Cara Membuat Manisan Buah Pala, Prospek Dan Teknik Produksinya

Table of contents: [Hide] [Show]

Cara membuat manisan buah pala, prospek dan teknik produksinya. Pala adalah salah satu jenis tanaman asli dari Indonesia. Kebanyakan tanaman ini tumbuh subur di daerah Maluku dan kepulauan Banda. Adapun hasil dari tanaman ini adalah berwujud buah dan ada bijinya. Biji pala sering digunakan untuk dijadikan salah satu bumbu penyedap makanan. Oleh sebab itu buah pala juga digolongkan sebagai bagian dari rempah-rempah.

Kemudian untuk buahnya, sering dijadikan makanan. Salah satu jenis makanan yang paling populer dan sering dibuat adalah manisan. Dan karena terbuat dari buah pala, maka manisan ini dinamakan manisan buah pala.

Prospek Usaha

Masyarakat sering membuat manisan buah pala untuk keperluan rumah tangganya sendiri. Namun banyak pula yang menjadikannya sebagai industri meski dalam skala kecil.

Sebenarnya bila mau ditekuni dengan serius, peluang usaha manisan buah pala ini juga punya pangsa yang cukup besar, sehingga bisa dikembangkan menjadi usaha menengah atau skala besar. Karena permintaan dari dalam negeri saja sudah sangat besar. Apalagi untuk pasar luar negeri atau ekspor.

Negara yang paling berminat untuk mendapat pasokan makanan ini antara lain adalah Singapura, Syria dan Kuwait serta beberapa negara di Eropa dan Amerika. Bahkan menurut catatan sebuah media industri, pemintaan dari luar negeri tersebut dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang cukup tinggi.

Ini tentu bisa menjadi kesempatan usaha yang tidak boleh disia-siakan begitu saja. Terutama bagi mereka yang menyukai jenis usaha industri dan perdagangan hasil perkebunan. Dan yang lebih menggairahkan lagi, satu-satunya produsen manisan buah pala di dunia hanya negara Indonesia saja.

Jadi bisa dikatakan kita tidak punya pesaing sama sekali. Ditambah dengan harga jual produk ini cukup tinggi di pasar internasional. Pasti akan membuat kita bersemangat lagi untuk ikut berproduksi.

Cara Memproduksi Manisan Buah Pala

Sebelum membuat manisan buah pala tentu kita harus menyediakan bahannya lebih dahulu, yaitu : buah pala yang masih mentah, gula pasir, garam, bahan pengawet atau natrium bisulfit serta zat pewarna makanan.

Adapun cara membuatnya adalah :

  1. Bersihkan buah pala dengan cara dicuci dengan air hingga bersih. Setelah itu buatlah larutan air garam di dalam drum atau ember besar. Kemudian buah pala dimasukkan atau direndam dalam larutan garam tersebut dan didiamkan selama satu hingga dua malam. Tujuan dari perendaman ini adalah agar buah pala tetap bersih dan tidak terjadi perubahan warna ketika kulitnya diambil atau dikupas.
  2. Setelah dua malam direndam, kemudian buah pala diangkat dan dipindahkan pada tempat yang lain agar air larutan garam bisa menetes dan tidak menempel pada buah pala lagi.
  3. Langkah membuat manisan buah pala selanjutnya adalah mengupas kulit dan mengeluarkan bijinya. Untuk melakukan pekerjaan ini gunakan pisau yang benar-benar tajam dan kuat, agar buah palanya tidak rusak. Biar lebih menarik, buah pala bisa dibentuk seperti bunga.
  4. Setelah dibentuk maka buah pala direndam lagi ke dalam larutan pengawet selama duapuluh empat jam, lalu diangkat lagi dan dibersihkan serta dikeringkan.
  5. Buat larutan gula dengan cara yang sama ketika membuat larutan garam, kemudian masukan buah pala yang sudah kering tadi ke dalamnya dengan waktu duapuluh empat jam juga.
  6. Setelah diangkat dari larutan gula dan didiamkan selama [link:id]beberapa waktu, kemudian manisan buah pala yang sudah hampir jadi ini dimasukan ke dalam larutan pewarna.
  7. Langkah terakhir dalam proses pembuatan manisan buah pala adalah memberi taburan gula, agar rasanya bisa manis dan sedap untuk disantap.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.