Cara Membuat Penawaran Harga Barang Dan Contohnya

Cara membuat penawaran harga barang dan contohnya. Karyawan yang baru saja bekerja di sebuah perusahaan, pasti merasa kebingungan apabila atasan atau bos menyuruh membuat sebuah penawaran harga barang. Cara membuat penawaran harga barang memang dibutuhkan untuk memasarkan produk yang dihasilkan oleh perusahaan.

Bila latar belakang pendidikan sang karyawan tidak berhubungan dengan administrasi, apalagi administrasi bisnis, maka tentu menjadi masalah. Bila tidak dikerjakan, bos akan marah dan kredibilitas sebagai pegawai baru tentu dipertanyakan. Masa membuat surat begitu saja tidak bisa?!

Pada saat ini era globalisasi dan untuk mendapatkan informasi begitu mudah. Hanya dengan menggunakan sedikit upaya yaitu mengetik di komputer, terhubung dengan internet, maka informasi apapun dapat diperoleh dalam waktu singkat.

Bidang apapun informasinya ada, dan dapat membantu pengguna internet lain yang membutuhkan. Termasuk juga cara membuat penawaran harga untuk sebuah perusahaan.

Fungsi Penawaran Harga

Fungsi membuat sebuah penawaran tentu agar produk atau jasa yang dihasilkan atau dimiliki akan lebih dikenal oleh perusahaan lain, atau instansi lain. Dengan demikian, produk atau jasa tersebut akan memperoleh pembeli atau peminat yang akan memesannya.

Penawaran itu nantinya akan berisi berbagai macam hal mengenai produk, termasuk harga yang ditawarkan.

Keuntungan dari melakukan sebuah penawaran adalah, perusahaan atau instansi atau organisasi lain akan lebih mengenal perusahaan dan produk yang dihasilkan oleh perusahaan Anda. Jadi hampir sama fungsinya dengan iklan, perbedaannya sebuah surat penawaran akan lebih detail dan bersifat resmi.

Selain itu, fungsi dari sebuah penawaran adalah untuk melakukan analisa pasar tentang kemungkinan penerimaan pasar terhadap produk dari perusahaan Anda.

Dengan demikian, perkiraan berapa banyaknya produksi akan lebih tepat, berdasarkan respon dari pasar terhadap penawaran yang dilakukan.

Fungsi dari sebuah penawaran harga juga adalah untuk penentuan penetapan harga barang. Hukum penawaran adalah, bila harga penawaran naik, maka jumlah barang juga akan meningkat.

Isi Surat Penawaran Harga

Apabila perusahaan yang Anda kirim surat penawaran adalah perusahaan lokal, maka membuat surat penawarannya akan lebih mudah. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk penawaran tersebut.

Sedangkan bila perusahaan asing yang menjadi tujuan Anda membuat surat penawaran, maka gunakan bahasa Inggris yang baku untuk bidang bisnis. Jangan gunakan bahasa Inggris sehari-hari.

Poin atau hal yang harus selalu ada dalam sebuah surat penawaran adalah sebagai berikut.

  • Header atau kop surat. Bagian ini berisi nama dan juga logo perusahaan Anda, biasanya selalu ada formatnya di komputer perusahaan. Kemudian nomor surat, yang biasanya disesuaikan dengan kebiasaan yang berlaku pada perusahaan Anda.
  • Lalu, isi pada bagian hal, apakah hal yang menjadi isi atau tujuan dari surat tersebut?
  • Kemudian lampiran, ada berapa lembarkah lampiran yang Anda sertakan dalam surat penawaran tersebut?
  • Tuliskan tujuan surat, serta alamat lengkap kepada siapa surat tersebut ditujukan.
  • Kemudian, buat sebuah kata pembuka surat yang bersifat resmi, mengenai tujuan penawaran.
  • Kemudian Anda berikan detail data tentang barang atau jasa yang disediakan oleh perusahaan. Misalnya, ukuran barang, lebar, tebal, berat, bahan, volume, dan tingginya. Lalu, banyak barang, satuan, dan harga per satuan.
  • Layanan purna jual yang ditawarkan oleh perusahaan, jaminan, garansi, atau bonus lainnya.
  • Kemudian waktu pengiriman, dan berbagai hal lain yang akan diberikan.

Hal penting lainnya adalah, cara pembayaran yang dikehendaki oleh perusahaan Anda. Berapa persen uang muka, lalu berapa kali pembayaran, kemudian berapa pajak yang akan ditanggung, apakah harga ada kemungkinan berubah, sampai kapan harga berlaku, serta diskon atau potongan harga yang diberikan bila perusahaan lain membeli dalam jumlah besar.

Terakhir, tulis penutup surat yang baik, beserta harapan bahwa penawaran tersebut akan disambut baik oleh perusahaan yang dituju.

Tulis tanggal, serta nama perusahaan Anda, dan nama Anda serta jabatan yang Anda emban, misal Sales Eksekutif. Beri tanda tangan di akhir surat, untuk memberi kesan sah dan resmi.

Contoh Cara Membuat Penawaran Harga Berbahasa Indonesia

PT. Subur Jaya Selalu

Perusahaan penyedia produk rumah tangga no.1 di Indonesia

Jln Pahlawan no.1 Mojokerto

No : 90/GH/102/09

Hal: Penawaran harga

Lampiran: 2 (dua) lembar

 

Kepada Yth. CEO PT Sukses Selalu

Jalan Dago 2 No. 58

Bandung

 

Dengan hormat,

 

Perusahaan kami, PT Subur Jaya Selalu, merupakan sebuah perusahaan mandiri yang bergerak pada bidang produksi berbagai peralatan rumah tangga dengan kualitas nomor satu dengan pilihan jenis produk yang sangat bervariasi.

Dengan pengalaman lebih dari sepuluh tahun bekerja di bidang tersebut, perusahaan kami telah berhasil masuk ke hampir 50% pasar dalam negeri dan juga luar negeri. Kualitas tinggi membuat kepercayaan masyarakat telah berhasil kami raih.

Dengan surat penawaran ini, kami berminat untuk melakukan kerja sama dengan perusahaan Anda, yang juga telah kami kenal memiliki pengalaman dan nama besar dalam bidang Anda. Harapan kami, pada masa mendatang perusahaan Anda akan memakai produk kami, untuk menunjang semua kegiatan operasional perusahaan Anda.

Tentu akan ada keuntungan-keuntungan khusus yang akan kami tawarkan bagi perusahaan Anda, bila Anda melakukan penawaran dalam jangka waktu 1 bulan setelah tanggal surat ini. Juga potongan harga dan layanan puna jual menguntungkan lainnya.

Adapun rincian produk perusahaan kami, ada dalam lembar lampiran yang kami sertakan dalam surat penawaran ini sebagai bahan pertimbangan dan referensi.

Terimakasih atas perhatian Bapak/Ibu, kerja sama perusahaan Anda tentu akan sangat kami harapkan.

 

Hormat kami,

PT Subur Jaya Selalu

 

Nonita

Sales Manajer

Itu adalah surat penawaran harga yang menggunakan bahasa Indonesia. Anda dapat mengganti kata-kata yang kami berikan dengan pilihan kata lain yang lebih baik, atau lebih pantas dengan karakter perusahaan Anda. Sebab, karakter perusahaan akan memengaruhi surat penawaran yang akan dibuat.

Surat Penawaran dengan Bahasa Inggris

Bagaimana bila perusahaan yang akan Anda kirim surat penawaran adalah perusahaan asing? Tentu, bahasa yang digunakan adalah bahasa yang sesuai dengan bahasa asal perusahaan tersebut, bukan?

Namun bila Anda tak menguasai bahasanya, gunakan saja bahasa internasional, yaitu bahasa Inggris. Bahasa ini akan lebih mudah dimengerti oleh berbagai perusahaan yang ada di seluruh penjuru bumi. Walaupun memang pada beberapa kasus tidak selalu demikian. Tetapi, bahasa Inggris mudah diterjemahkan.

Anda bisa mendapatkan contoh surat penawaran di internet, atau media lain. Atau Anda dapat membuat sendiri formatnya, untuk dikembangkan kembali. Hal tersebut adalah pilihan yang harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan perusahaan. Sebab, semua perusahaan pasti berbeda dalam memberlakukan kebijakan masing-masing.

Surat penawaran harga memang berperan besar dalam pengembangan perusahaan, dan juga pengembangan karier Anda. Bila Anda berhasil membuat banyak perusahaan lain melakukan transaksi bisnis, maka itu adalah ‘lampu hijau’ bagi kenaikan jabatan, dan kenaikan bonus untuk Anda di akhir tahun. Selamat bekerja!

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.