Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Lokasi Dan Aura Mistis Di Jakarta

Jakarta sebagai ibu kota Indonesia dari hari ke hari semakin penuh dengan hiruk-pikuk penghuninya. Bahkan, sudah membawa masalah tersendiri yang mencapai tingkat tinggi dan komplakasi.

Berbagai macam karakter bangsa dari berbagai daerah tumplek di dalamnya. Ragam lapisan masyarakat tumpang tindih di sini serta berbagai profesi bisa Anda temukan di Jakarta.

Wajar saja jika ada yang mengatakan perputaran uang terbesar di Indonesia ini ada di pusat kota Jakarta. Lihatlah beberapa problematika terus saja kita dengar dari kota yang dulunya bernama Batavia ini.

Satu sisi persoalan modernitas dari Jakarta menjadi panutan bagi muda-mudi di daerah. Namun, persoalan kemiskinan pun merupakan potret buram keseharian warga Jakarta.

Persaingan semakin ketat dari hari ke hari sehingga konflik pun sangat rentan terjadi.

Julukan Selain Metropolis

Jakarta memang disebut sebagai kota metropolis. Segala kebutuhan dan sarana apa pun dengan mudah bisa kita temukan di sini. Sentra pemerintahan, bisnis, dan wisata berbaur di sini dengan kehidupannya masing-masing.

Layaknya sebuah kota metropolis, detaknya tak juga berhenti. Siang dan malam Jakarta terus saja menunjukkan geliatnya. Namun, lepas dari julukan Jakarta sebagai kota metropolis, tak jarang kemudian muncul sebutan-sebutan lainnya yang membuat kita jadi tersenyum sendiri. Bahkan, merinding.

Percaya tidak percaya, Jakarta pun kerap disebut-sebut sebagai kota penuh mistis. Wacana ini kemudian diperkuat dengan maraknya penggarapan film-film horor yang mengambil sebagian nama-nama lokasi yang berada di sekitar Jakarta. Sebuah lokasi yang tentunya dipercaya mempunyai cerita tersendiri yang berbau mistik dan horor.

Lokasi-lokasi Mistis Di Jakarta

Ada beberapa lokasi di Jakarta yang sering disebut-sebut sebagai lokasi angker dan penuh dengan kejadian-kejadian di luar batas nalar manusia.

Terlepas benar atau pun tidak, cerita kehidupan mistis di Jakarta sudah terlanjur berkembang di masyarakat hingga hari ini.

Ada pun lokasi-lokasi yang kerap disebut angker dan beberapa di antaranya sudah digarap menjadi judul film layar lebar adalah:

Rumah Pondok Indah

Keberadaan rumah Pondok Indah berlokasi di jalan Metro Pondok Indah, Jakarta Selatan. Hal janggal yang sering terjadi adalah penampakan bapak-bapak dan seorang wanita.

Kondisi menyeramkan ini kemudian ditambah dengan geger hilangnya seorang tukang nasi goreng pada September 2002. Konon, setelah mengantarkan nasi goreng ke rumah, si penjual tak pernah kembali dan tinggal gerobaknya.

Taman Langsat Mayestik

Taman ini sebenarnya sebuah taman kota yang berada tepat di belakang pasar burung Barito, masih di Jakarta Selatan.

Menurut kabar yang beredar, di taman ini kerap ditemui sosok kuntilanak dan genderuwo. Kondisi angker ini disebabkan taman ini jarang dinikmati orang untuk bersantai sehingga menjadikan lokasi ini angker. Pengunjung yang kerap kali kesurupan juga menjadi penyebab tersendiri angkernya lokasi ini.

Lintasan Kereta Bintaro

Kecelakaan kereta pada 19 Oktober 1987 yang menewaskan ratusan orang di dekat Stasiun Sudimara, Bintaro, Jakarta Selatan ini, membawa dampak mistis tersendiri. Di lintasan ini, konon seringkali orang mendengar suara tangisan dan jeritan.

Jembatan Ancol

Jembatan Ancol merupakan bekas jembatan goyang yang berada di sekitar pantai Ancol Jakarta Utara. Siti Ariah kemudian disebut-sebuta sebagai Si Manis Jembatan Ancol, namun kalah populer dengan sebutan Maryam setelah dibuat film.

Menurut penuturan warga sekitar, pada 1995 ada pelukis yang didatangi seorang gadis yang minta dirinya dilukis. Namun, baru setengah badannya digambar, wanita itu menghilang.

Terowongan Casablanca

Terowongan ini berada di jalan Basuki Rachmat, Jakarta Timur. Kejadian mistik yang sering dijumpai ialah sesosok penyebrang jalan misterius berwujud perempuan tua bersama seorang anak kecil. Terkadang juga berwujud gadis cantik.

Dahulunya, lokasi ini dibangun di tanah pemakaman umum yang sangat terkenal keangkerannya. Sejak penggusuran itu, banyak sekali terjadi insiden kecelakaan di terowongan tersebut.

Pemakaman Umum Jeruk Purut

Pemakaman ini berada di kelurahan Jeruk Purut, Jakarta Selatan. Pocong, kuntlianak, dan tuyul cukup terkenal di sini. Namun, sosok hantu pastur tanpa kepala yang kerap dijumpai penjaga makam manambah kepercayaan masyarakat akan angkernya lokasi ini.

Selain lokasi-lokasi tersebut, masih banyak tempat-tempat di Jakarta yang terkenal angker. Sebut saja lokasi Lubang Buaya di Pondok Gede, Jakarta Timur. Juga di kawasan Klender, dan Rumah Kentang Prapanca di Jalan Dharmawangsa 9 Jakarta Selatan. Mungkin masih banyak lagi lokasi-lokasi mistis di kota metropilis ini.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar