Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Tips Dan Trik Menggunakan Mobil Box

Bagi Anda yang bekerja pada bidang yang berhubungan dengan pengiriman barang atau apapun yang terkait dengan pengiriman barang, tentu Anda sudah biasa menggunakan mobil box. Mobil dengan box memiliki keunggulan dalam hal kapasitas muatan dan keamanan muatan dibandingkan tipe mobil lain.

Box yang dimiliki mobil jenis tersebut memiliki keunggulan dalam melindungi muatan yang dibawanya tersebut. Hal tersebut menjadikannya sebagai mobil yang hebat dan digemari dalam hal pengangkutan.

Mobil Box - Fungsi Box Mobil

Mobil box adalah mobil yang dilengkapi kotak di bagian belakang kemudi sebagai tempat untuk menaruh muatan. Kotak umumnya berukuran besar sehingga memaksimalkan fungsi muat mobil tersebut. Sang mobil ahli muat tersebut umumnya memiliki mesin yang tangguh dibandingkan mobil pada umumnya, meskipun dalam hal kecepatan kurang. Hal tersebut bertujuan agar mobil tersebut mampu memuat muatan lebih banyak sesuai dengan fungsinya. Beberapa penggunaan mobil dengan box dalam kehidupan sehari-hari adalah:

1. Fungsi Mobil Box - Saat sedang Pindah Rumah

Bagi yang sering berpergian dan berpindah-pindah tempat tinggal tentu akan sangat membutuhkan mobil yang mampu membantu melakukan pengangkutan barang-barang serta perabotan rumah yang tentu saja tidak sedikit. Mobil yang digunakan haruslah memiliki daya angkut yang besar serta kuat sehingga dapat mengangkut barang bawaan dengan lebih mudah. Akan lebih optimal lagi jika terdapat box di belakang mobil yang gunakan. Box pada mobil akan lebih mengamankan barang yang dibawa, sehingga tidak dikhawatirkan tercecer atau terjatuh saat pengangkutan.

Bagi seorang mahasiswa atau pelajar yang belum memiliki tempat tinggal tetap atau masih kos atau kontrak rumah, tentu akan sering melakukan pindah kos ataupun rumah kontrakan. Terutama bagi yang selalu mengincar tempat tinggal dengan harga murah tentu akan selalu pindah-pindah tempat mencari tempat tinggal yang murah dan nyaman. Mobil yang mampu mengangkut barang-barang tersebut dengan aman dan nyaman sangat diperlukan. Jika mobil dilengkapi box, tentu keamanan dan privasi akan barang-barang bawaan akan lebih terjamin.

2. Fungsi Mobil Box - Untuk Jasa Pengiriman Barang

Jika seseorang ingin membuka usaha dalam bidang jasa pengiriman barang, tentu sangat membutuhkan mobil dengan kapasitas muat yang besar dan aman. Mobil jenis inilah jawabannya. Dengan mesin, kapasitas, serta box yang dimilikinya, dia mampu melayani dan melaksanakan tugas pengiriman barang untuk pelanggan dalam jumlah yang besar sekaligus aman.

3. Fungsi Mobil Box - Untuk Mengangkut Barang yang Rentan Rusak

Bagi barang yang rentan rusak, seperti barang pecah belah maupun kayu-kayuan proses pengangkutan harus dilakukan dengan sangat berhati-hati. Barang pecah belah sangat rentan terjadi pecah yang diakibatkan benturan dan sebagainya. Dengan box yang ada pada mobil, pengiriman akan lebih aman karena benturan dapat diminimalkan. Kerangka box memungkinkan penataan yang lebih rapi sehingga diharapkan terjadinya benturan dapat dihindari.

4. Fungsi Mobil Box - Untuk Mengangkut Barang harus Dihindarkan dari Sinar Matahari Langsung

Untuk mengangkut barang yang harus dihindarkan dari sinar matahari secara langsung, misalnya makanan dan minuman sebaiknya pengangkutan dilakukan dengan menggunakan mobil dengan box, dimana terdapat box yang dapat melindungi isi angkutan berupa makanan dan minuman tersebut. Daya angkut mobil yang digunakan untuk mengangkut juga harus disesuaikan dengan barang yang akan diangkut sehingga efektif saat digunakan untuk mengangkut barang yang akan diangkut.

Mobil Box - Jenis-jenis Mobil

Berbagai jenis kegunaan angkutan mobil tersebut sangat berguna bagi orang yang bergerak di bidang pengangkutan barang. Mobil yang dipilih juga tidak boleh sembarangan, haruslah sesuai dengan kebutuhan si pengangkut. Jika ingin mengangkut dalam kapasitas yang besar, disarankan menggunakan mobil box dengan muatan yang besar supaya efektifitas pengangkutan dapat ditingkatkan. Beberapa pilihan yang umum digunakan adalah:

1. Jenis-jenis Mobil - Daihatsu Zebra

Daihatsu Zebra merupakan mobil box degan ukuran yang kecil. Kapasitas maksimal mobil jenis ini adalah 1 ton. Mobil jenis microvan ini sangat cocok digunakan untuk mengangkut barang barang lintas pedesaan. Body mobil yang ramping memudahkan untuk melalui jalan-jalan kecil sehingga sangat efektif. Kapasitas muat satu ton direkomendasikan untuk mengangkut barang barang yang tidak terlalu berat. Pengusaha industri makanan skala kecil sangat disarankan menggunakan jenis mobil ini.

2. Jenis-jenis Mobil - Isuzu Elf

Isuzu elf adalah mobil yang sangat populer dalam dunia pengangkutan barang. Kapasitas muat yang besar ditunjang dengan mesin yang tangguh menjadi Andalannya. Jenis mobil dengan box ini memiliki kapasitas muat yang cukup besar yaitu 2 ton. Mobil ini dapat digunakan untuk mengangkut barang berat, seperti furnitur hingga yang ringan seperti makanan. Beberapa perusahan yang bergerak dalam bidang pengangkutan sering mempercayakan pengangkutannya pada mobil jenis ini karena kelebihan-kelebihan yang dimilikinya tersebut.

3. Jenis-jenis Mobil - Mitshubishi Colt Diesel 100ps Kapasitas 2 Ton

Jenis mobil ini tidak kalah tangguh dengan Isuzu Elf. Kapasitas muatnya yang besar juga ditunjang dengan mesin yang mumpuni merupakan kelebihannya. Sama seperti Isuzu Elf, mobil jenis ini cukup populer dalam bidang pengangkutan barang di Indonesia.

Mobil Box - Tips Memilih Mobil

Berbagai jenis mobil dengan box telah banyak disediakan dipasaran Indonesia. Pengguna dalam memilih haruslah sangat memeperhatikan kebutuhannya. Pengguna dapat memilih mobil ini sesuai dengan benda apa yang akan diangkut, kapasitas serta medan yang akan dilalui. Beberapa tips memilih mobil tersebut, yaitu:

1. Tips Memilih Mobil - Kenali Jenis Mobil Box Terlebih Dahulu

Tahap pertama sebelum memilih adalah mengenal jenis mobil tersebut terlebih dahulu. Beberarapa jenis mobil dengan box seperti yang telah dipaparkan sebelummnya memiliki keunggulan serta kelemahan masing-masing. Pertimbangan yang matang dan pengenalan terhadap mobil adalah hal yang penting dilakukan.

Jika Anda berniat untuk membeli pastikan terlebih dahulu ketersediaan suku cadang dan service center di daerah Anda. Apabila kedua akses tersebut tersedia barulah mobil tersebut tepat untuk dipilih. Hal tersebut perlu diperhatikan karena apabila suku cadang serta service center tidak tersedia akan menyusahkan dan menguras ongkos saat terjadi kerusakan. Pemilihan dan pengenalan mobil yang baik dapat menjauhkan penggunanya dari resiko kerugian.

2. Tips Memilih Mobil - Sesuaikan dengan Berat Barang yang Akan Diangkut

Pemilhan mobil pengangkut barang hendaknya disesuaikan dengan barang yang direncanakan akan diangkut. Apabila barang yang diangkut adalah barang dengan bobot yang besar, misalnya furniture atau alat elektronik, sangat disarankan untuk memilih mobil box dengan mesin yang tangguh.

Kekuatan mesin tersebut berhubungan dengan keawetan penggunaan mobil. Jika Anda memaksakan mobil dengan kapasitas kekuatan mesin yang melebihi kapasitasnya, maka mesin mobil akan cepat rusak. Namun, apabila hanya digunakan untuk mengangkut benda yang ringan, tidak ada salahnya jika menggunakan mesin dengan kekuatan kecil sampai sedang sesuai dengan selera.

3. Tips Memilih Mobil - Sesuaikan dengan Kapasitas Angkutan

Pemilihan mobil yang akan Anda gunakan untuk mengangkut barang diharapkan sesuai dengan kapasitas angkutan. Jika Anda hendak mengangkut benda dengan volume yang cukup besar, sebaiknya memilih mobil dengan kapasitas box yang luas. Hal ini diupayakan agar efektifitas pengangkutan lebih tinggi.

Apabila Anda memilih mobil dengan kapasitas box yang kurang besar, maka dikawatirkan harus mengeluarkan biaya yang harusnya tidak perlu, misalnya kerja dobel karena harus mengangkut secara bolak-balik, konsumsi bahan bakar lebih besar, ongkos buruh angkut, tersitanya banyak waktu dan sebagainya. Jika bolak-balik dilakukan hanya 2 kali mungkin tidak terasa kerugiannya. Namun, apabila dilakukan lebih dari 10 atau 20 kali, maka Anda akan berpikir mengapa tidak memilih mobil dengan box yang lebih besar.

4. Tips Memilih Mobil - Sesuaikan dengan Medan/Jalan

Pengenalan medan saat pengangkutan sangat perlu untuk diperhatikan. Medan dengan jalanan yang kecil tidak efektif jika menggunakan mobil dengan lebar body mobil yang lebar. Penggunaan mobil pada daerah pedesaan sangat disarankan menggunakan mobil dengan body yang ramping sehingga mudah melalui jalan pedaseaan yang kecil dan berkelok-kelok.

Begitu juga dengan keadaan jalan. Jika jalan yang ditempuh adalah jalan lurus dengan sedikit tanjakan dan turunan, disarankan untuk memilih mobil yang cepat sehingga pengangkutan cepat terlaksana. Namun apabila jalan yang ditempuh penuh dengan tanjakan dan turunan, disarankan untuk memilih mobil dengan mesin yang kuat sehingga mobil dapat lebih awet. Pemilihan jenis mobil yang tepat dan sesusai tidak hanya mengefektifkan pengangkutan, tetapi juga dapat memperpanjang masa pakai mobil tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai fungsi dari box mobil, jenis-jenis, serta tips dalam memilih mobil box. Semoga pembahasan tersebut dapat menjadi suatu wawasan, terutama bagi Anda yang berniat akan membeli mobil box.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar