3 Hal yang Penting Diperhatikan Saat Memilih Koper yang Tepat untuk Liburan

Liburan ala koper ke Pantai Bintan? Mengapa tidak?

Salah satu benda yang paling dibutuhkan ketika liburan ala koper tentu adalah koper itu sendiri. Kini banyak sekali pilihan koper yang hadir dan justru di antara pilihan tersebut, membuat bingung seperti apa koper yang bagus.

Supaya tidak bingung lagi, ikuti tips cara memilih koper berikut, yuk!

Tentukan Jenis Koper

Koper memiliki dua jenis dari segi bahan, yaitu koper hardcase dan koper softcase. Koper hardcase biasanya terbuat dari material polikarbonat, dan ABS plastic untuk melindungi barang bawaan penting. Meski kuat, ada pula koper yang mudah pecah walau hanya terbentur satu kali. Jadi disarankan untuk memilih koper dengan bahan polikarbonat, walau harganya memang lebih mahal.

3 Hal yang Penting Diperhatikan Saat Memilih Koper yang Tepat untuk Liburan -1

Koper satunya lagi adalah berjenis softcase. Koper ini dapat menyerap guncangan sehingga lebih aman daripada koper hardcase. Untuk material yang cukup oke adalah ballistic nylon karena lebih kuat dan awet. Koper softcase juga memiliki kekurangan, yaitu agak sulit dibersihkan jika terkena noda dan jika terkena air, dikhawatirkan bagian dalamnya ikut basah.

Tentukan Ukuran Koper

Koper mempunyai beragam ukuran yang bisa disesuaikan sesuai kebutuhan. Seperti koper kabin yang berukuran 18-20 inch, ditujukan untuk kamu yang liburannya sebentar dan hanya butuh membawa baju secukupnya. Koper kabin ini juga ditujukan untuk kamu yang ingin naik pesawat tapi malas menunggu bagasi, karena koper ini diizinkan untuk masuk ke kabin. Jika bawaan kamu banyak dan waktu liburannya cukup lama, koper berukuran 30 inch cocok untuk dipilih.

Koper apapun yang kamu pilih, pastikan sesuai kebutuhan, ya. Jadi ketika kamu liburan ke Desa Tenganan Bali selama 3 hari, tentu kebutuhan kapasitas kopernya berbeda jika kamu liburan ke Amerika selama 2 minggu, kan?

Tentukan Jumlah Roda

Mungkin kamu terheran-heran mengapa jumlah roda koper menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Koper dengan 2 roda biasanya jauh lebih tahan lama, serta lebih mudah ketika digeret di jalanan yang tidak rata, misalnya jalan berbatu atau paving block. Namun kekurangannya adalah agak sulit jika kamu harus membawa tas lain karena terlalu berat saat menarik handle jika ditaruh di atas koper.

3 Hal yang Penting Diperhatikan Saat Memilih Koper yang Tepat untuk Liburan -2

Koper dengan 4 roda atau spinner, memang lebih nyaman ketika membawa tas lain. Dengan ditaruh di atasnya, koper tetap bisa berjalan tanpa kita harus menarik dan menahan beban. Tapi dibalik keunggulan pasti ada kekurangannya. Kekurangan koper dengan spinner adalah cukup sulit saat menggeretnya di jalanan yang tidak rata. Jadi satu-satunya jalan adalah harus ditarik seperti koper beroda dua biasa.

Jadi sudah tidak bingung lagi, kan, memilih koper yang tepat? Pilih yang sesuai dengan kebutuhanmu, ya!

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.