Cara Membuat Domain Gratis Langsung dari Situs Resminya

Bagi kebanyakan orang, dapat membuat domain gratis adalah suatu kebahagiaan tersendiri. Terlebih jika saat ini Anda sedang ingin membangun website sendiri atau tengah memulai usaha secara online dengan website namun low budget.

Seperti yang diketahui, untuk memiliki sebuah website dengan domain yang berkualitas tentu akan membutuhkan biaya yang cukup tinggi paula. Hal tersebut menjadi salah satu kendala bagi pelaku usaha atau pengguna personal yang ingin membuat personal website.

Jadi tidak heran jika saat ini ada banyak sekali warganet yang mencari domain gratis. Sebenarnya ada beberapa situs penyedia domain yang bisa Anda gunakan secara cuma-cuma. Hanya saja domain gratis tentu saja memiliki beberapa kelemahan jika dibandingkan dengan domain murah.

Situs Penyedia Domain Gratis

Daftar Penyedia Domain Gratis

Freenom

Situs penyedia domain gratis yang pertama adalah Freenom. Melalui situs ini, Anda bisa memperoleh berbagai macam ekstensi domain mulai dari .ml, .tk, .gq, .cf dan .ga. Salah satu ekstensi yang cukup terkenal dari situs ini .tk.

.tk adalah ekstensi domain terbesar yang kelima di dunia, yang mana ekstensi tersebut diambil dari nama sebuah negara di pulau kecil dengan penduduk 1.500 jiwa, bernama Tokelau. Untuk mendapatkan domain, Anda hanya perlu mengunjungi situs resmi freenom.

Selain menyediakan domain gratis, Freenom juga menyediakan domain yang berbayar. Nama domain akan muncul berdasarkan kata kunci yang Anda masukkan, jadi Anda bisa memilih domain bernilai 0 atau yang berbayar.

Baca juga : untuk mengetahui ketersediaan domain bisa dilihat disini “cek domain terlengkap

Dot.tk

Situs untuk mendapatkan domain gratis selanjutnya yakni Dot.tk, sesuai namanya Anda akan memperoleh domain dengan ekstensi .tk. Situs ini seringkali dianggap remeh karena hanya menyediakan beberapa domain saja.

Padahal, situs ini merupakan tempat beberapa situs layanan MP3 besar atau blog safelink membuat domain. Untuk mencari domain gratis, Anda dapat mengecek ketersediaan langsung pada website resminya.

Sebaiknya Anda menyiapkan beberapa domain alternatif saat nama yang Anda inginkan sudah tidak tersedia. Anda dapat mengunjungi situs resmi Dot.tk

Wix

Selain situs yang telah disebutkan di atas, terdapat juga salah satu situs yang memberikan domain free berkualitas secara gratis pada paket awalnya. Menariknya, domain ini juga menyediakan subdomain yang digunakan untuk akses ke situs web Anda nantinya.

Wix disebut sebagai rajanya pembuat situs karena memang Wix menyediakan domain yang dapat meningkatkan kredibilitas situs Anda serta dapat membuat tampilan halaman web Anda lebih profesional. Anda bisa mencobanya langsung dengan mengunjungi situs resmi Wix.

Baca juga : apa itu hosting ? hosting adalah

My.ga

Situs penyedia domain gratis berkualitas selanjutnya adalah My,ga. Bagi Anda yang sudah melakukan riset mengenai jenis domain, pasti kini juga sudah mengetahui bahwa domain dengan ekstensi .ga sudah banyak sekali ditemukan. Jadi, untuk kredibilitasnya sudah tidak diragukan lagi.

My.ga ini dikenal sebagai penyedia domain yang handal dan mampu memfasilitasi para newbie dalam membangun website. Perlu Anda ketahui bahwa domain dari My.ga cocok digunakan untuk berbagai jenis website, jadi Anda tidak perlu bingung lagi.

Point.ml

Bagi Anda yang sudah berkecimpung di dunia website, pasti sudah tidak asing lagi dengan situs penyedia domain gratis yang satu ini. Website ini nantinya akan menghasilkan domain dengan ekstensi .ml. Melalui situs ini Anda dapat mulai merintis website pribadi ataupun website untuk bisnis Anda.

Cara penggunaan situs ini hampir sama dengan situs domain pada umumnya. Anda dapat mengecek ketersediaan domain yang dipilih dengan memasukkan domain yang diinginkan pada kolom yang telah tersedia. Sebaiknya Anda menyediakan beberapa alternatif pilihan nama domain untuk mendapatkan domain gratis sesuai keinginan.

Fredomain.pro

Ingin menggunakan domain gacoan tapi sudah digunakan oleh website lain? Coba deh Freedomain.pro, karena masih banyak yang belum mengetahui website ini, maka penggunaannya pun juga terbilang masih sedikit.

Hal ini bagus bagi Anda karena semakin sedikit yang menggunakan maka semakin sedikit juga saingannya. Anda dapat dengan bebas menggunakan semua fitur serta layanan yang tersedia. Perlu diketahui, .pro merupakan salah satu ekstensi yang memiliki kinerja bagus dan mudah diakses.

Free SubDomain

Satu lagi situs penyedia domain gratis yang bisa Anda coba adalah Free SubDomain atau yang dikenal dengan sebutan Biz. Situs ini menawarkan berbagai jenis domain dengan banyak jenis ekstensi. Fitur dan fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap.

Free SubDomain dapat menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin mendapatkan domain gratis dengan beberapa referensi domain menarik dari situs tersebut.

Nah, jadi itu dia 7 situs penyedia domain yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan domain gratis. Perlu diketahui, domain gratis pada umumnya memiliki kelemahan dibandingkan dengan domain berbayar pada umumnya. Salah satunya adalah kinerja domain yang kurang cepat dan jenis domain yang belum terlalu populer.

Meski begitu, domain gratis bisa menjadi salah satu alternatif terbaik bagi Anda yang ingin merintis website pribadi atau memulai bisnis online dengan website supaya terkesan lebih profesional. Hingga selanjutnya Anda bisa berlangganan domain berbayar.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.