Antara Blog Bertema Khusus dan Blog Gado-Gado

Sebelumnya saya mau tanya kepada sobat blogger sekalian. Apakah jenis blog anda? Lebih tepatnya, apakah blog anda tergolong blog gado-gado atau blog bertema khusus? Apa pun jenis blog anda, tidak menjadi masalah sepanjang anda merasa enjoy dengan kondisi blog anda tersebut.

Jika mengacu pada kuantitas, saya yakin, jumlah blog yang tergolong blog gado-gado masih jauh lebih besar daripada jumlah blog bertema spesifik (khususnya di Indonesia). Toh, bukankah jumlah dokter umum lebih banyak ketimbang dokter spesialis? Kira-kira begitulah analoginya, walaupun antara profesi dokter dan blogger agak kurang nyambung

Blog saya ini sendiri pada mulanya tergolong blog yang bertema spesifik, yaitu khusus membahas seputar dunia blogging (seperti tutorial blog dan wordpress). Dan jujur saja, sebelumnya saya memang sudah bertekad untuk hanya mengisi postingan-postingan di blog ini sesuai dengan idealisme awal saya tersebut.

Namun seiring berjalannya waktu, idealisme tersebut seakan sulit sekali saya pertahankan. Pada saat-saat tertentu, di mana otak ini lagi mandeg atau buntu, seringkali timbul keinginan untuk menulis dan memposting masalah lain (di luar tema blog yang telah saya tetapkan semula).

Akhirnya, secara perlahan saya mulai keluar dari jalur awal. Tema favorit saya selain dunia blogging yaitu seputar teknologi dan kesehatan. Meluncurlah artikel pertama tentang blog yang berjudul teknologi dan kesehatan. Disusul kemudian oleh beberapa artikel serupa.

Dan setelah saya timbang-timbang, akhirnya saya mengambil keputusan untuk lebih memperlebar dan memperluas cakupan tema blog ini. Dari yang semula hanya fokus mengulas seputar dunia entertain, kini sedikit melebar ke seputar dunia blog (blogging). Tak menutup kemungkinan nantinya melebar lagi ke bidang lainnya (mudah-mudahan maksimal 3 bidang saja deh). Ah, ternyata mempertahankan idealisme tak semudah seperti yang saya bayangkan semula

Ketika Harus Memilih Blog Gado-Gado atau Blog Bertema Khusus

Mungkin hal ini tidak dialami oleh blogger-blogger lain yang hingga saat ini tetap berupaya konsisten dan teguh dengan idealismenya dalam membangun sebuah blog bertema khusus (niche blog). Sebut saja mas Medhy Aginta dengan blogguebo-nya yang khusus berisi hal-hal seputar cara menghasilkan uang lewat blog.

Atau PANGERAN 229TM yang tetap konsisten dengan blog musik dan acara tv-nya. Contoh lain yaitu mas Teguh Imawan dengan blog KAMELIA TV-nya yang khusus berisikan berita/hal seputar dunia televisi. Siapa lagi ya?

Template Blogger Terbaik Rekomendasi

Nah, masalah blog bertema khusus atau niche blog ini sebenarnya sudah pernah dikupas dengan sangat gamblang dan argumentatif oleh mas Medhy Aginta dalam artikel di blognya yang berjudul 10 Alasan Kenapa Niche Blogging Lebih Menguntungkan. Dalam artikel tersebut, mas Medhy lebih memberikan dorongan moril bagi para blogger yang ingin mempertahankan idealisme ngeblognya lewat blog bertema khusus.

Namun yang jelas, kondisi setiap blogger bisa saja berbeda-beda. Ada yang merasa lebih enak mengelola blog gado-gado ketimbang blog bertema khusus. Alasannya, mungkin karena merasa lebih bebas saja dalam mengisi postingan dengan tema yang beragam (tidak terikat pada satu atau dua tema). Mungkin juga dianggap lebih mampu mendatangkan trafik, walaupun tak selalu demikian kenyataannya. Mungkin pula dinilai lebih berpotensi untuk merangkul lebih banyak segmen pengunjung. Alasan yang cukup masuk akal dan bisa diterima saya kira.

Sedangkan yang tetap kukuh dengan idealismenya (ingin konsisten mengisi postingan sesuai tema blog yang telah ditetapkan semula) mungkin beralasan ingin lebih mengembangkan dirinya menjadi seorang spesialis. Toh, selalu ada nilai plus untuk seorang spesialis (yang tidak dimiliki oleh seorang generalis). Pendapat/pandangan seorang spesialis biasanya lebih didengar, lebih dihargai, lebih dipercaya, dan sekaligus punya kharisma tersendiri pula dalam tulisan-tulisannya. Setujukah anda dalam hal ini?

Namun apa pun pilihan anda, masing-masing punya resiko yang bakal anda hadapi. Bagi sobat blogger yang lebih memilih karir di jalur niche blog (blog bertema spesifik), ada satu hal yang PASTI akan datang menghinggapi, yaitu KEJENUHAN !

Saya yakin, para blogger yang punya blog bertema khusus pasti PERNAH TERGODA untuk menulis hal lain di luar tema blognya. Solusinya, anda bisa buat blog baru dan kemudian menulis/memposting hal lain tersebut di blog baru itu.

Namun dari pengalaman pribadi saya, mengelola lebih dari satu blog rasanya kok agak repot ya? Terlebih jika punya waktu dan dana terbatas untuk browsing internet. Biasanya akan ada yang terkesan diterlantarkan (kurang terurus..hehehe). Lagipula, akan lebih asyik rasanya kalau kita fokus mengembangkan satu blog saja (agar hasilnya lebih optimal). Entahlah kalau menurut pengalaman sobat blogger lainnya?

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.