyedihkan yang sering kamu buat, semuanya ternyata memiliki makna tersendiri yang menjelaskan kepribadianmu. Hal ini dibuktikan oleh penelitian di Brunel University yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences.

Psikolog mensurvei 555 pengguna Facebook dengan menghubungkan apa yang ditulis seseorang tiap kali update status dan jenis kepribadiannya. Hasilnya, kamu bisa cek sendiri:

Posting Makan Di Luar, Bertemu Teman, Dan Segala Kejadian Lucu


Tandanya: kamu ekstrovert

Jika kamu sering posting foto, tulisan, atau banyak hal tentang makan di luar, jalan-jalan ke suatu tempat, bertemu teman-teman, aktif menghadiri reunian, dan hal-hal lucu yang terjadi padamu, besar kemungkinan kamu adalah ekstrovert.

Ini juga berlaku buat kamu yang sering berbagi tentang kegiatan sosialmu, hewan peliharaan hingga hobi-hobi yang kamu suka. Ini semua menandakan bahwa kamu suka berteman, aktif bicara dan orang yang menyenangkan.

Bukan mencari pujian, kamu yang ekstrovert melakukan ini sebagai alat komunikasi dan berhubungan dengan orang lain. Bagimu, sangat menyenangkan bisa berbagi dan jadi lebih dekat dengan orang lain.

Share Artikel Menarik, Kejadian Saat Ini, Atau Segala Hal Yang Kreatif


Tandanya: Kamu open-minded

Kalau wall kamu isinya kebanyakan tentang hal-hal menarik yang pernah kamu lihat di internet, kemungkinan besar kamu orang yang penasaranm kreatif, dan terbuka untuk pengalaman baru.

Daripada berbagi informasi pribadi, orang yang open-minded cenderung menulis update pandangan mereka soal peristiwa terkini, penelitian dan ilmu pengetahuan, juga menulis hal-hal yang berhubungan dengan ketertarikan dan jiwa seninya dibanding mengangkat topik lain.

Kamu juga lebih menggunakan facebook untuk mencari informasi dan melakukan pemantauan, dibanding bersosialisasi.

Posting Segala Hal Tentang Hubungan Romantismu Saat Ini


Tandanya: kamu nggak percaya diri

Kalau kamu banyak menulis ungkapan perasaanmu pada sang pacar atau melakukan apa saja dengannya, juga banyak posting fotomu saat berdua dengannya, kemungkinan besar kamu nggak percaya diri dan memiliki harga diri rendah.

Orang yang merasa kurang percaya diri dan nggak punya jaminan kebahagiaan bagi dirinya cenderung update status tentang hubungan romantisnya dengan pasangan. Bukan karena ingin menyombongkan hubungan, tapi karena ia sedang menegaskan bahwa hubungannya baik-baik saja, dan mengatasi ketidakamanan dalam dirinya dengan cara demikian.

Menurut peneliti, hal seperti ini lebih sering dilakukan oleh kamu yang sedang goyah hubungannya. Tambahan lagi, seseorang cenderung memosting sesuatu yang indah soal hubungan (entah itu pertemanan, percintaan, dan keluarga), jika dirinya marasa terancam, tidak aman, dan sedang berada dalam masalah hubungan.

Kamu Sering Berbagi Prestasi Dan Pencapaianmu


Tandanya: kamu narsis

Kalau kamu update status atau posting foto tentang merayakan prestasi tertentu semisal bersyukur dapat proyek baru, berhasil dekor ulang rumah, atau postingan wisuda dan kelulusan, maka kamu dipastikan narsis.

Studi ini menemukan bahwa orang yang aktif dan langsung memosting prestasinya menandakan sedang mencari perhatian di jejaring sosial.

Penelitian juga menemukan bahwa narsisme berkorelasi dengan update status tentang diet dan olahraga rutin yang sedang mereka jalankan, terutama untuk mengekspresikan kepentingan pribadi dengan memperlihatkan penampilan fisik yang baik.

Kamu Sering Share Foto Anak-Anakmu


Tandanya: kamu teliti

Jika profil facebook dan wallmu lebih banyak tentang si kecil dibanding kamu, dan baru update status jika itu tentang si kecil, besar kemungkinan kamu orang yang teliti, cermat, dan waspada.

Studi ini menemukan bahwa orang yang teliti cenderung menulis lebih banyak hal soal anak-anaknya, dibanding mengangkat topik sosial atau kehidupan sehari-harinya. Ini juga menujukkan bahwa kamu terorganisir, bertanggung jawab serta gemar bekerja keras, dan hanya menggunakan facebook untuk berbagi informasi juga berkomunikasi dengan teman dan keluarga.

Namun peneliti juga menambahkan, orang yang teliti berbagi update soal anak-anaknya kemungkinan besar mencerminkan bentuk tidak langsung dari orangtua kompetitif.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar