3 Pembangkit Semangat Ketika Berada Dititik Terendah

Pembangkit semangat. Kita seringkali merasa tidak bersemangat ketika akan melakukan sesuatu, entah itu karena sedang bosan atau karena mood kita sedang tidak bagus untuk mengerjakan sesuatu tersebut. Atau bisa juga karena disebabkan oleh orang lain di sekitar kita.

Jika sudah demikian, pekerjaan kita akan terbengkalai dan sepanjang hari kita akan dilanda kebosanan karena merasa tidak bersemangat untuk melakukan suatu apa pun. Kita merasa membutuhkan pembangkit semangat untuk memotivasi kita agar lebih giat dalam bekerja, sesuatu yang bisa mendongkrak mood kita menjadi lebih baik atau sesuatu yang bisa menghilangkan penat dan kebosanan dalam diri kita.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjadikan diri kita lebih bersemangat. Pembangkit semangat bisa kita dapatkan dari kata-kata bijak yang dibisikkan kepada diri kita, dari musik yang kita dengarkan, dari makanan yang kita konsumsi, bahkan bisa pula berasal dari bisikan batin kita sendiri.

Mungkin memang ada segelintir orang yang baru bisa bersemangat ketika dimotivasi oleh orang-orang terdekatnya, namun, sejatinya mereka bisa memotrivasi dirinya sendiri, asalkan mengerti caranya. Seruan semangat memang tak harus datang dari orang lain, setiap individu memiliki kemampuan terpendam untuk bisa menyemangati dirinya sendiri. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa kita coba untuk membangkitkan semangat dalam diri kita.

Pembangkit Semangat – Mendengarkan Musik

Pembangkit Semangat Ketika Berada Dititik Terendah - mendengarkan musik

Hidup kita hampir tidak bisa dilepaskan dari musik. Hampir setiap hari kita selalu nmendengar musik. Musik bisa memberikan pengaruh yang sangat signifikan kepada mood kita. Menurut sebuah penelitian, musik diyakini bisa memberikan pengaruh yang sangat besar bagi pendengarnya.

Seorang peneliti bernama Masaru Emoto pernah melakukan penelitian tentang pengaruh musik pada air. Hasil penelitiannya menunjukkan, musik bisa berpengaruh pada kebeningan kristal air. Jika lagu yang diputar itu adalah lagu dengan lirik penuh motivasi dan kata-kata halus, kristal-kristal yang merupakan unsur utama dalam air itu akan bertambah bening mengkilat dan berbentuk sangat indah.

Sebaliknya, jika yang diputar adalah musik-musik dengan lirik patah hati dan seruan negatif, kristal air itu memudar dan bentuknya tidak beraturan. Dari penelitian ini kita bisa mengambil simpulan, bahwa musik sangat berpengaruh pada perasaan manusia. Penelitian itu memberikan gambaran bagaimana musik memberikan pengaruh pada tubuh kita. Bukankah sebagian besar tubuh kita adalah air?

Untuk membangkitkan semangat, dengarkanlah musik-musik yang positif, yang bisa menggugah perasaan kita sehingga kita menjadi lebih semangat. Yang sering digunakan untuk menambah semangat biasanya adalah musik-musik instrumental dan musik-musik klasik. Musik-musik yang digunakan sebagai latar ketika meditasi juga mempunyai pengaruh besar untuk membangkitkan semangat dalam diri kita.

Ketika kita sedang merasa lelah dan tidak bersemangat, jangan salah memilih musik, sebab musik yang mendayu-dayu dan berisikan lirik patah hati justru akan membuat kita semakin tidak bergairah.

Musik dengan ketukan yang menghentak juga bisa membangkitkan semangat kita. Tiap hentakan dari alat musik yang dimainkan dengan cara diketuk atau dipukul akan menambah semangat orang yang mendengarkannya.

Maka tak salah jika dalam setiap pertandingan dan kompetisi olahraga, penonton selalu membunyikan alat musik pukul yang menggema. Irama yang menghentak dan menggema memang bisa memberikan semangat dan motivasi untuk lebih berusaha sekuat tenaga bahkan hingga melebihi batas kemampuan kita.

Memotivasi Diri Sendiri

Pembangkit Semangat Ketika Berada Dititik Terendah - motivasi diri sendiri

Sebenarnya kita tidak membutuhkan seorang motivator ternama untuk memotivasi diri kita, sebab sejatinya kita adalah motivator abadi untuk diri kita sendiri. Keyakinan yang tumbuh dari dalam diri kita sendiri akan menumbuhkan semangat melebihi motivasi yang diberikan orang lain. Kita tinggal belajar bagaimana cara mengasah diri kita agar bisa menyemangati diri kita sendiri.

Mengasah jiwa dan batin kita bisa dilakukan dengan cara membisikkan kalimat-kalimat berisi seruan semangat. Bisikkan dalam hati bahwa kita tidak boleh menyerah, harus fokus pada tujuan, dan terus berusaha untuk segera menyelesaikan pekerjaan kita.

Langkah awal yang paling mudah dilakukan untuk menyemangati diri sendiri adalah dengan melakukan gerakan-gerakan pelepas stres. Kebanyakan orang menjadi lelah dan tidak bersemangat karena tubuhnya mengalami stres sebab terlalu lama duduk di meja kerja atau karena bosan melakukan pekerjaan yang itu-itu saja.

Mengerjakan hal yang sama dalam jangka waktu yang sangat lama bisa menimbulkan rasa suntuk yang berlebihan. Kalau kebosanan seperti ini melanda diri kita, kita bisa melakukan gerakan pelepas stres. Berdirilah sejenak, tinggalkan kursi yang sudah terlalu lama kita duduki saat bekerja. Gerak-gerakkan tubuh kita perlahan-lahan ke kanan dan ke kiri, lemaskan juga jari-jari tangan. Gerakan-gerakan kecil ini bisa melancarkan peredaran darah yang semula kaku karena terlalu lama bekerja.

Jika anda pernah ikut sebuah pelatihan yang memakan waktu seharian penuh, pasti di sela-sela acara, panitia akan menyuruh kita serentak berdiri dan menggerak-gerakkan tubuh untuk melepas penat. Melemaskan otot-otot yang kejang dengan cara menggerakkan anggota tubuh ini seringkali dilakukan para motivator di sela-sela jam istirahat ketika sedang mengadakan seminar.

Ketika menggerakkan tubuh, jangan lupa bisikkan kata-kata penyemangat, jika perlu dengan teriakan kecil, hal itu bisa menghilangkan ketegangan dan mengurangi tekanan dalam jiwa kita.

Pengaruh Makanan

Pembangkit Semangat Ketika Berada Dititik Terendah - pengaruh makanan

Terkadang, makanan sangat berpengaruh bagi mood dan semangat kita. Salah memilih makanan bisa membuat kita lemas dan akhirnya tidak bertenaga untuk melanjutkan pekerjaan. Salah memilih makanan memang bisa berakibat fatal bagi tubuh kita.

Misalnya, sarapan dengan kangkung akan membuat kita mudah mengantuk. Tujuan semula makan untuk menambah tenaga justru berdampak sebaliknya, kita jadi lemas dan mengantuk.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa menambah tenaga dan semangat kita. Antara lain makanan mengandung serat, makanan berprotein tinggi, dan buah-buahan.

Makanan berserat bisa menghasilkan energi dan bisa bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama semenjak kita memakannya. Serat yang kita konsumsi akan agak sulit dicerna sehingga energinya bisa bertahan lebih lama dibandingkan makanan-makanan tanpa serat.

Sementara makanan berprotein tinggi bisa berfungsi sebagai pengatur gula darah dalam tubuh kita. Gula darah inilah yang berfungsi sebagai pengasup energi tubuh kita. Gula darah yang diatur oleh protein dalam tubuh kita menjadikan tenaga kita tidak akan cepat terkuras. Sedangkan buah-buahan mengandung banyak vitamin yang berfungsi sebagai penambah energi dalam tubuh.

Jika anda merasakan lemas dan tidak bertenaga dalam waktu yang lama, bisa jadi itu akibat dari salah mengonsumsi makanan. Makanan memang merupakan asupan utama pada tubuh, namun salah makan juga bisa berakibat fatal bagi tubuh.

Salah satu akibat paling ringan adalah lemas dan tidak bertenaga, bahkan terkadang juga disertai rasa pusing. Maka periksalah kembali menu makan anda dan cari tahu apakah makanan yang anda konsumsi itu cocok dengan tubuh anda.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk membangkitkan semangat anda. Menumbuhkan semangat dari dalam diri kita bisa dilakukan dari hal-hal kecil sebagaimana telah dijelaskan di atas. Hal-hal kecil yang kita lakukan bisa berpengaruh besar pada diri kita.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibu Guru Pasti Meleleh, Ini Puisi Hari Guru Nasional Berbagai Macam Peralatan Kantor Serta Fungsinya