Bintik Hitam Tanda Penuaan, Lakukan Cara Ini Dalam Menghilangkan Dan Mengtasinya

Bintik Hitam Tanda Penuaan, Lakukan Cara Ini Dalam Menghilangkan dan Mengatasinya. Tanda-tanda penuaan salah satunya adalah dengan munculnya bintik-bintik hitam pada permukaan kulit terutama sekitar wajah dan tempat-tempat yang sering terkena sinar matahari.

Ciri dari bintik penuaan tersebut adalah memiliki warna yang hitam kecoklatan, kehitaman atau bahkan keabu-abuan. Dan biasanya tidak memiliki sifat menonjol saat diraba. Bintik-bintik penuaan dalam istilah kedokteran disebut juga dengan senile lentigines, liver spots, solar lentigines atau dalam bahasa sehari-hari disebut bintik matahari.

Redmi 5 plus Vince emmc replace fil...
Redmi 5 plus Vince emmc replace file ( ada 4 cara) First in the World

Bintik penuaan berhubungan erat dengan usia seseorang, dimana semakin matang usianya maka akan semakin besar mengalami bintik-bintik tanda penuaan. Mereka yang sudah memasuki usia diatas 40 tahun biasanya akan sangat rentan mengalami bintik penuaan, terutama bagi mereka yang memiliki warna kulit cerah. Juga bagi orang-orang yang memiliki riwayat pekerjaan lapangan yang secara langsung bersentuhan dengan terik matahahari, atau bagi Anda yang pernah melakukan berjemur dipantai.

Penyebab utama munculnya bintik-bintik hitam tanda penuaan adalah karena adanya proses produksi melanin yang berlebih dalam tubuh, yang dibarengi dengan kontak langsung dengan sinar ultraviolet dan paparan sinar matahari. Bintik ini biasanya dapat ditemukan pada permukaan wajah, tangan, dan daerah-daerah yang selalu terbuka terhadap sinar matahari.

Gejala yang timbul biasanya dengan munculnya beberapa bintik warna pada permukaan kulit, biasanya berwarna hitam kecoklatan atau berwarna gelap. Bintik ini tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali, bahkan memiliki tekstur yang sama dengan kulit disekitarnya tanpa menimbulkan tonjolan saat diraba. Pun demikian, seperti yang sudah disebutkan bahwasanya bintik ini hanya akan muncul pada permukaan kulit yang sering atau pernah terkena sinar matahari.

Pada dasarnya bintik ini merupakan gejala yang timbul secara alamiah, tidak berbahaya dan tidak menimbulkan rasa sakit apapun bagi penderitanya. Hanya saja terkadang bagi sebagian orang munculnya bintik-bintik dapat mengganggu penampilan dan merusak keindahan, terutama jika bintik tersebut muncul pada wajah.

Berikut ini merupakan beberapa cara dalam mengatasi bintik hitam akibat penuanaan pada kulit, untuk Anda yang ingin coba menghilangkannya:

1. Terapi Sinar

Cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bintik penuaan pada kulit adalah dengan cara melakukan penyinaran dengan sinar laser untuk dapat menghancurkan sel yang menghasilkan melanin. Selain itu, cara yang dapat melakukan dapat menggunakan pengelupasan kulit luar yang terkena bintik hitam. Dengan begitu, kulit akan berganti dengan kulit baru dan dapat menghilangkan bintik hitam penuaan.

2. Menggunakan Dermabrasi

Cara yang berikutnya dalam menghilangkan bintik hitam penuaan adalah dengan cara dermabrasi yaitu membekukan bintik hitam penuaan menggunakan cairan nitrogen, atau dapat pula dengan melakukan scrub yaitu pengikisan lapisan kulit terluar. Selama dalam masa perawatan, gunakan selalu krim pelindung matahari yang mengandung SPF atau perlindungan sinar Ultraviolet.

3. Krim dan Obat

Cara yang ketiga dalam menghilangkan bintik penuaan pada kulit dapat dengan mengonsumsi obat-obatan atau menggunakan obat krim yang diresepkan dokter. Biasanya krim tersebut mengandung zat seperti hydroquinone yang dibarengi dengan kandungan retinoids atau tidak seperti misalnya tretinoin. Krim tersebut dapat memberikan efek yang membuat kulit menjadi sangat sensitif, untuk itu selalu gunakan krim pelindung sinar UV agar tidak memperburuk kulit Anda.Krim anti bintik penuaan yang paling baik adalah krim yang memiliki kandungan seperti deoxyarbutin, kojic acid atau alpha hydroxyl, deoxyarbutin, dan hydroquinone. Selalu pilih jenis kosmetik yang aman dan alami agar dapat membantu menyamarkan bintik-bintik pada kulit akibat penuaan.

Seperti yang sudah disinggung diatas, bahwa bintik ini timbul karena faktor usia dan alamiah. Maka tidak ada cara khusus dalam mencegahnya, hanya saja ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu memperkecil resiko terkena bintik hitam penuaan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Gunakan krim pelindung sinar matahari yaitu 30 menit sebelum kontak langsung dengan sinar matahari, gunakan krim tersebut secara berulang setiap dua jam sekali. Terutama bagi Anda yang sedang melakukan aktifitas luar seperti berenang, atau berlibur di pantai.
  • Usahakan untuk menghindari paparan sinar matahari pada jam-jam antara pukul 10 pagi hingga pukul 3 sore hari.
  • Selalu gunakan pelindung kulit saat bepergian, seperti jaket, topi, celana panjang dan kaus tangan.
  • Gunakan jenis krim pelindung matahari yang memiliki kandungan Sun Protection Factor (SPF) minimal 15, juga yang mengandung anti perlindungan terhadap UV-A dan UV-B

Demikianlah Artikel Kesehatan tentang Cara Mengatasi Bintik Hitam Tanda Penuaan pada kulit, semoga dapat membantu. Be Healthy !

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.