Berbagai Penjelasan Dari Manusia Makhluk Komplek Dan Unik

Manusia Makhluk Komplek Dan Unik – Manusia merupakan makhluk yang istimewa, dengan dibekalinya manusia dengan akal pikiran maka manusia dapat berfikir dan memanfaatkannya untuk melakukan berbagai hal. Dengan adanya pemikiran itu maka manusia mengenal adanya Tuhan dan membangun teknologi yang semakin canggih setiap tahunnya. Lalu seperti apakah penjelasan dari manusia makhluk komplek dan unik?

Keunikan Manusia

Berbagai Penjelasan Dari Manusia Makhluk Komplek Dan Unik -2

Manusia terlahir dengan jiwa yang putih bersih layaknya sebuah kertas, seiring dengan berjalannya waktu garis kehidupan manusia mulai dicoretkan, ada yang memilih mencoreti kehidupannya dengan tinta kebaikan, ada pula yang memilih kehidupannya dicoreti dengan tinta keburukan.

Baik kebaikan maupun keburukan, keduanya bagai dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia, namun sisi mana yang paling dominan? Semua tergantung pada individu itu sendiri.

Pada dasarnya manusia memiliki rentang alur kehidupan yang sama, hanya saja berbagai kejadian bisa memengaruhinya, misalnya mati muda. Berikut alur kehidupan manusia pada umumnya:

Masa Pranatal

Masa pranatal merupakan masa pertama dari fase kehidupan seseorang, masa ini adalah masa sebelum manusia di lahirkan (masih di dalam kandungan). Masa ini dimulai saat proses konsepsi terjadi, yaitu proses pembuahan ovum oleh sperma hingga manusia lahir ke dunia. Masa ini tergolong sangat rentan karena janin yang masih dalam kandungan bisa lahir prematur atau bisa meninggal di dalam rahim sang ibu. Semua tergantung dari berbagai aspek, mulai dari kesehatan ibu, keadaan lingkungan, makanan yang dikonsumsi ibu, dan lain sebagainya.

Pada masa ini janin sudah mendapatkan ciri berupa jenis kelamin, sifat bawaan, warna rambut, warna mata, warna kulit, dan lain sebagainya. Masa pranatal digolongkan dalam tiga tahapan, yaitu tahap germinal, tahap embrio, dan tahap janin. Ketiga tahapan ini berjalan dengan seimbang sampai seorang bayi lahir ke dunia.

Masa Oral

Pada tahapan ini, bayi sudah mulai memiliki rasa ingin tahu terhadap suatu benda. Saat ia merasa ingin tahu, maka ia melakukan cara yang unik yaitu dengan memasukan benda tersebut ke dalam mulut. Pada masa ini sebaiknya orang tua benar-benar mengawasi anak dengan baik, jangan sampai ia memasukan benda berbahaya ke dalam mulutnya. Kategori benda berbahaya tersebut adalah benda tajam, benda yang terkontaminasi bakteri, boneka berbulu yang dapat memicu alergi, binatang kecil, dan lain sebagainya.

Biasanya orang tua akan memberikan benda seperti mainan yang khusus dibuat bagi anak dalam masa oral, permukaannya yang lembut membuat bayi tidak akan tersedak atau melukai mulutnya. Selain memasukan benda-benda asing ke dalam mulutnya, ia juga mencoba memasukan bagian tubuh seperti tangannya atau tangan orang tua yang sedang mengasuhnya. Hal ini perlu diperhatikan karena tangan merupakan sumber kuman, oleh karena itu saat bayi mencoba memasukan tangannya ke mulut, segera alihkan perhatiannya dan berikan ia benda pengganti seperti mainan khusus yang telah Anda bersihkan.

Masa Bayi

Berbagai Penjelasan Dari Manusia Makhluk Komplek Dan Unik -4

Masa ini merupakan masa yang paling menggemaskan yang dapat Anda lihat dari perkembangan hidup manusia, disini akan terlihat mengenai penjelasan dari manusia makhluk komplek dan unik. Anda dapat menyaksikan perkembangan yang begitu pesat dan hebat baik secara fisik maupun otak bayi. Masa ini dikatakan sebagai masa yang sangat penting dan berpengaruh bagi kehidupan manusia nantinya.

Masa bayi merupakan masa dimana mulai terlihatnya sifat yang baik atau buruk, namun kita masih bisa memperbaiki kekeliruan yang ada pada sifat bayi dengan cara mengarahkannya secara perlahan, karena pada masa ini ia akan mudah menyerap perintah dan pembelajaran yang diberikan keluarga maupun lingkungan sekitar.

Pada masa bayi Anda akan melihat penjelasan dari manusia makhluk komplek dan unik dengan kemampuannya untuk mengutarakan sesuatu, kemampuannya untuk meminta sesuatu, belajar sesuatu, dan mengenal orang-orang di sekitarnya. Padahal sebelumnya ia masih seperti kertas kosong yang sama sekali belum memiliki pengetahuan tentang apapun. Hanya dalam jangka waktu 2 tahun setelah kelahiran, sang bayi bisa memiliki kemampuan yang luar biasa berkembang.

Pada masa bayi Anda akan menemukan kemandirian sehingga sang bayi tidak terlalu tergantung pada orang tua, ia telah memiliki kemampuan untuk mengonsumsi makanannya sendiri, ia memilih baju sendiri, bahkan sesekali terlihat sibuk meniru Anda yang sedang bergaya di depan cermin.

Penjelasan dari manusia makhluk komplek dan unik pada masa bayi juga terdapat saat sang bayi mulai melakukan sosialisasi dengan lingkungan sekitar, saat ada teman sebaya yang baru pertama kali ditemuinya, maka ia akan langsung terlihat akrab dan bermain bersama layaknya teman lama.

Peranan jenis kelamin pun terlihat pada masa ini, bayi perempuan memiliki sifat yang sensitif, mudah menangis, penyayang, dan lain sebagainya. Begitu pula dengan bayi laki-laki yang terlihat lebih gagah, melindungi, pemimpin, dan sebagainya.

Masa Anak-Anak

Berbagai Penjelasan Dari Manusia Makhluk Komplek Dan Unik -5

Masa anak-anak merupakan masa lanjutan yang terjadi antara usia 2-13 tahun. Pada masa ini anak-anak dibagi ke dalam 2 tingkatan, yaitu masa anak-anak awal dan masa anak-anak akhir. Masa anak-anak awal yaitu 2-6 tahun dan masa anak-anak akhir yaitu 6-13 tahun atau menginjak masa pubertas.

Usia ini sering dikategorikan sebagai usia yang sulit, karena anak-anak sudah mulai mengenal rasa cemburu kepada adik, rasa marah, kesal, memberontak dengan cara membangkang perintah, dan keras kepala. Maka dari itu perlu adanya perhatian lebih dari orang tua untuk sabar membimbing sang anak menjadi anak yang baik.

Usia anak-anak awal dikenal sebagai usia anak bermain dan pra sekolah. Anak akan mulai menghabiskan waktunya untuk bermain bersama teman sebaya, mengumpulkan mainan yang banyak lalu memainkannya tanpa mengenal lelah. Saat usianya telah cukup maka ia akan memasuki masa pra sekolah, orang tua akan memasukannya ke PAUD untuk melatih kecerdasan otak dan sosialisasinya.

Pada usia anak-anak awal ke akhir mereka akan lebih sering bertanya mengenai segala hal yang mereka ingin ketahui, terkadang orang tua kewalahan untuk menjawab karena pertanyaan tiada henti mengalir dari mulut anak. Orang tua bijak akan senantiasa menanggapi pertanyaan sebagai cara mengarahkan dan mendidik mereka, namun ironisnya kebanyakan orang tua marah dan malas menjawab pertanyaan tersebut sehingga anak akan mencari jawabannya melalui teman sebaya atau orang lain. Bahanya adalah saat apa yang ingin ia ketahui justru membuat sang anak terjebak dalam pergaulan yang buruk.

Masa Pubertas

Berbagai Penjelasan Dari Manusia Makhluk Komplek Dan Unik -3

Masa pubertas adalah masa dimana anak-anak usia akhir mulai mengalami berbagai perubahan dari segi fisik dan psikologis. Bagi perempuan ia akan mengalami pengembangan pada bagian payudara dan pinggul, tumbuh bulu ketiak dan kemaluan, menstruasi, dan mulai mengenal rasa tertarik pada lawan jenis. Pada laki-laki ia akan mengalami perubahan pada suara, tumbuh rambut ketiak, kemaluan, dan rambut di wajah, alat kelamin mengembang dan mengalami mimpi basah serta mengalami ketertarikan terhadap lawan jenis.

Pada masa ini remaja harus diarahkan terhadap pembelajar sex usia dini, jangan malu untuk membicarakan hal tersebut dengan anak Anda. hal itu dilakukan agar sang anak lebih memahami dirinya dan konsekuensi apa yang akan ia terima jika melakukan hal tersebuut sebelum waktunya. Setelah memahami itu semua maka ia akan bisa menjadi seseorang yang bertanggungjawab saat ia dewasa.

Demikianlah penjelasan mengenai masa perkembangan manusia dan penjelasan dari manusia makhluk komplek dan unik. Semoga bermanfaat.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibu Guru Pasti Meleleh, Ini Puisi Hari Guru Nasional Berbagai Macam Peralatan Kantor Serta Fungsinya