Cara Memilih Domain Yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Memiliki sebuah web atau blog bukanlah hal yang asing sekarang ini, namun cara memilih domain yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan adalah salah satu hal yang paling penting dalam menentukan sebuah nama domain.

Nama domain dan penyedia domain murah memang menjadi buruan bagi setiap orang yang ingin memiliki blog atau website.

Redmi 5 plus Vince emmc replace fil...
Redmi 5 plus Vince emmc replace file ( ada 4 cara) First in the World

Sebelum melangkah ke cara memilih domain yang tepat, alangkah baiknya kita pahami dulu apa itu domain?

Apa Itu Domain?

cara mencari nama dan memilih domain

Domain adalah sebuah nama khusus bagi sebuah blog atau web yang biasanya berakhiran dengan sebuah ektensi seperti .com, .net, .id, go.id, dan yang lainnya.

Apabila di contohkan dengan sebuah rumah, domain merupakan alamat suatu rumah dan terdiri dengan segala isi rumah tersebut.

Rumah tersebut mau difungsikan seperti apa? Apakah layaknya rumah biasa, atau mau dijadikan sebagai tempat usaha, bisnis atau yang lainnya.

Begitupun dalam memilih domain, sebaiknya tentukan dulu arah yang akan dilakukan kedepan. Baiknya memilih domain harus tepat dengan apa yang akan kerjakan kedepannya.

Cara Memilih Domain Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

memilih domain

Seperti yang sudah diulas diatas, pemilihan nama domain sangatlah penting. Misalnya untuk pribadi, online shop, perusahaan, organisasi, pemerintahan, sekolah, universitas dan yang lainnya.

Berikut beberapa cara untuk memilih domain yang tepat.

Memilih Domain Untuk Personal

Pada saat ini, sudah banyak yang menggunakan nama pribadi sebagai nama domain. Salah satunya, biasanya untuk menonjolkan kelebihan yang dia miliki atau hanya sebatas ingin menuangkan ide tulisan ke dalam blog pribadinya.

Seperti contohnya yaitu blog ini sendiri, mangaip.com dibuat dari nama saya sendiri yaitu Aip Saripudin.

Saya bertujuan membuat blog personal, hanya sebatas ingin menuangkan ide menulis saya ke dalam sebuah blog.

Walaupun diluar sana, banyak nama domain personal, yang memang digunakan untuk usaha atau mencari uang di internet. Salah satunya menjadi freelancer. Seorang freelancer biasanya, harus mempunyai portofolio yang menarik dalam sebuah blog atau web. Contoh portofolio saya bisa dilihat di https://about.mangaip.com.

Memilih Nama Domain Untuk Perusahaan

Nama domain bagi perusahaan tentu sangatlah penting, karena untuk mengenalkan atau memasarkan sebuah produk dari perusahaan tersebut.

Tentu nama domain perusahaan biasanya akan sama dengan nama asli dari perusahaan tersebut. Bahkan tidak jarang perusahaan membeli domain dengan nama produk yang dikeluarkan oleh perushaan tersebut.

Contohnya, PT Telkom Indonesia dengan domain telkom.co.id, kemudian memiliki produk indihome dengan domain indihome.co.id dan tergabung ke dalam telkom group

Memilih Nama Domain Untuk Penyedia Jasa

Mungkin ketika mencari suatu jasa di internet banyak sekali muncul nama domain dengan berawalan “jasa” misalnya jasa sewa mobil, jasa seo, jasa menulis, jasa cuci kendaraan, jasa cuci pakaian dan yang lainnya.

Karena nama domain bagi sebuah jasa pun sangatlah penting untuk menjual produknya secara online.

Memilih Nama domain Untuk Online Shop

Banyak yang menggunakan nama “toko” atau “shop” sebagai bagian dari nama domainnya. Nama domain bagi yang menggeluti dunia bisnis online shop sangat lah penting, terutama untuk meningkatkan sebuah brand atau produk yang dijualnya.

Sudah banyak marketplace yang memberikan nama domainnya dengan nama toko atau pun shop. Contoh tokopedia, shopee, dan bukalapak yang membawa nama “lapak” pada nama domainnya.

Selain itu, banyak juga yang menggunakan nama produknya secara langsung sebagai nama domainnya. Misalnya dengan nama “madu” akan banyak bertebaran nama domain yang mengandung kata “madu” ketika di cari di internet.

Memilih Domain .com, .net, .id, atau Yang Mana?

Setelah mengetahui tujuan dari pemilihan domain yang tepat, maka langkah yang harus kita tentukan selanjutnya yaitu memilih ektensi dari domain tersebut. Apakah mau berakhiran .com, net, .id, .co.id, .my.id dll.

Domain dengan akhiran .com dan .net biasanya ektensi yang paling banyak diminati oleh para pencari domain, karena sifatnya memang universal. Tidak seperti domain yang berakhiran .id, .my.id, .co.id, .go.id dan ektensi id lainnya yang bersifat lokal atau buatan Indonesia.

Akan tetapi banyak juga yang menggunakan domain “id” karena sebagai bentuk cinta terhadap produk lokal.

Bagi Personal

Untuk web atau blog personal disarankan untuk memilih domain yang berakhiran .com, .net atau .me. Tetapi, kembali lagi, tujuannya kedepannya mau seperti apa? Kalau hanya sebatas untuk menampilkan portofolio, ektensi domain yang telah disebutkan sudah cukup.

Bagi Perusahaan

Biasanya, untuk sebuah perusahaan akan memilih domain yang berakhiran .com, .net, .co.id dan .id. Karena memang domain yang berektensi tersebut adalah domain yang paling sering digunakan oleh perusahaan.

Bagi Sekolah Dan Pemerintah

Biasanya untuk web atau situs Pemerintah sudah diatur oleh Pemerintah itu sendiri, dan rata-rata memakai nama domain yang berektensi, .go.id, dan .gov.

Sedangkan untuk sekolah, biasanya menggunakan nama domain .sch atau .edu.

Memilih Harga Domain

Setelah mendapatkan nama domain yang ingin didapatkan, tentu hal selanjutnya yang harus dilakukan yaitu memilih penyedia domain dengan harga yang terjangkau tentunya. Banyak para penyedia domain murah, salah satunya Niagahoster.

Niagahoster memberikan harga domain murah bagi siapa saja yang ingin mempunyai blog atau website. Bahkan tidak tanggung-tanggung, Niagahoster memberikan bantuan kepada para pelanggannya dalam membangun sebuah website.

Apabila sudah memiliki blog gratisan seperti blogspot, Niagahoster mempunyai fitur untuk setting blogspot ke domain yang sudah dibeli.

Begitupun bagi yang memiliki blog atau website yang berbasis wordpress. Niagahoster bisa membantu dengan fitur wordpress hosting yang tersedia di layanan Niagahoster.

Dengan domain murah, tidak perlu repot lagi untuk membuat blog baru. Tinggal mengikuti tutorial yang sudah disediakan, blog pun sudah jadi dengan begitu mudah.

Mau memiliki domain murah atau hosting murah, silahkan kunjungi halaman: Niagahoster, gunakan kode kupon Mangaip untuk mendapatkan potongan 5%

Kesimpulan

Memilih nama domain yang tepat dengan harga domain murah adalah salah satu kunci yang penting, apabila adan ingin memiliki blog atau website. Tentukan tujuannya, tentukan namanya, dan belilah domain dengan harga yang cukup murah.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.