Cara Membuat Kerupuk Bawang Yang Enak, Lezat Dan Renyah

Kerupuk adalah makanan yang wajib dihidangkan sebagai menu tambahan ketika sedang makan makanan berat seperti nasi dan lauk pauk. Karena kelezatannya, banyak orang yang ingin mencari tahu cara membuat kerupuk yang enak dan renyah.

Redmi 5 plus Vince emmc replace fil...
Redmi 5 plus Vince emmc replace file ( ada 4 cara) First in the World

Cara membuat kerupuk sebenarnya telah banyak dibahas di acara cooking show di televisi maupun di majalah-majalah tentang masakan. Namun, penasarankah anda dengan cara pembuatan kerupuk bawang yang enak dan renyah? Tentunya anda ingin membuat kerupuk yang enak kan agar bisa disantap oleh anda sendiri maupun orang lain yang ingin merasakan kerupuk buatan anda? Karena itulah disini akan dibahas cara membuat kerupuk yang enak, lezat, gurih serta renyah.

Umumnya krupuk adalah makanan pendamping lauk pauk. Bagi sebagian orang mungkin ada yang memang mewajibkan makanan satu ini di menu makanan kesehariannya, kalau kata kebanyak orang bilang “makan ga pake kerupuk?

Seperti ada yang kurang gitu”. Nah, cara membuat krupuk ini bisa anda lakukan dengan mudah, sehingga pada waktunya nanti anda tak bisa membeli kerupuk karena mungkin kehabisan atau memang tempatnya yang kurang memadai, anda bisa mencoba untuk membuat krupuk ini sendiri dengan tangan anda. Cara membuat kerupuk sebenarnya gampang, asal mau dan alat yang digunakan telah tersedia dengan lengkap.

Kerupuk bawang adalah kerupuk dengan aroma bawang yang lezat dan sangat renyah ketika dikunyah. Karena kelezatannya ini, banyak orang yang sangat menyukai krupuk bawang. Memang, kerupuk mempunyai jenis-jenis seperti kerupuk udang, kerupuk putih, kerupuk kuning dan yang lain sebagainya.

Diantara beberapa jenis kerupuk tersebut, kebanyakan orang tetap memilih kerupuk bawang sebagai kerupuk dengan kualitas nomor satu di aspek rasa maupun kerenyahannya.

Cara Membuat Kerupuk Bawang: Bahan-Bahan Dasar dan Media Memasak

Cara Membuat Kerupuk Bawang: Bahan-Bahan Dasar dan Media Memasak

Untuk membuat kerupuk bawang yang lezat, gurih dan renyah, anda pertama harus pastikan bahan-bahan yang tersedia adalah bahan-bahan yang berkualitas. Oke, mari kita mulai cara membuat kerupuk gurih ini dengan mencari bahan-bahan dasarnya terlebih dahulu. Untuk bahan-bahan dasar pembuatan krupuk sebenarnya anda tak perlu repot karena mayoritas memang sudah disediakan di dapur secara umum. Tapi yang perlu diperhatikan adalah takaran dari setiap bahan itu sendiri seperti contoh misal gula 1,5 sendok teh dan lain sebagainya. Kenapakah ini penting? Karena dengan adanya kesalahan sedikit saja di takaran, rasa yang dihasilkan pasti akan berbeda.

Oke, jika anda telah siap untuk mencari bahan-bahan dasar pembuatan kerupuk bawang enak ini, silahkan disimak bahan-bahan dasar cara membuat kerupuk bawang yang lezat dan renyah ini. Bahan-bahan dasarnya yang pertama adalah 1 kilogram tepung terigu. Kemudian siapkan juga 200 ml air matang di sebuah tempat yang steril. Setelah itu juga siapkanlah 10 siung bawang putih. Setelah itu juga ada satu sendok makan kaldu bubuk, satu sendok teh soda kue, 2 siung bawang bombay, tiga sendok makan seledri, setengah sendok teh merica bubuk, satu sendok makan ketumbar bubuk, dan yang terakhir adalah 1 sendok makan minyak goreng.

Nah, sekarang semua bahan telah siap, dan jangan lupa untuk mempersiapkan alat masak juga seperti kompor, wajan dan otomatis tabung gas. Sebelum masuk ke dalam step cara membuat kerupuk bawang renyah ini, pastikan media masak dan juga bahan-bahan yang telah anda persiapkan steril agar anda selalu terjaga dari kuman-kuman yang hinggap dimana-mana. Untuk memastikan bahwa bahan-bahan dasar yang telah anda persiapkan benar, silahkan di cek kembali agar takaran dan bahan tidak ada yang terlewatkan . Jika semuanya sudah siap, sekarang kita akan melangkah lebih dalam pada tahap cara membuat kerupuk bawang ini.

Cara Membuat Kerupuk Bawang yang Gurih dan Lezat

Cara Membuat Kerupuk Bawang yang Gurih dan Lezat

Cara membuat kerupuk bawang ini sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Namun, walaupun kelihatan mudah, hal yang terpenting adalah ketelitian dan kecakapan dalam pembuatan kerupuk bawang lezat ini. banyak orang yang menganggap bahwa memasak apapun itu susah dan ribet. Padahal nyatanya, jika dilakukan dengan tlaten dan sabar, serta ikhlas dengan niatan baik, kegiatan memasak ini sebenarnya menyenangkan. Karena dengan memasak ini, kita bisa mengkreasikan hasil buatan jerih payah kita sendiri dan kita bisa menghibur orang lain dengan masakan enak yang kita buat. Oke kita lanjut lebih dalam ke step pembuatan yang pertama.

Untuk langkah pertama, 2 siung bawang bombay yang telah dipersiapkan harap dihaluskan terlebih dahulu. Setelah bawang bombay tersebut halus, campurkan kesemua bahan diatas yang telah disiapkan dan aduk hingga adonan merata.

Pengadukan dan pengulenan dilakukan hingga adonan terasa kalis, alias tidak lagi lengket di tangan. Setelah adonan terbuat dengan sempurna, langkah selanjutnya adalah menggiling adonan tersebut. Untuk ketebalan gilingan bisa diperkirakan kira-kira 0,5 cm. Semakin tipis gilingan yang dibuat, maka semakin renyah pula krupuk yang akan dihasilkan. Tapi, perkirakan jangan terlalu tipis karena jika terlalu tipis kerupuk bisa mudah hancur.

Agar tidak terlalu lama pada saat penggilingan. Anda bisa menggunakan penggiling yang biasa digunakan untuk menggiling mie. Penggiling tersebut juga bisa digunakan untuk menggiling adonan kerupuk bawang. Setelah adonan tergiling, potonglah adonan tersebut dengan bentuk seperti kotak-kotak kecil dengan menggunakan pisau. Setelah dipotong-potong dengan pisau, adonan bisa dibentuk sesuka hati anda. semua adonan kerupuk telah disiapkan, siapkan dahulu minyak goreng untuk dipanaskan. Setelah minyak goreng telah panas dan siap untuk penggorengan, mari kita lanjut ke step selanjutnya.

Untuk step selanjutnya, masukkan adonan kerupuk yang telah dibentuk tadi ke minyak goreng yang telah kita panaskan. Goreng adonan tersebut dengan api yang diperkirakan sedang hingga adonan berubah warna menjadi agak kuning kecoklatan. Setelah berubah warna yang telah disebutkan, angkat kerupuk dari minyak goreng dan tiriskan minyaknya. Penting dalam step ini, minyak harus ditirskan hingga benar-benar kering dan tidak ada minyak yang menetes. Hal ini dilakukan agar nantinya minyak tidak masuk kedalam toples kerupuk. Nah, sekarang krupuk telah siap untuk disantap dan dihidangkan.

Bagaimana? mudah sekali kan? Oiya, jika ingin memasak kerupuk yang banyak sekalian untuk persediaan jangka waktu yang lama, dan juga agar lebih praktis karena terlalu sering memasak, taruh kerupuk dalam toples yang bertutup rapat.

Tutuplah rapat-rapat agar kerupuk yang dibuat awet dan tidak mudah melempem, otomatis juga tetap renyah dan gurih untuk disantap kapan pun dan dimanapun anda berada. Sekarang, menu lauk pauk anda tidak akan terasa kurang dengan kehadiran kerupuk bawang lezat dan renyah yang istimewa, karena otomatis anda buat sendiri.

Kerupuk bawang tersebut juga masih bisa dikreasikan dengan beberapa modifikasi bahan dasar maupun modifikasi penampilan. Jika anda tertarik dengan eksperimen memasak, cobalah modifikasi kerupuk tersebut dengan warna yang berbeda atau ditambah bahan perasa lain yang semakin membuat kerupuk terasa enak dan nagih. Demikianlah ulasan tentang bagaimana cara membuat kerupuk yang enak dan renyah, semoga dapat menjadi ilmu yang bermanfaat untuk Anda.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.