Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Begini Isi Pidato Perpisahan SD Untuk Kepala Sekolah, Siswa Dan Orang Tua Murid

Begini Isi Pidato Perpisahan SD Untuk Kepala Sekolah, Siswa Dan Orang Tua Murid

Begini Isi Pidato Perpisahan SD Untuk Kepala Sekolah, Siswa Dan Orang Tua Murid – Masa-masa di Sekolah Dasar adalah masa-masa yang sangat menyenangkan. Kalau anak-anak bersekolah di sekolah yang benar-benar paham karakter anak dan menerapkan belajar sambil bermain, anak-anak akan tumbuh menjadi anak-anak ceria, penuh semangat, kreatif, dan penuh keoptimisan meraih cita-cita. Tidak mengherankan ketika perpisahan kelas IV, isi pidato perpisahan SD kelas VI tersebut terkadang begitu emosional.

Bagi orangtua yang baru mempunyai anak lulus SD yang pertama kali, menghadiri perpisahan dan mendengarkan pidato perpisahan SD kelas VI tersebut merupakan satu hal yang cukup mengharukan. Melihat anak mereka yang ketika masuk masih terlihat begitu kecil.

Mungkin masih menangis ketika ditinggal dan masih terkencing di celana dan tidak tahu bagaimana cara makan yang baik, sekarang pada saat perpisahan itu telah terlihat anak-anak yang tumbuh semakin besar secara fisik dengan tatapan mata yang begitu berbinar. Mereka seakan siap menyambut hari baru di sekolah yang baru dengan jenjang yang lebih tinggi lagi.

Isi Pidato Perpisahan SD Kelas VI Disampaikan Kepala Sekolah

Isi Pidato Perpisahan SD Kelas VI Disampaikan Kepala Sekolah

Kepala sekolah atau yang mewakili yang menyampaikan  pidato perpisahan SD kelas VI bisa jadi bukan kepala sekolah yang pertama kali menyambut kedatangan anak-anak yang akan lulus tersebut. Mungkin juga masih kepala sekolah yang sama.

Siapa pun kepala sekolahnya, isi pidato perpisahan SD kelas VI yang disampaikan oleh kepala sekolah biasanya tentang ucapan terima kasih telah menitipkan anak-anak di sekolah tersebut dan permohonan maaf karena selama berinteraksi dengan anak-anak selama kurang lebih 6 tahun itu pasti ada salah dan kurang maksimal dalam menjalankan tugas.

Selanjutnya kepala sekolah akan menyampaikan hasil ujian anak-anak dan menyebutkan nama anak yang mendapatkan nilai tertinggi. Kepala sekolah juga dalam isi pidatonya tidak jarang memberikan kisah yang menharukan, yang menggelikan, yang memesona, dan yang menyentuh hati para pendengar terutama hati orangtua.

Kisah yang disampaikan oleh kepala sekolah itu akan semakin menyentuh manakala kepala sekolah adalah orang yang begitu dekat dengan anak-anak dan seringkali ada untuk anak-anak. Perhatian ini akan membuat isi pidato pada acara perpisahan SD kelas VI yang disampaikan oleh kepala sekolah itu akan lebih berbobot.

Apalagi kalau interaksi antara kepala sekolah dan orangtua juga baik. Perpisahan tersebut sungguh akan menjadi satu peristiwa yang tak akan terlupakan. Begitu pun dengan anak-anak, mungkin saja ada di antara anak-anak itu yang tidak mendapatkan pengalaman yang begitu membahagiakan mungkin karena pernah berkelahi atau dinakali oleh anak lain, tetapi, perpisahan tetaplah merupakan sesuatu yang membuat getaran hati menjadi berbeda.

Isi Pidato Perpisahan SD kelas VI Disampaikan Wakil Dari Orangtua Siswa

Isi Pidato Perpisahan SD kelas VI Disampaikan Wakil Dari Orangtua Siswa

Biasanya setelah pembacaan atau penyampaian pidato perpisahan SD kelas VI oleh kepala sekolah akan dilanjutkan dengan penyampaian pidato yang mewakili orangtua siswa. Orangtua yang mewakili ini biasanya ditunjuk orangtua yang aktif di pertemuan orangtua murid dan guru atau orangtua yang paling tidak dekat dengan pihak sekolah terutama yang manjadi pengurus Komite Sekolah.

Penyampaian isi pidato pada acara perpisahan SD kelas VI yang dilakukan oleh orangtua ini berkenaan dengan ucapan terima kasih yang begitu mendalam atas apa yang telah dilakukan oleh pihak sekolah dalam membimbing dan mengarahkan anak-anak selama kurang lebih 6 tahun.

Ungkapan permohonan maaf atas kenakalan dan ketakpatuhan anak-anak serta permohonan maaf karena kurang memberikan perhatian kepada anak-anak baik ketika berada di rumah maupun ketika berada di sekolah. Permohonan maaf juga disampaikan karena selama 6 tahun sering tidak hadir pada rapat Komite Sekolah atau pertemuan orangtua dan pihak sekolah.

Permohonan maaf itu tidak hanya akan melegakan hati juga akan membuat semua pihak merelakan apa pun yang telah terjadi selama berinteraksi sekian lama. Selanjutnya, orantua yang mewakili tersebut bisa juga memberikan sentuhan kisah pribadi yang cukup mengahrukan atau yang menyenangkan.

Isi pidato seperti ini akan semakin membuat semua pihak yang berada di acara tersebut menyadari bersama bahwa mendidik anak tersebut tidak mudah dan bahwa pihak sekolah yang telah bersusah payah menjalankan peran yang tidak kecil dalam memberikan ilmu dan pengalaman hidup kepada anak-anak.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa anak-anak Sekolah Dasar itu adalah anak-anak harapan keluarga, bangsa, dan agama. Perkembangan dan pendidikan jiwa mereka memang sangat penting. Pihak sekolah sangat berperan dalam hal ini. Untuk itulah, diakhir penyampaian pidato perpisahan SD kelas VI dari pihak orangtua, biasanya akan dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan dari orangtua kepada pihak sekolah.

Tidak jarang bahwa kenang-kenangan itu tidak hanya untuk pihak sekolah melainkan juga untuk semua guru yang telah berjasa membimbing dan mendidik anak-anak. Hal ini bisa terjadi kalau semua orangtua kelas VI yang lulus itu kompak dan mempunyai dana yang banyak untuk memberi kenang-kenangan.

Sebaliknya bila para orangtua tak memiliki dana, biasanya kenang-kenangan yang diberikan tidak seberapa tetapi tetap bernilai dan tetap saja menjadi detik-detik yang cukup menyenangkan sekaligus mengharukan.

Isi Pidato Perpisahan SD kelas VI Disampaikan Oleh Siswa

Isi Pidato Perpisahan SD kelas VI Disampaikan Oleh Siswa

Setelah penyampaian pidato oleh kepala sekolah dan wakil dari orangtua siswa, anak yang mewakili teman-temannya akan menyampaikan kata perpisahan. Siswa yang terpilih biasanya adalah siswa yang mendapatkan nilai tertinggi. Oleh karenanya, orangtua siswa ini pasti merasa bangga dan senang melihat anaknya tampil dengan percaya diri.

Penyampaian pidato pada acara perpisahan SD kelas VI oleh siswa ini menjadi bagian dari penghargaan kepada siswa tersebut. Pengalaman ini tentunya akan menjadi bagian penting dalam momen hidupnya kelak.

Isi pidato yang disampaikan oleh siswa ini berkaitan dengan ucapan terima kasih dan permohonan maaf kepada pihak sekolah dan ucapan terima kasih dan permohonan maaf kepada guru dan orangtua yang telah membimbing, mengarahkan, dan memberikan ilmu sebagai bekal di kehidupan selanjutnya. Tidak lupa sang anak berterima kasih dan menyampaikan permohonan maaf kepada teman-temannya.

Penyampaian pidato oleh siswa ini biasanya tidak memakan waktu yang lama dan disesuaikan dengan kapasitasnya. Selain itu, biasanya setelah pidato tersebut, dilanjutkan dengan persembahan dari anak-anak kelas VI yang lulus itu. Mereka bernyanyi, membaca puisi, menari, dan lain sebagainya.

Acara perpisahan dilanjutkan dengan berjabat tangan dan saling peluk cium. Tentunya hal ini hanya diperbolehkan bagi anak-anak perempuan dengan guru perempuan dan anak-anak laki-laki dengan guru laki-laki. Keharuan akan lebih tampak pada anak-anak perempuan.

Susunan Acara Sebelum Dan Sesudah Pidato Perpisahan SD kelas VI

Acara perpisahan Sekolah Dasar bisa juga dibuat cukup heboh dan penuh penampilan yang wah tanpa harus mengeluarkan anggaran yang besar. Salah satu caranya adalah dengan membuat susunan acara yang baik dan tidak membosakan. Acara perpisahan yang bisa memakan waktu 3-4 jam itu tidak akan terasa lama ketika acara demi acara disusun dengan rapi.

Perhelatan perpisahan itu sendiri sebaiknya dilakukan di halaman sekolah. Dekorasi yang dibuat merupakan kerja sama semua siswa yang ada di sekolah tersebut. Keterlibatan para siswa yang berada di kelas I-V dalam melepas kakak-kakak mereka akan menambah ikatan kebersamaan di antara mereka.

Dekorasi itu tak harus yang mahal. Dekorasi dari bahan bekas dan hasil kerajinan yang mereka buat sendiri, tentunya akan lebih bermakna. Apalagi setelah acara selesai, bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan dekorasi masih bisa digunakan lagi. Acara awal diisi dengan gerak dan lagu dari adik-adik tingkat. Lalu pembukaan dan pidato perpisahan SD kelas VI dari kepala sekolah dan pidato lainnya dilatarbelangi oleh gambar dan video anak-anak. Setelah itu baru acara seni yang lain.

Share:

Mangaip

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibu Guru Pasti Meleleh, Ini Puisi Hari Guru Nasional Berbagai Macam Peralatan Kantor Serta Fungsinya