Apakah Bisnis Kantin Cukup Menjanjikan?

Bisnis kantin kantor adalah salah satu bisnis yang bisa Anda bidik. Bisnis kantin kantor akan sangat bagus jika Anda meminimalisir resiko, antara lain dengan tips berikut ini:

Perhitungan Jumlah Pegawai Atau Siswa

Hitunglah berapa jumlah orang di kantor tersebut dan berapa orang yang berjualan di sana. Tidak hanya kantin untuk kantor, tetapi kantin untuk sekolah pun harus dipertimbangkan hal yang sama dengan ini. Data yang Anda kumpulkan tentang jumlah karyawan/ siswa dan jumlah kantin yang beroperasi akan berpengaruh pada kemungkinan sukses atau tidaknya usaha yang akan Anda rintis. Jika memang di suatu kantor atau sekolah masih sedikit kantin yang beroperasi sedangkan karyawan/ siswanya banyak, maka membuka bisnis kantin ini bisa menjadi peluang yang bagus untuk usaha Anda.

Suvey Menu Calon Konsumen

Buatlah menu makanan yang disukai oleh karyawan atau anak sekolah. Bisnis kantin kantor dan sekolah juga harus melakukan survey pasar. Jika Anda sudah menentukan kantor atau sekolah mana yang akan Anda tuju, maka sebaiknya Anda juga melakukan survey menu apa saja yang calon konsumen Anda sukai dan apakah di kantin tersebut sudah tersedia. Misalnya ketika di suatu kantin kantor dan sekolah kebanyakan menjual masakan Jawa, maka Anda bisa berkreasi dengan menjual makanan asing yang banyak digemari masyarakat segala usia di Indonesia, seperti chicken cordon bleu, ayam nanking, dan lain sebagainya. Tentu saja Anda juga harus menyesuaikan harga dan makanan yang Anda buat. Seperti untuk membuat harganya agar lebih murah, Anda bisa membuat masing- masing produk Anda berukuran lebih kecil, tetapi kualitas rasa tetap harus Anda jaga agar konsumen tidak lari.

Variasi Menu

Variasikan menu saat membuka bisnis kantin. Sebagai pelaku usaha, Anda juga harus tetap melakukan review tentang produk yang Anda jual setiap harinya. Setiap bulan, Anda harus memutuskan apakah ada produk yang kurang disukai oleh konsumen. Jika memang ada, maka Anda harus mempunyai inisiatif untuk menggantinya dengan menu lain yang sepertinya akan lebih mudah disukai.

Jangan Pelit Dan Pehitungan

Jangan terlalu pelit terhadap konsumen ketika membuka bisnis kantin sekolah atau kantor. Misalnya ketika konsumen ingin meminta tambahan satu sendok sambal atau sayur, Anda langsung mengenakan biaya tambahan. Hal ini hanya akan membuat konsumen kesal dan beralih ke warung yang lain.

Ketahui Profil Konsumen

Pastikan Anda sudah mengetahui profil karyawan atau siswa yang ada di kantor/ sekolah tersebut. Misalnya dengan melihat apakah level kantor yang Anda tuju ini karyawannya di level eksekutif atau buruh. Jika memang level eksekutif, maka Anda harus memperhatikan rasa, kebersihan dan kesehatan produk yang Anda jual. Sedangkan untuk buruh, biasanya lebih mengutamakan kenyang dan murah. Kalau untuk kantin sekolah, perhatikan apakah sekolah tersebut adalah SD, SMP atau SMA?

Perhatikan cara penyajian produk. Bisnis kantin kantor dan sekolah juga harus memperhatikan berapa lama Anda membutuhkan waktu untuk menyajikan satu menu pada konsumen. Jika service penyajian terlalu lama, konsumen bisa berpindah ke warung yang lain.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.