Cara Membuat Kincir Air Sederhana

Kincir air adalah kincir yang bergerak karena air dan mempunyai kegunaan yang sangat banyak. Karena kegunaannya yang sangat banyak, sekarang ini banyak petani ingin mencari cara membuat kincir air untuk memanfaatkan kegunaannya di sawah.

Cara membuat kincir air sederhana ini sebenarnya sangat mudah, tapi jika yang dibuat adalah kincir air betulan dengan ukuran yang besar dan memang mempunyai kegunaan yang sangat banyak, jelas membutuhkan tenaga yang lebih ekstra serta bahan-bahan yang mumpuni. Kincir air yang sebenarnya juga mungkin tak cukup jika hanya membuat sendirian, membutuhkan setidaknya 3-4 orang tergantung waktu pengerjaan yang diinginkan si pembuat. Disamping kincir air ini, ada juga kincir angin yang memang sama-sama mempunyai kegunaan yang banyak. Sebelum melangkah ke cara pembuatan kincir air sederhana, yuk kita bahas dulu lebih dalam tentang kincir ini.

Kincir air adalah sebuah alat dengan bentuk kincir berputar, yang mana alat tersebut nantinya digerakkan leh air untuk kegunaan tertentu. Banyak sekali kegunaan kincir air disegala aspek. Di aspek pertanian, kincir air ini bisa digunakan untuk mengairi sawah otomatis, jadi dengan kincir air ini para petani tidak harus repot-repot menciduk air ember per-ember. Nantinya, kincir air ini yang akan mengalirkan air kesawah. Kincir air juga dapat digunakan tenaga pembangkit listrik. Dengan kecepatan putaran yang dihasilkan dari arus air yang besar, listrik bisa dihasilkan dan tentunya cara ini malah cara yang alami dan tidak berpotensi negatif.

Kincir angin sebenarnya hampir sama kerjanya dengan kincir air. Hal yang membedakan kedua alat multifungsi tersebut adalah sumber tenaga yang menjadi kekuatan untuk mendorong kincir untuk bergerak. Telah disebutkan jelas dari namanya, kincir air berarti kincir yang bisa bergerak dengan kekuatan dorongan dari air dan akhirnya bisa berputar. Sedangkan kincir angin, adalah kincir yang bergerak berputar dengan dorongan dari kekuatan angin yang berhembus. Konon katanya dulu di Belanda, karena angin berhembus setiap hari dengan kencangnya, kincir angin ini banyak sekali dibuat dengan berbagai kegunaan.

Untuk membuat replika kincir angin sebenarnya sangat mudah. Hanya dengan kertas lipat basa kincir angin bisa dibuat dengan fungsi yang sebenarnya, yaitu digerakkan oleh angin dan berputar. Namun, untuk membuat kincir air, tentunya tidak bisa sesimpel melipat kincir angin dengan kertas lipat. Karena kincir air ini digerakkan dengan air, maka kertas akan cepat basah dan kincir air tidak bisa direplika kan dengan baik. Karena itu, ada alternatif lain cara membuat kincir air dengan sederhana, yaitu dengan botol bekas dan beberapa alat tambahan. Ingin tahu lebih lanjut tentang cara pembuatan kincir air yang sederhana ini? Yuk mari kita simak bersama-sama.

Cara Membuat Kincir Air Sederhana: Bahan-bahan dan Alat-alat

Sebelum melangkah lebih jauh ke cara membuat kincir air ini, pertama-tama mari kita siapkan dahulu alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat kincir air ini. Jika digambarkan secara garis besar, sebenarnya kincir air ini ada beberapa inti, yaitu silinder dudukan, as atau porosnya, plat tangga kincir, dan tiang penyangga. Nah, setelah mengetahui inti-inti kincir tersebut, kita bisa menggambarkan apa saja alat yang dibutuhkan untuk membuat kincir sederhana ini. Yap, untuk membuat replika kincir sederhana ini diperlukan bekas botol air mineral dengan ukuran yang berbeda, CD bekas, bilah bambu, dan spidol bekas.

Nah, cara membuat kincir air sederhana ini dengan ukuran mediokre, mari kita spesifikan takaran dan ukuran besar bahan yang diperlukan. Untuk botol mineral, siapkan satu botol air mineral ukuran 1500 ml, siapkan pula botol air mineral dengan ukuran 300 mili 3 buah. Untuk CD bekasnya, siapkan sebanyak dua buah, sedangkan untuk bilah bambunya siapkan satu buah saja dengan ukuran 20 cm. Yang terakhir, siapkan spidol besar dua buah. Untuk alat-alatnya, siapkan cutter, lem cair yang kuat, gunting, dan spidol.

Cara Membuat Kincir Air Sederhana dengan Mudah

Ketika bahan-bahan dan alat-alat yang diperlukan dalam cara membuat kincir air ini sudah siap, mari kita mulai cara pembuatannya. Pertama, ambil botol air mineral dengan ukuran 1.5 liter yang telah disiapkan, kemudian potong dan ambil bagian yang rata dengan tinggi kira-kira 5-10 cm. Setelah itu ambil CD bekas dan spidol yang telah disiapkan. Untuk spidol, pastikan sudah diambil tutup atas dan tutup bawahnya. Jika sudah, masukkan spidol ke lubang CD yang berada ditengah, dan dorong spidol hingga ke tepi. Setelah jadi, masukkan botol yang sudah dipotong sebelumnya, kemudian diteruskan dengan memasukkan CD kedua di tepi ujung spidol sisi sebelahnya.

Setelah itu, bukalah lem yang telah disiapkan dan lekatkan bagian botol yang telah dimasukkan yang menempel pada pemukaan CD tersebut dengan lem cair di kedua sisi. Sekarang anda telah mendapatkan bentuk tempat tali jahit dengan ukuran yang lebih besar. Nah, untuk langkah selanjutnya dilanjut dengan pemotongan botol dengan ukuran 600 ml yang telah disiapkan. Potong menjadi 3 bagian yang rata dengan ukuran panajng sepanjang rentang CD sisi yang satu dan yang lainnya. Setelah itu, belahlah potongan botol tersebut menjadi 4 bagian yang sama besarnya.

Nah, setelah terbentuk 4 bagian yang sama besarnya tersebut, langkah yang selanjutnya dalam cara membuat kincir air sederhana ini adalah memasangkan potongan-potongan tersebut pada botol mineral 1,5 liter tadi yang sekarang telah menjadi silinder di tengah-tengah dua sisi CD. Agar kuat dan melekat, pasang bagian tersebut dan lekatkan dengan lem dibagian bawah yang menempel pada silinder, dan dibagian samping yang menempel pada CD. Jika semua bagian potongan botol telah selesai di lem dan melekat, langkah terakhir adalah merapikan bagian yang kurang rapi dengan memoles kincir sederhana tersebut dengan cutter yang telah disiapkan.

Bagaimana? Sangat mudah kan? Begitulah step-step cara membuat kincir air sederhana yang mungkin bisa anda lakukan di rumah. Replika kincir air ini juga bisa anda jadikan sebagai kerajinan tangan untuk disekolah maupun hanya untuk pajangan di rumah saja. Pembuatan kincir air yang sederhana ini tak memerlukan biaya yang besar dan juga tak memerlukan alat-alat yang ribet, karena memang dengan alat-alat dan bahan-bahan bekas. Hasil yang dihasilkan juga masih lumayan jika melihat dari aspek replika.

Jika masih belum puas dengan kincir air sederhana ini, anda juga bisa membuat replika kincir air yang lebih berkualitas dengan potongan plat besi, dinamo, batu dan masih banyak lagi bahan yang lainnya. Replika ini mungkin akan lebih bagus dari pada replika kincir air sederhana yang cara-caranya telah dijelaskan diatas, bahkan replika ini juga bisa memutar dengan daya baterai dan dinamo yang ditanamkan. Namun, cara-caranya mungkin akan lebih ribet dan membutuhkan uang yang lebih. Karena itu, buatlah replika kincir air ini sesuai dengan kebutuhan anda saja.

Untuk tutorial pembuatan kincir air dengan bahan-bahan seperti plat besi tersebut, bisa anda lihat banyak referensi di internet maupun di artikel-artikel terkait. Demikianlah informasi mengenai cara pembuatan kincir air. Semoga informasi cara membuat kincir air sederhana ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.