Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami

Bagaimana cara alami mengatasi rambut rontok berlebihan? Rambut adalah mahkota bagi perempuan. Jadi rambut benar-benar harus dirawat sebaik-sebaiknya dengan perawatan yang cukup. Tidak hanya menggunakan sampo, ada banyak cara agar rambut menjadi sehat. Namun, bagaimana apabila rambut menjadi rontok? Bagaimana cara alami mengatasi rambut rontok berlebih?

Inilah masalah yang terjadi pada siapa saja, tetapi seringnya dialami oleh perempuan. Hal ini dikarenakan oleh beberapa hal, yaitu faktor keturunan atau karena usia. Hal lainnya yang sering dianggap sebagai penyebabnya adalah munculnya stres, kekebalan tubuh yang sedang melemah atau rambut yang sering dibonding atau diwarnai atau juga nutrisi yang kurang.

Ketika rambut sudah terlanjur rontok, sebelum mengatasi masalah tersebut, pahami terlebih dahulu jenis rambut apa yang dimiliki untuk menemukan cara alami mengatasi rontok dan bahan yang tepat hingga rambut rontok pun akan berkurang hingga masalahnya hilang. Banyak terdapat bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Terkadang, kita mencari solusi yang sulit padahal bahan-bahan alami ini mudah ditemukan dan praktis tanpa perlu mengeluarkan biaya yang tinggi dan juga tanpa efek samping.

Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan

Berikut adalah bahan-bahan alami yang menjadi cara alami mengatasi rontok.

Pakai Lidah Buaya

Siapa yang tidak mengenal lidah buaya? Salah satu tumbuhan dengan bahasa Latin aloevera ini sudah dikenal untuk perawatan rambut. Tidak hanya untuk perawatan rambut, aloevera juga menjadi minuman yang sehat bagi tubuh. Lidah buaya dapat dibeli di pasar atau ditemukan di halaman rumah.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami - Pakai Lidah Buaya

Tumbuhan lidah buaya ini apabila digunakan untuk mengatasi rambut rontok harus dibersihkan terlebih dahulu. Setelah itu dibuka dan diambil lendir di dalam lidah buaya tersebut. Lendir ini digunakan pada bagian rambut dengan cara diolesi. Setelah itu, tunggu selama 30 menit sebelum rambut dibersihkan. Perawatan ini sebaiknya dilakukan secara teratur agar mendapat hasil yang maksimal.

Pakai Daun Pandan

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami - Pakai Daun Pandan

Selain dipakai untuk membuat kolak agar wangi, daun pandan dapat digunakan untuk kerontokan pada rambut dengan mencuci potongan daun pandan yang dicampur air, lalu kemudian direbus dan airnya digunakan untuk mencuci rambut.

Pakai Kemiri

Kemiri yang digunakan untuk mengatasi rambut rontok ini harus dihaluskan terlebih dahulu. Beberapa butir kemiri disangrai sampai mengeluarkan minyak.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami - Pakai Kemiri

Minyak yang dihasilkan dari proses tersebut dioleskan pada kulit kepala dan pijat secara perlahan agar minyak kemiri dapat meresap hingga ke pori-pori. Perawatan menggunakan minyak kemiri dapat memperkuat rambut sehingga rambut rontok akan berkurang.

Pakai Kelapa

Selain kemiri, minyak dari kelapa pun dapat menjadi cara alami mengatasi rontok. Antioksidan terdapat dalam minyak kelapa. Kandungan ini bermanfaat untuk menyembuhkan kutikula yang rusak dan untuk jenis rambut yang kering, minyak ini dapat melembutkan rambut.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami - Pakai Minyak Kelapa

Minyak kelapa yang sudah dibuat dioleskan pada rambut atau bisa dengan cara disisir menggunakan minyak tersebut. Pastikan akar hingga ujung rambut terkena minyak ini. Kemudian, agar minyak dapat meresap, tunggu selama 30 menit dengan rambut menggunakan handuk untuk ditutup. Setelah itu, rambut dibersihkan dengan air dan menggunakan sampo.

Pakai Yoghurt

Tidak hanya bisa dikonsumsi untuk dimakan sebagai solusi masalah pencernaan, makanan asam yang terbuat dari susu ini juga bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami - Pakai Yoghurt

Cara melakukannya sama seperti minyak kelapa yang menjadi masker untuk rambut. Tapi, ketika habis menggunakannya, pastikan yoghurt tersebut tidak dimakan.

Pakai Alpukat

Sama seperti yoghurt, buah alpukat ini selain enak diminum dalam bentuk jus, juga dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami - Pakai Alpukat

Alpukat yang telah dibuka dan diambil daging buahnya, dihaluskan untuk dioleskan pada rambut dan tunggu selama kurang lebih setengah jam, lalu dibersihkan dengan air bersih dan keramas seperti biasa.

Pakai Cuka Apel

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami - Pakai Cuka Apel

Cuka ternyata juga bisa mengatasi rambut yang rontok. Cuka dapat digunakan ketika keramas dengan dicampur terlebih dahulu dengan air dengan perbandingan 2:1. Cuka ini membersihkan kotoran yang ada pada rambut.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Pakai Bawang Merah

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami - Pakai Bawang Merah

Ternyata mengonsumsi bawang merah dapat menjadi solusi rambut rontok dengan mengonsumsi langsung atau dioleskan pada rambut. Tapi, jika tidak ingin memakannya secara langsung, perasan dari bawang merah dioleskan pada rambut dan didiamkan sebelum dibilas dengan air bersih.

Pakai Telur

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami - Pakai Telur

Protein yang tinggi dalam telur ini selain bisa dimasak menjadi omelet sudah sering digunakan untuk perawatan rambut. Kocokan telur dapat menjadi masker rambut dengan penggunaan sama seperti minyak kelapa atau alpukat.

Pakai Seledri

Seledri yang sering digunakan untuk sop atau campuran bahan makanan lainnya juga dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami - Pakai Seledri

Batang seledri yang sudah halus dijadikan sampo untuk keramas. Agar seledri ini meresap, pijat kulit kepala lalu tutup rambut selama beberapa menit yang kemudian dibersihkan.

Pakai Teh Hijau

Ketika mendengar green tea atau teh hijau, maka yang akan langsung dibayangkan adalah teh hijau dingin yang siap untuk diminum. Namun, teh ini ternyata dapat juga digunakan untuk rambut rontok. Setiap jenis teh memiliki manfaat yang berbeda.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami - Pakai Teh Hijau

Cara untuk menggunakan teh sebagai solusi adalah seduhan teh yang disimpan selama semalam dioleskan pada rambut. Setelah dioleskan dan dibersihkan, lalu dilanjutkan keramas seperti biasa.

Pakai Semangka

Semangka adalah buah yang segar ketika dikonsumsi pada waktu udara panas. Banyaknya kandungan air pada semangka ini bisa menghilangkan dahaga dan juga mengatasi rambut rontok.

ara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami - Pakai Semangka

Bagian putih dari semangka digosokkan pada kulit kepala seperti lidah buaya. Selanjutnya, tunggu hingga meresap dan bilas hingga bersih.

Pakai Asam

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami - Pakai Asam

Buah asam untuk mengatasi rambut rontok yaitu dengan cara daging buah asam dicampurkan dengan air yang bersih lalu disaring untuk mendapatkan airnya seperti mengambil santan kelapa. Kemudian, oleskan pada rambut lalu didiamkan dan bilas hingga bersih.

Pakai Mengkudu

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami - Pakai Buah Mengkudu

Mengkudu selain digunakan untuk mengobati penyakit darah tinggi, buah ini juga bisa mengatasi kerontokan. Buah mengkudu yang matang dihancurkan dan dioleskan pada rambut setelah keramas. Kuning telur bebek menjadi campuran buah mengkudu ini agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

Nutrisi Untuk Rambut Rontok

Setelah rambut rontok diatasi dengan menggunakan bahan-bahan alami, rambut harus dirawat agar kerontokan tidak terulang lagi. Kurang gizi yang menjadi salah satu penyebab rambut rontok harus diatasi dengan memerhatikan asupan makanan apakah makan yang dikonsumsi mengandung cukup nutrisi atau tidak.

Kulit kepala juga harus diberikan nutrisi. Rambut juga harus diperlakukan dengan baik. Apabila tidak, akan muncul kerontokan kembali pada rambut. Rambut yang sering diwarnai, diluruskan atau bahkan disambung bisa memunculkan kerontokan seperti yang telah dibahas sebelumnya.

Munculnya stres juga mengakibatkan kerontokan rambut. Oleh karena itu, pikiran seharusnya seimbang. Hal ini dapat diatasi dengan cara yoga atau meditasi atau juga dengan sering melakukan relaksasi. Pikiran tenang, rambut rontok pun hilang. Jadi, Kulit kepala harus selalu dirawat walaupun tidak ada masalah.

Bahan-bahan alami yang digunakan untuk mengatasi rambut rontok akan lebih maksimal apabila penggunaanya secara teratur. Lihat di sekeliling kita, mungkin tanpa disadari banyak sekali terdapat bahan alami untuk mengatasi kerontokan rambut. Jadi, Selamat mencoba menggunakan cara alami mengatasi rambut rontok!

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.