Cara Cek Dan Menghapus Plagiarisme Dari Tugas Anda – Panduan Pemula

Plagiarisme adalah pelanggaran serius, dan tidak ada ruang untuk itu di bidang akademik. Sebagian besar waktu, makalah penelitian dan tugas menjadi korban plagiarisme karena kutipan dan penyebutan sumber yang tidak tepat.

Sangat mudah bagi para ahli seperti pendidik, profesor, dan guru untuk menangkap plagiarisme dengan mata telanjang pada subjek tertentu.

Tetapi bahkan itu menjadi tantangan ketika Anda harus berurusan dengan bagian studi baru. Di situlah pengaruh kecerdasan buatan masuk untuk membantu.

Pada artikel ini, kami akan memandu Anda tentang cara memeriksa dan menghapus plagiarisme dari tugas Anda dengan bantuan alat berbasis AI. Kami juga akan berbagi tentang pentingnya menghilangkan dan menghindari plagiarisme bagi siswa.

Mengapa Pelajar Wajib Terhindar dari Plagiarisme?

Terbukti, setiap lembaga pendidikan menuntut mahasiswanya untuk mengirimkan karya orisinal, baik itu tentang tugas maupun makalah penelitian. Siswa harus mempertahankan elemen unik dalam pekerjaan mereka untuk lulus mata pelajaran.

Supervisor Anda mungkin memberi Anda perpanjangan batas waktu untuk mengirimkan konten unik, tetapi mereka tidak akan menerima konten yang dijiplak. Sedangkan untuk pengajuan tesis, reputasi peneliti dipertaruhkan di depan rekan-rekan mahasiswa dan guru.

Plagiarisme akan memberikan cap penipu pada Anda, dan orang-orang akan kekurangan unsur kepercayaan saat berurusan dengan Anda. Oleh karena itu, siswa harus memeriksa plagiarisme sebelum penyerahan akhir mereka.

Bagaimana AI Membantu Mendeteksi Plagiarisme?

Mendeteksi plagiarisme secara manual tidak hanya memakan waktu, tetapi hampir tidak mungkin bagi manusia untuk menelusuri setiap publikasi dan situs web untuk membandingkan konten untuk kesamaan. Ada jutaan halaman web terhadap satu topik pencarian, dan itu bisa memakan waktu berhari-hari atau berminggu-minggu.

Dibandingkan dengan kemampuan manusia, algoritme pembelajaran mendalam AI jauh lebih efisien dan akurat daripada membandingkan teks secara manual.

Detektor plagiarisme berbasis AI ini adalah opsi yang lebih disukai dalam kategori alat tulis. Sekarang, AI telah berkembang cukup baik untuk menangani konten yang dijiplak.

Mari kita bahas bagaimana alat berbasis AI ini dapat mendeteksi dan menghapus plagiarisme dari pekerjaan dan tugas penelitian Anda.

Menggunakan Alat Berbasis AI untuk Memeriksa Plagiarisme

Kecerdasan buatan telah secara drastis mengubah teknologi untuk mengarahkan hidup kita ke arah yang progresif. Bagi siswa, sangat penting untuk cek plagiarisme dengan bantuan alat online ini untuk menghindari hukuman akademik. Alat-alat ini mudah dioperasikan dan memberi Anda laporan plagiarisme yang dapat Anda lampirkan pada kiriman Anda. Laporan ini dapat menjadi bukti keaslian untuk mendukung usaha Anda. Ikuti langkah-langkah ini untuk mendeteksi plagiarisme menggunakan alat online.

 

  1. Tempel teks Anda langsung di kotak input atau unggah file tugas dengan mengklik opsi “Pilih File”.
  2. Jika tugas Anda berisi URL apa pun sebagai referensi ke teks yang dikutip, Anda dapat memasukkannya di bagian “Kecualikan URL” dengan mengeklik opsi “Tampilkan Lanjutan”.
  3. Periksa reCAPTCHA dan klik tombol “cek Plagiarisme”.
  4. Dalam beberapa detik, alat ini akan memberi Anda laporan terperinci tentang konten yang dijiplak dan unik.

 

Sekarang setelah Anda membiasakan diri dengan mendeteksi plagiarisme, mari kita bicara tentang proses menangani plagiarisme dalam tugas dan makalah penelitian.

Menggunakan Alat Berbasis AI untuk Menghapus Plagiarisme

Teknik paling efektif untuk menangani plagiarisme adalah dengan memparafrasekan konten yang digandakan. Ini adalah teknik penting bagi penulis yang membantu mereka menghasilkan konten yang unik. Tetapi mungkin perlu berjam-jam upaya bagi penulis pemula untuk memparafrasekan karya penelitian mereka.

Dalam hal ini, siswa dapat belajar parafrase online dengan bantuan alat bertenaga AI dengan mengikuti langkah-langkah ini untuk mengurangi rasio konten yang dijiplak dalam tugas mereka.

 

  1. Unggah file tugas atau makalah penelitian yang berisi teks jiplakan. Anda dapat memilih untuk menempelkan teks langsung ke kotak input.
  2. Pilih mode parafrase dari opsi yang ditampilkan pada antarmuka alat.
  3. Anda juga dapat memilih bahasa yang terkait dengan teks masukan Anda dari kotak bahasa.
  4. Jika teks Anda berisi tautan URL ke sumber yang dikutip, Anda dapat menempelkannya ke kotak input.
  5. Terakhir, klik tombol “Paraphrase” untuk mendapatkan teks parafrase di kotak output.
  6. Anda dapat memilih untuk menyalin atau mengunduh teks parafrase dalam file teks.

Pilihan mode parafrase juga dapat bergantung pada nada dan pilihan topik. Alat parafrase tidak hanya mengubah urutan kalimat tetapi juga mengganti kata dan frasa dengan sinonim dengan mempertahankan maksud dari konten tertulis.

Mengapa Siswa Mengirimkan Konten Plagiat?

Plagiarisme tidak etis, dan siswa harus berusaha menghindarinya dengan cara apa pun yang diperlukan. Namun, mereka jatuh di bawah tuduhan plagiarisme karena beberapa alasan yang disebutkan di bawah ini.

  • Siswa yang meragukan kemampuan menulis mereka mencoba menduplikasi konten dari sumber dan situs web yang kredibel.
  • Karena manajemen waktu yang buruk, siswa dapat langsung menyalin materi dari situs web untuk menyelesaikan tugas mereka sebelum batas waktu penyerahan.
  • Siswa mungkin tidak menyadari konsekuensi dari plagiarisme.
  • Siswa mungkin tidak terbiasa dengan pengintegrasian dan penyajian ide dalam dokumentasi mereka.
  • Siswa mungkin tidak terbiasa dengan metode kutipan dan parafrase yang tepat.
  • Siswa mungkin kurang dalam melakukan penelitian yang tepat tentang topik yang ditugaskan. Itu terjadi ketika Anda harus menulis tentang topik utama, termasuk bagian penting dari informasi umum.

Kesimpulan

Siswa yang sepenuhnya menyadari konsekuensi dan hasil plagiarisme mengambil setiap langkah yang mungkin untuk menghindarinya dalam pekerjaan mereka. Tapi tetap saja, disarankan untuk memeriksa plagiarisme sebelum pengiriman untuk menghindari hukuman permanen.

Tampaknya mustahil untuk membandingkan setiap bagian konten online untuk kesamaan secara manual. Tetapi mengandalkan produk teknologi adalah cara yang efektif dan efisien untuk mengevaluasi kualitas pekerjaan Anda sebelum diserahkan.

Alat berbasis AI mencakup berbagai opsi untuk memeriksa dan menghapus plagiarisme. Selain itu, alat ini menawarkan freeware, menjadikannya pilihan ideal bagi mahasiswa dan peneliti. Kami harap panduan yang kami sebutkan dalam artikel kami cukup membantu Anda mengatasi plagiarisme.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.