Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Tips, Makna Dan Model Bungkus Kado

Model bungkus kado yang dibuat, seringkali mampu meningkatkan persepsi dan kesan tersendiri. Baik dari pihak yang memberikan kado atau juga pihak yang hendak diberikan kado tersebut. Semakin menarik bungkusan dari sebuah kado, semakin tertarik pula seseorang ingin mengetahui apa isi di dalam bungkusan kado tersebut.

Kado sendiri merupakan sebuah bentuk pemberian dari satu pihak kepada pihak lain. Pemberian ini dilakukan sebagai sebuah tanda kebahagiaan atas perayaan sebuah peristiwa yang didapatkan seseorang. Misalnya saja pada saat pesta pernikahan, acara ulang tahun, khitanan atau juga pada saat kenaikan kelas seorang anak.

Kado sendiri merupakan sebuah konsep yang dikenal sejak masa kerajaan. Dimana pemberian kado ini pada awalnya diberikan dari rakyat kepada sang raja sebagai bentuk ketaatan dan juga loyalitas kepada pemimpinnya. Kado juga diberikan kepada para raja oleh tamu yang akan datang menghadap. Kado yang dibawa para tamu ini diberikan sebagai wujud rasa hormat atas kedudukan sang raja tersebut.

Pemberian kado pada masa kerajaan juga dilakukan pada saat istana raja menggelar berbagai kegiatan. Misalnya saat upacara peringatan kenaikan tahta, ulang tahun sang raja atau permaisuri atau juga pada saat lahirnya seorang putra mahkota yang kelak akan memimpin kerajaan tersebut. Di saat iniah, rakyat akan memberikan kado bagi raja serta semua kerabat kerajaan.

Seiring dengan perkembangan zaman, tradisi pemberian kado ini bukan lagi menjadi monopoli pihak kerajaan saja. Masyarakat mulai meniru budaya pemberian kado ini untuk diberikan kepada orang yang disayang atau juga mereka hormati. Bahkan tradisi pemberian kado seringkali diselipkan dalam perayaan ibadah sebuah agama, yang menunjukkan bahwa budaya pemberian kado menjadi sebuah budaya yang bersifat universal.

Tips Membungkus Kado

Dalam membuat model bungkus kado, sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan. Karena bungkus dari sebuah kado memiliki banyak makna. Antara lain mencerminkan kepribadian dari pihak pemberi kado dan juga pihak yang diberi kado. Selain itu, penampilan sebuah kado mampu menunjukkan seberapa tingkat keseriusan kita dalam memberikan kado tersebut.

Apakah sebuah kado diberikan dengan segenap ketulusan hati atau hanya sekedar memenuhi unsur kepantasan agar bisa seperti apa yang dilakukan oleh orang lain. Bungkusan kado yang dibuat dengan rapi, jauh lebih memberikan kesan bahwa pemberi kado benar-benar memberikan kado sebagai wujud turut merasakan kebahagiaan atas moment yang didapatkan oleh si penerima kado. Lain halnya jika kado tersebut dibungkus secara sederhana dan acak-acakan. Secara tidak langsung hal tersebut akan menggambarkan bahwa pemberi kado hanya memberikan kado senilai barang yang diberikan tersebut. Dan tidak memberikannya dilandasi hati yang ikhlas.

Oleh karena itu, kita harus memperhatikan model bungkus kado agar pada nantinya tidak menimbulkan asumsi yang salah dari pihak yang menerima kado tersebut. Dalam membuat bungkusan kado, ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan. Sebab, seringkali dalam membungkus sebuah kado kita melewatkan beberapa hal yang nampaknya sepele namun sebenarnya memiliki makna sangat besar atas kado yang akan diberikan tersebut.

Beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain adalah :

Motif Dari Kertas Kado

Sebaiknya motif yang dipilih disesuaikan dengan tujuan kado tersebut akan diberikan. Jika kado hendak diberikan kepada anak-anak, pilihlah motif kertas kado yang bertema lucu atau juga gambar kartun.

Sedangkan jika kado tersebut akan diberikan untuk acara pernikahan, pilihlah kertas kado yang bernuansa romantisme, seperti bergambar hati atau juga berwarna merah jambu. Untuk kado yang akan diberikan pada pesta khitanan, kita bisa memilih kertas kado yang bergambar tokoh pahlawan dalam film seperti spiderman atau juga gambar yang menunjukkan nuansa jantan.

Buat Model Bungkus Kado Yang Menarik

Membuat bungkus kado dengan menambahkan model-model tiga dimensi di bagian luar kado memang menarik. Namun, tak ada salahnya pertimbangkan juga faktor bagaimana kita akan membawa kado tersebut ke lokasi pesta. Jangan sampai hiasan yang maksudnya bertujuan untuk memperindah kado, karena tidak dibawa dengan hati-hati justru rusak ketika sampai di tempat pesta. Tentunya hal ini sangat tidak kita inginkan.

Lebih baik, hindari menghias menggunakan motif tiga dimensi tersebut, karena pada nantinya di tempat pesta biasanya semua kado akan ditumpuk menjadi satu sehingga hiasan tersebut pun akan rusak karena tertumpuk kado lainnya.

Bungkus Kado Tidak Tebal Ataupun Tipis

Bungkusan kado sebaiknya tidak terlalu tebal atau berlapis-lapis. Selain tidak praktis, hal ini bisa menimbulkan kekesalan pada diri penerima kado. Kecuali, antara pemberi kado dan penerima kado memiliki hubungan yang sangat dekat dan sudah saling mengetahui karakter masing-masing. Namun ada baiknya, hal ini dihindari karena selain kurang praktis juga hanya akan menimbulkan banyak sampah yang kurang perlu pada nantinya.

Tidak Terlalu Rapat Dan Kuat

Bungkusan kado tidak perlu dirancang dengan terlalu rapat dan kuat. Karena pada akhirnya, bungkusan tersebut akan dibuka dan dibuang. Sehingga untuk proses pembungkusan, gunakan alat perekat seperlunya saja sehingga tidak menyulitkan penerima kado pada saat membuka kado tersebut.

Makna Pemberian Kado

Kado merupakan sebuah bentuk pemberian yang dilakukan seseorang kepada orang lainnya. Pemberian ini dilakukan dengan berbagai macam tujuan dan juga karena adanya sesuatu yang melandasinya. Beberapa tujuan dari pemberian kado ini antara lain adalah:

Bentuk Kasih Sayang

Sebagai bentuk kasih sayang seseorang kepada orang lain. Misalnya pemberian dari orang tua kepada anaknya. Atau juga diberikan seorang kekasih kepada pasangannya. Kado yang diberikan biasanya sebagai media untuk mendekatkan hubungan batin dari pihak pemberi kado dan pihak penerima kado.

Wujud Kepedulian Dan Perhatian

Sebagai wujud kepedulian dan perhatian. Kado yang ditujukan untuk menunjukkan rasa peduli serta perhatian ini biasanya diberikan dalam sebuah kondisi istimewa yang ditandai adanya sebuah prestasi dari seseorang. Misalnya pada saat kenaikan kelas untuk menghargai prestasi anak selama belajar di bangku sekolah. Atau juga diberikan pada momen khusus, ketika ulang tahun pernikahan misalnya. Hal ini merupakan cara bahwa kita memiliki perhatian kepada seseorang dengan mengingat hari kelahirannya.

Media Untuk Pengingat

Sebagai media untuk mengingat. Kado yang kita berikan pada seseorang, diharapkan mampu memberikan kenang-kenangan bagi penerima kado tersebut. Sehingga pihak yang diberi kado akan selalu teringat pada orang yang memberikan kado itu.

Nilai materi dari kado tersebut tidaklah menjadi sebuah hal yang utama, namun nilai hubungan kemanusiaanlah yang akan menentukan nilai dari kado yang diterima. Kado yang diberikan sebagai media pengingat ini biasanya diberikan apabila seseorang hendak berpindah rumah atau menduduki kantor baru. Sehingga diharapkan ketika berada di lokasi baru, orang tersebut akan selalu mengingat pada orang-orang yang ditinggalkannya.

Meramaikan Suasana

Meramaikan suasana. Sebuah acara akan lebih meriah jika diselingi kegiatan saling berbagi kado. Misalnya pada saat pesta ulang tahun atau juga pesta kenaikan kelas di sekolah. Sehingga kegiatan tersebut bisa menjadi acara yang sangat seru karena masing-masing orang akan memiliki rasa penasaran akan kado apa yang mereka peroleh.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar