Berburu Makanan Enak Di Kota Bandung

Berburu makanan enak di kota Bandung. Jika disebut kata “Bandung”, apa yang terlintas dibenak Anda? Keindahan alamnya? Pesona mojang-mojang Priangan yang terkenal geulis? Atau wisata fashion dan kuliner yang menjanjikan beragam jenis makanan enak penggoyang lidah?

Semua itu nyata dan bisa dinikmati sepuasnya, termasuk makanan enak khas Bandung.

Makanan Enak di Bandung dan Kelebihannya

Khusus untuk wisata kuliner, Bandung seakan jadi surga bagi para pemburu makanan enak. Kota ini menawarkan berbagai jenis dan rupa makanan enak. Bukan hanya citra rasa makanan yang membuat lidah takluk, tapi tampilan dari makanan tersebut pun terbilang unik. Termasuk juga nama makanan enak khas Bandung yang memancing rasa keingintahuan para turis atau warga luar Kota Bandung untuk mencobanya.

Selain itu, makanan enak di Bandung sangat variatif dan inovatif. Nyaris setiap tahun, selalu ada makanan enak jenis baru atau hasil kreasi dari makanan-makanan yang sudah ada. Ini jadi cerminan dari tingkat kreativitas masyarakat Kota Bandung yang memang terkenal tinggi. Daya kreatif itu pun menyentuh para pembuat makanan untuk ‘menciptakan’ berbagai jenis makanan agar menjadi menarik dan bernilai jual.

Makanan enak yang ditawarkan bervariasi harganya, dari yang tidak membuat dompet bolong hingga eksklusif hanya bagi Anda yang berdompet tebal. Tempat atau lokasi juga jadi faktor pendongkrak nilai jual makanan enak tersebut. Walau jenis dan citra rasa makanannya sama, tapi bisa memiliki perbedaan harga mencolok jika dibeli di tempat berbeda.

Jadi, kecermatan diperlukan ketika berburu makanan enak bila tidak mau uang Anda habis dan tabungan jadi menipis. Padahal masih banyak jenis makanan enak lainnya yang belum sempat dicicipi. Sangat disayangkan jika itu sampai terjadi.

Tapi, segera tepis kekhawatiran tersebut. Karena rata-rata makanan enak di Kota Bandung harganya terjangkau oleh banyak orang. Ini membuat Bandung jadi target utama para penggila wisata kuliner dari berbagai kota di seluruh Indonesia hingga dunia. Setiap akhir pekan atau hari libur, kota kembang dipastikan dipadati para wisatawan dari luar Kota Bandung (kebanyakan dari ibukota Jakarta). Mereka berlomba-lomba mengunjungi Bandung, salah satu tujuannya adalah untuk merasakan sensasi kenikmatan dari makanan enak dan murah di kota tersebut.

Ragam Makanan Enak di Bandung

Bagi Anda yang tertarik mencicipi bagaimana kedahsyatan rasa makanan enak Kota Bandung, menjadi kewajiban untuk mengetahui apa saja jenis makanannya. Banyak makanan enak bersifat jajanan pasar. Maksudnya, makanan yang ditawarkan berupa kudapan atau makanan cemilan (snack). Biasa dinikmati ketika santai atau waktu senggang. Jadi bukan ‘makanan berat’ seperti nasi dan sejenisnya.

Namun, makanan enak tersebut ada juga yang dapat berfungsi ganda. Bisa sebagai cemilan atau pun mengenyahkan rasa lapar. Tergantung minat dan kecenderungan Anda ketika menikmati. Yang pasti, untuk soal citra rasa makanan tak perlu diragukan.

Ada pun untuk makanan berjenis berat, yang dinikmati ketika waktu makan siang dan malam, Bandung tak kehabisan ‘stok’. Bukan hanya terkenal lezat, makanan enak itu menawarkan harga bersaing dan tempat makan yang menjanjikan kenyamanan dan keindahan.

Apa saja jenis makanan enak tersebut? Dimulai dari makanan berjenis kudapan dan bernama lucu, yakni surabi imut. Bentuknya seperti surabi pada umumnya. Bedanya terletak pada ukuran yang mungil sehingga dinamakan surabi imut. Lalu, warna surabi imut yang sangat beragam serta punya rasa bervariasi, mulai dari rasa cokelat, keju, susu, srikaya, hingga dicampur dengan mayonese pun ada.

Menikmati surabi imut dianjurkan ketika masih hangat. Rasa gurih khas surabi dan perpaduan rasa tambahan lainnya menyatu dengan sempurna. Yummy! Apalagi ketika cuaca sedang dingin atau pada malam hari. Dijamin akan membuat Anda menyantap surabi imut sebagai makanan enak tidak hanya satu.

Surabi imut banyak dijual di sepanjang Jalan Setiabudi, dekat kampus Unpas. Setiap hari, terutama menjelang malam, tempat-tempat yang menjual surabi imut pasti dipenuhi pembeli. Mayoritas adalah para mahasiswa atau kaum muda-mudi yang menikmati makanan enak itu sembari berkumpul bersama teman pergaulan mereka.

Untuk Anda yang gemar pada bakso, Bandung punya jenis bakso yang sulit ditemui di kota lain. Makanan enak itu bernama bakso semar. Selain citra rasa yang tak perlu disangsikan kelezatannya—terutama bakso yang dicampur dengan tulang—bakso semar dapat dinikmati kapan saja Anda mau. Ini karena baso semar buka 24 jam tanpa mengenal tutup. Mau pagi, siang, sore, malam atau pun dini hari, Anda bisa menyantap bakso dengan rasa yang tetap terjaga kualitasnya.

Baso semar punya beberapa cabang, tersebar di beberapa tempat di Kota Bandung. Salah satu yang paling terkenal berada di Jalan Cihampelas. Baso semar ini sering dipadati pembeli karena lokasinya berdekatan dengan pusat perbelanjaan jeans (sepanjang Jalan Cihampelas) dan mal besar Kota Bandung, yakni Ciwalk (Cihampelas Walk).

Nah, untuk makanan enak jenis ini merupakan cemilan asli masyarakat sunda, yaitu batagor. Dipadukan dengan siomay, kedua makanan tradisional itu sangat cocok di lidah siapa pun. Uniknya, batagor dan siomay Bandung memberikan citra rasa khas yang tidak akan ditemui di daerah lain. Tidak mengherankan walau kedua makanan tersebut telah dijual di kota-kota selain Bandung, para penggila wisata kuliner tetap antusias berburu batagor dan siomay di kota asalnya.

Ada pun nama batagor merupakan akronim dari baso tahu goreng. Makanan berbahan dasar tahu ini diisi dengan campuran daging ikan tenggiri dan tepung tapioka (aci). Sementara siomay sebagai teman makanan enak batagor juga berbahan campuran serupa. Bedanya siomay dibungkus dengan pangsit. Batagor serta siomay dimakan dengan dicocol ke saus dan kecap dengan racikan tertentu. Disajikan satu paket bersama batagor dan siomay.

Di mana Anda dapat menemukan batagor dan siomay? Sangat banyak tempat yang menyajikan kedua jenis makanan enak tersebut. Mulai dari Batagor Elizabeth di Jalan Otista, Batagor Abuy di Jalan Lengkong Besar, Batagor Kingsley di Jalan Veteran, Batagor Kosambi di Jalan Ahmad Yani (Kosambi), Batagor MM Sabang di parkiran MM Sabang, Batagor Ria Sari di Jalan Veteran seberang Batagor Kingsley, Batagor YEYE di Jalan Buah Batu dana Jalan Cihampelas, hingga Batagor Riri yang terkenal itu di Jalan Burangrang dan Jalan Pasirkaliki. Untuk harga, bervariatif. Yang termurah seharga Rp1.500,- per buah hingga termahal Rp5.000,- per buahnya.

Jika Anda penggemar makanan enak berupa tahu, Bandung adalah rajanya. Tahu yang ditawarkan di kota ini terkenal lezat, gurih, dan murah meriah. Sebut saja nama tahu cibuntu, tahu tauhid, tahu lembang, dan tahu yun yi. Tahu-tahu khas Bandung ini kepopulerannya mulai menyamai tahu sumedang dan kediri yang telah lebih dahulu eksis sebagai tahu terenak di Indonesia.

Selain makanan enak berjenis kudapan, bila Anda hendak mencari makanan berat seperti nasi lengkap dengan lauk pauknya, disarankan mencoba menu makanan di RM Asli Cibiuk. Di rumah makanan yang terkenal bernuansa Sunda ini, menu makanan enak seperti nasi tutug oncom, nasi bakar oncom spesial, gurame goreng kipas, gurame baker cobek hotplate, tumis keciwis kangkung dan genjer oncom, kangkung hotplate sea food, dan nasi liwet castrol, dijamin akan menggoyang lidah Anda.

Termasuk pula beragam jenis sambal dan sambal hijau khas Cibiuk yang sudah melegenda. Di Kota Bandung, saat ini RM Asli Cibiuk ada di tiga lokasi, yaitu di Jalan Lengkong Besar, Jalan Sangkuriang, dan Jalan Prof. Eyckman.

Masih banyak lagi jenis makanan enak atau pun minuman yang menggugah selera dan mampu menggoyang lidah. Seperti bebek Van Java, pisang molen Kartika Sari, brownies Bandung, peuyeum, keripik pedas Ma’Icih dan Karuhun, martabak Bandung, gepuk Ny Yong, cireng, lotek, bandros, mie kocok, kupat tahu, bandrek, dan es cendol Elizabeth. Ini membuat Bandung memang layak jadi salah satu pusat wisata kuliner terkenal di Indonesia.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibu Guru Pasti Meleleh, Ini Puisi Hari Guru Nasional Berbagai Macam Peralatan Kantor Serta Fungsinya