Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Tips Merawat Model Rambut Panjang

Apakah Anda pemilik model rambut panjang? Rambut panjang dan terurai merupakan mahkota indah seorang wanita yang bisa membuat jatuh hati siapapun yang memandangnya. Apalagi jika rambut panjang tersebut terawat dengan baik. Kemilaunya bisa menyilaukan mata ketika terkena terpaan sinar matahari.

Model rambut panjang memiliki pangsa tersendiri. Wanita yang memiliki rambut panjang merupakan wanita yang memang masih mempertahankan warisan kuno. Mereka mempertahankan sisi kecantikan seorang wanita dengan cara tampil natural.

Tampil natural di sini termasuk dengan berambut panjang. Namun, adakalanya perawatan rambut tersebut menghabiskan waktu, energi, dan biaya sehingga akhirnya banyak orang yang alpha untuk melakukannya. Padahal apabila rambut panjang tidak dirawat, justru berbagai macam hewan dan penyakit menghampiri. Mulai dari rambut bercabang, kutu, ketombe, sampai bisul karena rambut tak terawat.

Kendala Perawatan Model Rambut Panjang

Ada berbagai kendala dalam proses perawatan model rambut panjang, antara lain :

Kurangnya Waktu

Apabila perawatan rambut terkendala oleh waktu, maka setidaknya kita tidak usah pergi ke salon kecantikan. Cukup memanfaatkan waktu yang sedikit di rumah sudah bisa untuk merawat rambut supaya tetap sehat dan terawat. Kunci dari perawatan rambut adalah mengeringkannya dengan sempurna setelah dicuci atau keramas.

Apabila selesai keramas kemudian kita langsung ke luar rumah atau menutup rambut dengan jilbab maka akan timbul berbagai macam penyakit yang menyerang rambut. Pastinya bau juga kurang sedap apabila setelah dicuci rambut tidak segera dikeringkan tetapi justru ditutup dengan jilbab dan semacamnya.

Biaya Terlalu Besar

Kendala ke dua yang seringkali ditemui oleh pemilik model rambut panjang adalah kurang biaya untuk merawatnya. Untuk mengantisipasinya, kita bisa merawat rambut panjang dengan seksama dan tidak membutuhkan banyak biaya.

Perawatan bisa dilakukan sendiri di rumah oleh bahan-bahan tradisional sehingga mengirit dari segi biaya dan juga waktu. Dengan merawat rambut sendiri kita juga bisa belajar dan bisa merawat rambut orang lain di kemudian hari.

Tidak Tahu Cara Perawatannya

Jika kendala ketiga yang dihadapi maka sudah seharusnya kita mempelajari seluk beluk tentang perawatan rambut panjang. Kalau tidak justru akan semakin banyak biaya yang dikeluarkan jika setiap kali perawatan harus dilakukan di salon. Banyak perawatan yang mudah, murah, dan terjangkau. Apalagi memakai bahan-bahan herbal bermanfaat yang ada di sekeliling kita.

Gangguan dan Penyakit yang Bisa Menyerang Model Rambut Panjang

Memiliki rambut baik panjang maupun pendek memang sudah seharusnya dirawat secara baik dan intensif. Jika kita malas merawat rambut, seperti halnya malas merawat diri akhirnya menyebabkan kerusakan pada rambut kita. Padahal rambut merupakan mahkota dan pemberian Tuhan yang berharga.

Beberapa hal buruk yang dapat terjadi apabila kita tidak merawat rambut antara lain :

Bau Apek

Bau apek atau tak sedap bisa menyerang rambut sehingga menyebabkan diri kita dan orang lain yang ada di dekat kita menjadi kurang nyaman. Rambut apek bisa disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya yaitu menutup rambut ketika masih basah setelah dicuci atau keramas.

Ketombe

Ketombe merupakan keadaan kulit kepala yang tidak sehat. Banyak lapisan kulit yang semakin menebal kemudian mengelupas di kulit kepala kita. Saat rambut kita berketombe rasanya tidak nyaman dan ada titik-titik putih kotoran yang terlihat tidak cantik dari luar rambut.

Kutu Rambut

Kutu rambut seringkali menghampiri mereka yang menggunakan model ranbut panjang namun enggan merawatnya. Kutu rambut disebabkan oleh parasit sejenis kutu beras atau kutu jagung yang bisa menular antara satu orang dengan orang lainnya. Kutu rambut suka menghisap darah dari kulit kepala dan menyebabkan kepala menjadi perih sekaligus gatal.

Rambut Bercabang

Rambut bercabang atau ngepang merupakan gangguan rambut yang membuatnya tidak sedap dipandang. Rambut bercabang biasanya memiliki warna kemerahan seperti terkena paparan sinar matahari. Ujung-ujung rambut bercabang perlu untuk digunting untuk menyelesaikan masalahnya. Namun, apabila tidak segera dilakukan perawatan yang intensif nantinya rambut akan bercabang lagi.

Rambut Kering

Rambut kering menyebabkan kehilangan kemilaunya. Tanpa perawatan yang intensif, rambut kering pada pemilik model rambut panjang akan nampak sangat kusam dan tidak terawat. Selain itu, jenis rambut ini sering diikuti dengan beberapa masalah rambut lainnya, antara lain masalah rambut rontok, bercabang, dan masalah lainnya.

Rambut Lengket dan Berminyak

Rambut lengket dan berminyk bukan hanya disebabkan dari kondisi kulit kepala yang memang sudah demikian. Namun ketidaksesuaian shampo dan beberapa jenis perawatan rambut akan membuat rambut menjadi demikian lengket. Ujung-ujungnya rambut lengket akan menimbulkan bau tak sedap dan ketombe menyerang sehingga bertambahkan penderitaan akan rambut kita.

Rambut Rontok

Rambut rontok memiliki banyak sekali penyebab. Apalagi bagi model rambut panjang yang seringkali mengalaminya. Penyebab rambut rontok, antara lain :

  • Terlalu berat memikirkan sesuatu sehingga stres.
  • Kurang vitamin dan asupan gizi lainnya.
  • Rambut tidak dirawat dengan baik.
  • Rambut kering tanpa solusi selanjutnya.

Cara Perawatan Model Rambut Panjang yang Aman dan Nyaman

Memiliki rambut adalah memiliki mahkota ciptaan Tuhan yang perlu untuk dirawat. Merawat rambut dengan baik dengan bahan-bahan yang baik pula akan membuat rambut sehat, berkilau, dan sehat. Berikut beberapa cara perawatan rambut dengan resep tradisional Indonesia yang menjadikannya berlkilau dan sehat :

Minyak Cem-Ceman

Minyak cem-ceman merupakan salah satu cara untuk merawat rambut terutama bagi yang memiliki rambut kering dan rontok. Dengan menggunakan minyak cem-ceman maka rambut akan kembali subur serta berkilau.

Minyak cem-ceman terbuat dari minyak kelapa murni yang direbus bersama daun nilam (dilem), bunga kenanga, dan pandan. Baunya harum khas putri keraton. Cara memakainya, balurkan minyak cem-ceman ke seluruh permukaan rambut sambil sedikit di tekan pada kulit kepala. Diamkan beberapa lama (+/- 1-3 jam) kemudian cuci atau keramas sampai bersih.

Lidah Buaya

Bagi model rambut panjang yang rontok dan terlihat tipis, maka penggunaan lidah buaya bisa dicoba sebagai alternatif perawatan rambut murah serta aman. Caranya ambil dua batang lidah buaya ukuran sedang, potong kedua sisinya yang berduri.

Kupas punggung lidah buaya, dan oleskan lidah buaya yang telah dikupas ke seluruh permukaan kulit kepala. Ratakan dan bungkus kepala dengan handuk hangat. Diamkan beberapa saat lalu cuci atau keramas dengan bersih dan dikeringkan.

Shampo Merang

Para wanita zaman kuno menggunakan merang sebagai cairan pencuci rambut. Merang atau batang padi yang telah kering dibakar dan dihancurkan bersama air, kemudian saring. Air saringan merang dipakai sebagai sarana untuk keramas model rambut panjang maupun pendek.

Cuci bersih rambut dan setelahnya keringkan dengan sempurna. Cairan merang bisa mencegah kerontokan rambut, memelihara rambut tetap hitam, dan menjadi kian berkilau.

Air Gedebog (Batang Pisang).

Gedebog atau batang pisang yang telah ditebang karena buah pisangnya sudah matang ternyata memiliki manfaat sebagai penyubur rambut juga. Model rambut panjang dan pendek sama-sama bisa menikmati perawatan dengan gedebog pisang ini.

Caranya lubangi batang pisang tepat ditengahnya membentuk mangkuk. Tutup lubang dengan plastik dan kenakan karet gelang atau tali lain yang bisa menutupi batang tersebut. Tunggu keesokan paginya, apabila ada air keluar di tengah batang pisang tersebut maka segera pakailah untuk mengolesi semua permukaan rambut.

Diamkan beberapa saat lalu cuci atau keramas sampai bersih. Cara ini dipakai untuk menyuburkan rambut dan mencegah rambut dari ketombe serta kekeringan. Cairannya yang sejuk terasa dingin di kulit kepala membuat pikiran juga menjadi kian segar.

Jus Wortel dan Tomat

Perawatan terhadap rambut juga bisa dilakukan dari dalam tubuh. Salah satu cara untuk merawat model rambut panjang dan pendek adalah dengan rutin meminum jus tomat bercampur wortel. Kedua campuran jus tersebut bisa meningkatkan zat antioksidan, memelihara kesehatan tubuh, termasuk memelihara rambut agar selalu nampak berkilau, sehat, serta menawan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar