4 Pertimbangan Sebelum Membeli Hosting

4 pertimbangan sebelum membeli hosting. Jika anda ingin membangun sebuah website, maka hosting adalah hal yang sangat penting. website terdiri dari beberapa data file yang bersama-sama membentuk sebuah halaman yang utuh.

Sebuah webhosting akan menyimpan data-data itu pada server mereka, kemudian mengupload nya secara langsung ke website, serta menyediakan koneksi internet sehingga orang lain bisa mengakses website tersebut.

Provider webhosting saat ini sangat beragam, mulai dari harga yang sangat murah hingga yang mahal. Dan biasanya harga berbanding lurus dengan kualitas yang ditawarkan. Namun walaupun begitu, tidak menutup kemungkinan anda bisa menemukan provider hosting murah dengan kualitas yang bagus. Maka dari itu anda harus lebih teliti lagi sebelum memutuskan untuk berlangganan hosting.

Silakan cari-cari terlebih dahulu informasi tentang bagaimana kualitas server mereka, pelayanan CS, waktu UP time dan DOWN time server, fitur-fitur yang disediakan, dsb.Bahan pertimbangan sebelum membeli hosting.

Berikut adalah beberapa kriteria yang sering webmaster pakai untuk menentukan web hosting terbaik dan ini juga bisa anda terapkan jika ingin menemukan provider hosting terbaik untuk diri anda.

1. Paket Hosting – Pertimbangan Membeli Hosting

Sebagian besar penyedia layanan hosting menyediakan paket berlangganan bulanan dengan berbagai tingkatan fitur. Semua paket hosting menyediakan komponen dasar yang berbeda-beda meliputi disk space, bandwith, dan domain.

Beberapa hosting membatasi fitur-fitur ini sementara yang lainnya menyediakan fitur yang serba unlimited. Jenis paket hosting yang anda pilih sangat bergantung pada jumlah website yang akan buat. Jika anda hanya perlu membuat 1 atau 2 buah website / blog saja, maka paket basic sudah mencukupi. Anda juga bisa memilih provider hosting yang lebih murah yang memberikan batasan space disk dan bandwith.

Sedangkan jika anda ingin membuat website lebih banyak lagi maka anda perlu mencari provider hosting yang menawarkan fitur serba unlimited, seperti Hostgator, Bluehost, Justhost, Niagahoster, Hostinger dll.

2. Fitur

Provider hosting biasanya menyediakan sederetan fitur yang memungkinkan anda untuk membuat, mempublish dan mengelola website / blog anda.

Template Blogger Terbaik Rekomendasi

Fitur dasar web hosting biasanya meliputi website builder, one-click installation, dan control panel yang gampang dipergunakan seperti Cpanel. Fitur lainnya seperti email management semestinya juga tersedia, dengan unlimited email address untuk domain anda, autoresponder, dan filter spam.

Selain itu hosting yang baik adalah hosting yang menyediakan fitur-fitur tambahan untuk pengguna profesional. Seperti misalnya custom cron jobs, pustaka script, access logs, dan pengaturan error pages. Provider hosting juga seharusnya menyediakan pilihan akses server yang luas, unlimited akun FTP, .htaccess dan pengamanan secure shell (SSH).

3. Kemudahan Penggunaan

Provider hosting yang baik adalah provider yang menyediakan panel kontrol yang mudah dipergunakan.

Seperti misalnya sudah menggunakan software Cpanel, karena saat ini Cpanel merupakan kontrol panel yang paling user friendly dan sangat mudah dipergunakan.

4. Bantuan Teknis / CS Support

Ini juga menurut saya sangat vital pada sebuah web hosting. Terkadang bagi kita yang masih awam menggunakan self-hosting dengan semua fiturnya, kita akan banyak menemui kesulitan dalam pengoperasian Cpanel, installasi CMS, dan berbagai masalah teknis lainnya.

Di saat inilah bantuan customer support sangat kita perlukan. Bayangkan jika kita menemukan kesulitan namun respond CS dari web hosting bersangkutan sangat lambat atau bahkan tidak memuaskan, pasti membuat kita kesal. Maka dari itu sebaiknya anda memilih provider hosting yang pelayanan customernya selalu sedia setiap saat, 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu.

Selain itu media kontaknya seharusnya beragam, seperti via tiket support, line telepon, dan juga live chat. Dan yang terpenting hosting yang baik adalah hosting yang cepat tanggap dalam menangani keluhan-keluhan para kliennya.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.