Cara Memilih Peralatan Gambar Yang Tepat

Aktivitas menggambar akan terasa lebih menyenangkan dengan menggunakan peralatan gambar yang tepat. Selain prosesnya mudah, menggambar juga lebih memuaskan hasilnya. Anda mungkin akan merasa bingung harus memilih alat yang mana, mengingat saat ini begitu banyak bentuk dan merek perlengkapan menggambar yang tersedia di pasaran.

Sebenarnya, anda tidak perlu bingung jika anda sudah mengetahui apa yang anda butuhkan. Pada dasarnya, dalam menggambar anda hanya memerlukan media gambar tempat di mana gambar akan dibuat, dan alat gambar sebagai alat untuk membuat gambar tersebut. Misalnya saja kertas dan pensil.

Jika anda masih dibingungkan dengan pilihan kertas dan pensil yang begitu beragam di pasaran, sebaiknya anda kenali dulu karakter setiap alat tersebut. Setiap jenis alat memang memiliki varian yang beragam dengan peruntukannya masing-masing. Berikut akan kita bahas satu per satu peralatan gambar yang biasa digunakan.

1. Memilih Pensil

Cara Memilih Peralatan Gambar Yang Tepat -2

Pensil adalah peralatan dasar dan wajib bagi para penggambar. Barang ini bukanlah barang yang asing, bahkan bagi balita sekalipun. Namun pertanyaannya adalah pensil yang bagaimanakah yang baik untuk menggambar. Jawabannya tentu saja bukanlah pensil dengan bentuk sangat lucu, gambar yang sangat menarik, atau warna yang sangat mencolok. Jawabannya tergantung dari jenis gambar seperti apa yang akan dibuat.

Kita mengenal pensil dalam dua bentuk, yaitu pensil batang dan pensil mekanik. Pensil batang umumnya dibuat dari kayu agar mudah diserut. Jika memilih pensil ini, pastikan anda memiliki rautannya. Pensil batang memiliki varian tingkat grafit yang lebih lengkap. Tingkat grafit adalah tingkat kepekatan warna yang dihasilkan si pensil, mulai dari abu-abu terang sampai hitam pekat. Variasi grafit ini berguna ketika menggambar bayangan atau mengarsir.

Pada setiap pensil terdapat keterangan tingkat grafit berupa kode. Berikut ini adalah kode grafit yang diurutkan mulai dari yang paling terang hingga yang paling pekat; yaitu 9H, 8H, 7H, 6H, 5H, 4H, 3H, 2H, H, F, HB, B, 2B, 3B, 4B, 5B, 6B, 7B, 8B dan 9B. Pensil dengan tingkat grafit tinggi biasanya cenderung lunak. Makin tinggi tingkat grafitnya, maka makin lunak sifatnya. Jika digoreskan dengan lembut di atas kertas maka akan menghasilkan goresan berwarna pekat.

Begitu pula sebaliknya. Pensil dengan tingkat grafit lebih rendah cenderung lebih keras. Semakin rendah tingkat grafitnya, semakin keras sifatnya dan cenderung merusak serat kertas. Jadi, sebaiknya hindari menggunakan pensil dengan tingkat grafit sangat rendah.

Pensil jenis mekanik menggunakan sistem pegas dalam pengoperasiannya. Badan pensil ada yang terbuat dari plastik dan besi ringan. Pensil jenis ini banyak disukai karena bisa diisi ulang. Jadi, anda hanya perlu membeli isinya saja ketika kehabisan.

Pensil mekanik juga tidak perlu diraut, kita cukup memijit tuas di ujung atasnya, maka isi pensil pun keluar. Sangat praktis memang, tapi sayangnya pensil mekanik tidak bisa diatur ketebalannya sesuai keinginan kita. Bila ingin hasil garis dengan ketebalan yang berbeda, berarti anda harus menyediakan jenis pensil ini dengan ukuran yang berbeda.

Pensil mekanik yang biasa kita jumpai berukuran 0,5 milimeter. Ukuran ini lazim digunakan untuk menulis. Sementara untuk menggambar, pensil mekanik cocok untuk area kecil atau detil kecil. Untuk keperluan lebih spesifik seperti menggambar, tersedia ukuran 0,2 mm, 0,7 mm, serta 1 mm.

Sayangnya, pensil mekanik berbagai ukuran ini tidak mudah kita jumpai pasaran. Hanya toko-toko tertentu yang menjualnya, misalnya toko peralatan gambar teknik. Faktor grafit atau kepekatan warna juga menjadi kendala yang kita temui saat memilih pensil jenis ini. Kebanyakan toko hanya menyediakan tingkat grafit 2B dan HB.

2. Memilih Kertas

Cara Memilih Peralatan Gambar Yang Tepat -3

Selanjutnya adalah media gambar. Media gambar yang umum digunakan adalah kertas. Tidak ada ketentuan khusus memang mengenai kertas gambar ini. Tapi, untuk hasil gambar yang lebih memuaskan tidak ada salahnya kita mulai memilah jenis kertas yang lebih cocok sebagai media gambar. Untuk latihan menggambar, anda bisa memilih buku gambar biasa yang memiliki tekstur kertas halus.

Sebaiknya tidak menggunakan kertas HVS karena seratnya tipis dan daya serapnya rendah. Cobalah untuk melakukan eksperimen sederhana. Buatlah shading di atas kertas HVS dan di kertas gambar, maka anda akan mendapatkan hasil shading yang berbeda. Kertas HVS cenderung meninggalkan bekas jika dihapus serta mudah sobek.

Shading sebenarnya lebih nyaman bila dilakukan di atas sketch drawing pad yang memiliki serat kertas yang sangat halus sehingga dapat memunculkan shading lebih sempurna. Namun harganya yang relatif mahal tidak dianjurkan untuk pemula jika hanya untuk berlatih shading. Alternatif lain adalah sketchbook, walaupun kualitasnya tidak sebagus sketch drawing pad, harganya relatif lebih terjangkau.

Dalam memilih kertas, anda juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Pada setiap kemasan buku atau kertas, ada keterangan yang tertera mengenai kualifikasinya, apakah diperuntukkan dengan penggunaan pensil, krayon, atau cat air. Sementara mengenai ukuran kertas, lagi-lagi itu tergantung kebutuhan atau selera anda. Ukuran A3 cocok untuk anda yang menyenangi bidang gambar yang luas.

Ukuran A4 atau A5 pun bisa dipilih jika memang anda nyaman menggunakannya. Bidang gambar yang kecil tentu saja tidak bisa memuat gambar yang ingin menonjolkan detail kecil. Jika anda ingin memperkuat gambar dengan detil-detil yang menonjol, sebaiknya gunakan ukuran A3 agar lebih leluasa.

3. Memilih Peralatan Gambar Pendukung Lainnya

Cara Memilih Peralatan Gambar Yang Tepat -4

Peralatan gambar yang tak kalah penting adalah penghapus. Penghapus pensil yang fungsinya tentu saja untuk menghapus kesalahan oleh pensil. Beragam jenis penghapus tersedia banyak di pasaran. Penampilan penghapus yang menarik belum tentu mencerminkan kualitas menghapus yang baik. Anda harus jeli memilih penghapus ini, jangan sampai salah memilih karena tidak bisa membedakan fungsinya.

Ada penghapus pensil, penghapus pulpen, serta penghapus arang. Penghapus pensil memiliki tekstur yang lunak dan elastis. Namun, tidak semua penghapus dengan ciri tersebut bisa diandalkan untuk menghapus dengan baik. Sebaiknya hindari bentuk dan warna yang mencolok.

Walaupun tampak lucu, penghapus yang mengandalkan penampilan fisik ini tidak bisa menghapus dengan sempurna dan cenderung meninggalkan noda hitam pada kertas. Penghapus berkualitas baik umumnya berbentuk sangat sederhana, hanya berbentuk balok. Pada toko-toko tertentu, tersedia pula penghapus pensil berkualitas baik dengan bentuk pensil.

Alat berikutnya adalah rautan pensil. Pensil batang tidak bisa lepas dari ketergantungan pada alat ini. Pilihlah rautan dengan mata pisau yang tajam untuk memudahkan proses menyerut. Jangan meraut terlalu tajam pensil dengan tingkat grafit tinggi karena sifatnya yang lunak akan membuatnya mudah patah.

Dalam menggambar, penggaris memang sangat jarang digunakan. Namun keberadaannya tetap diperlukan ketika akan membuat garis simetris atau objek-objek yang memiliki perspektif tertentu. Anda akan dihadapkan pada pilihan penggaris berbahan plastik dan besi. Sebaiknya anda memilih yang berbahan besi ringan seperti stainless steel. Penggaris berbahan plastik cenderung mudah patah, permukaan pinggirannya mudah bergerigi, serta sablon angka-angkanya mudah pudar.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibu Guru Pasti Meleleh, Ini Puisi Hari Guru Nasional Berbagai Macam Peralatan Kantor Serta Fungsinya