Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Cara Perawatan Tubuh Yang Seimbang, Fisik Dan Nonfisik

Cara Perawatan Tubuh Yang Seimbang, Fisik Dan Nonfisik

Produk perawatan tubuh banyak ditawarkan di mana-mana. Setiap saat selalu ada produk baru tentang perwatan tubuh, khususnya untuk para wanita. Jasa perawatan tubuh juga menjadi bisnis yang menjamur dan selalu ramai dikunjungi orang. Soal tubuh agaknya memang banyak menyedot perhatian kita. Baik soal kesehatan tubuh, pencegahan penyakit, hingga pengobatan untuk tubuh yang sakit.

Oleh sebab itu, perawatan tubuh menempati posisi prioritas bagi kehidupan kita. Padahal sejatinya, manusia bukan hanya tubuh. Tetapi kenyataannya tubuh adalah bagian dari manusia yang paling nyata dibandingkan dengan pikiran dan jiwa.

Maka tidak heran jika tubuh manusia kadang dianggap sebagai keberadaannya yang sebenarnya. Sekalipun sudah sering kita dengarkan melalui pengajian, bahwa manusia akan mati meninggalkan tubuhnya.

Pijat tradisional untuk merawat tubuh

Sebenarnya ada sesuatu yang menarik, mengapa banyak orang seolah memuja tubuhnya. Apakah itu hanya karena kita memahami bahwa tubuh adalah keberadaan kita di dunia? Ternyata informasi yang tersembunyi di balik itu semua.

Dalam kesempatan membahas perawatan tubuh kali ini, kita akan memahami sisi lain dari keberadaan tubuh, apa keistimewaan tubuh dalam mengatur kehidupan kita di dunia. Sekaligus bagaimana cara perawatan tubuh yang baik dan bebas biaya.

Setidaknya kajian ini akan memberi kita sudut pandang yang lain tentang keberadaan tubuh kita. Penting untuk diketahui, agar kita tidak terjebak pada fungsi tubuh yang dangkal. Apalagi sebagian dari kita malah diperbudak oleh tubuhnya, sehingga selalu merasa repot dan selalu merasa tidak puas dengan keadaan tubuhnya.

Apa Artinya Tubuh Bagi Manusia?

Apa Artinya Tubuh Bagi Manusia?

Agar kita menghargai tubuh kita dengan penghargaan yang sebenarnya, diperlukan pemahaman ini. Hal ini dimaksudkan agar kita lebih memperhatikan perawatan tubuh untuk memaksimalkan fungsi tubuh yang di karuniakan Allah kepada kita.

Sebagian besar dari kita hanya mengenal fungsi tubuh sebagai fisik yang memiliki kekuatan untuk kepentingan hidup secara fisik semata. Selebihnya menganggap tubuh adalah bentuk diri yang harus tampil menarik sehingga dapat dibanggakan.

Tidak kita pungkiri bahwa tubuh adalah alat kita untuk melakukan segala aktifitas hidup di dunia. Sebagai alat untuk berinteraksi dengan benda-benda. Dengan begitu, perawatan tubuh diperlukan supaya sehat, agar dapat memenuhi tuntutan hidup untuk bekerja dan beraktifitas.

Orang yang sehat dan kuat secara fisik memiliki peluang lebih besar untuk meraih apa yang diinginkan. Hal ini jika dibandingkan dengan mereka yang kurang sehat dan tidak memiliki kekuatan fisik yang baik. Padahal selain dari pada itu, tubuh juga fungsi lain yang bersifat nonfisik.

Merawat tubuh secara seimbang, fisik dan nonfisik

Perawatan tubuh menjadi sangat penting lebih dari sekedar membuatnya cantik, gagah, sehat dan kuat saja. Dengan perawatan tubuh diharapkan fungsi nonfisik tubuh juga menjadi prima. Mungkin Anda sudah mulai penasaran dengan istilah fungsi nonfisik tubuh. Baiklah, mari kita cermati hal-hal biasa yang sering kita alami, tetapi kurang kita perhatikan, sehingga keberdayaannya juga kurang dimaksimalkan. Coba kita retas satu per satu , berikut ini.

Tubuh Nonfisik

Tubuh kita bukan hanya sebagai alat fisik semata. Tubuh kita tidak terpisahkan dari bagian lain yang nonfisik dari wujud keseluran manusia secara utuh. Tubuh kita terhubung langsung dengan pikiran kita dan jiwa kita secara terkait. Perawatan tubuh menjadi penting karena di dalam tubuh yag sehat terdapat jiwa yang sehat pula.

Psikosomatis

Kita sering mendengar istilah psikosomatis, yaitu penyakit fisik yang diakibatkan oleh kondisi pikiran. Demikian juga kita sering mendengar bahwa untuk memudahkan penyembuhan fisik kita yang sakit diperlukan dukungan mental, utamanya keyakinan dan pikiran positif. Hal ini jelas sekali bahwa antara tubuh, pikiran dan jiwa terkait sangat erat, bahkan tak terpisahkan.

Tubuh dan Pikiran

Nyatanya, bila hati kita sakit, atau pikiran kita stres, akan berpengaruh dan berdampak pada tubuh. Tubuh kita menjadi sakit. Pikiran yang tidak nyaman, menyebabkan gangguan pada bagian tubuh kita. Demikian jika kita dalam keadaan senang dan gembira tubuhpun bereaksi dengan kegembiraan yang sedang kita rasakan. Misalnya, meningkatnya daya imun, makin lancarnya peredaran darah, dan lain sebagainya.

Tubuh Berbicara

Sebenarnya tubuhpun dapat berbicara kepada kita, untuk memberitahukan hal-hal baik yang mendukung kebahagiaan kita. Tubuh dapat memberi sinyal tentang adanya bahaya yang akan datang, juga dapat memberi tahu kita.

Bahwa semuanya sedang aman dan baik-baik saja meskipun pikiran kita sedang merisaukan sesuatu. Itu namanya firasat tubuh. Dalam budaya kita, nenek moyang kita pun telah membukukan catatan peristiwa yang akan terjadi berdasarkan informasi tubuh.

Sinyal Tubuh

Seperti halnya “kedutan” di bagian tubuh tertentu yang menjadi tanda akan adanya kejadian tertentu yang akan kita alami. Tiba-tiba jantung berdebar tanpa kita tahu apa sebabnya, juga bagian dari sinyal tubuh, yang sejatinya sedang berbicara kepada kita akan sesuatu. Hal-hal semacam ini, memang belum menjadi perhatian serius sebagai fungsi tubuh. Malah kerap hanya dianggap sebagai mitos.

Pikiran tubuh

Sinyal-sinyal tubuh yang lain yang lebih tidak kentara, juga lebih tidak terperhatikan lagi. Padahal setiap kita pasti mengalaminya setiap hari. Gerakan-gerakan tubuh yang bersifat spontan, sering kali menjadi suatu kebetulan-kebetulan yang menguntungkan kita di luar dugaan pikiran kita. Oleh sebab itu dikatakan bahwa, tubuh kita juga berpikir. Apa yang disebut sebagai pikiran tubuh.

Mungkin dari ulasan sederhana itu kita sudah bisa menyimpulkan bahwa, tubuh selain memiliki fungsi secara fisik, juga memiliki fungsi nonfisik. Selanjutnya, mari kita mencari tahu bagaimana cara perawatan tubuh yang baik supaya tubuh dapat berfungsi secara fisik maupun nonfisik. Sehat, bugar, dan terhindar dari penyakit, sehingga kehidupan berjalan dengan baik.

Perawatan Tubuh secara Seimbang untuk Memaksimalkan Fungsi Tubuh secara Fisik dan Nonfisik

Perawatan Tubuh secara Seimbang untuk Memaksimalkan Fungsi Tubuh secara Fisik dan Nonfisik

Makanan Sehat bagi Tubuh

Berikan kepada tubuh makanan yang sehat, karena perawatan tubuh yang baik, apabila tidak didukung makanan yang sehat, akan bertolak belakang. Makanan yang sehat adalah makanan yang diperlukan oleh tubuh kita. Dan karena pertalian erat antara tubuh, pikiran dan jiwa, maka katagori makanan sehat juga termasuk makanan yang halal, dan dari hasil yang baik.

Gunakan Tubuh Semaksimal Mungkin

Artinya kita harus menggunakan tubuh kita untuk beraktifitas secara maksimal. Bagian tubuh yang yang jarang digunakan akan melemah, anehnya begitu. Tubuh kita ini, semakin digunakan akan semakin baik. Banyak aktifitas akan menjadikan tubuh sehat.

Kurang aktifitas akan menimbulkan banyak penyakit karena kehendak jiwa kita secara fitrah selaras dengan tujuan Allah yang menciptakan. Bukankah tidak ada ciptaan Allah yang sia-sia? Terlebih tubuh manusia yang angat ajaib ini.

Banyak Aktivitas bukan Kebanyakan Aktivitas

Banyak aktifitas bukan berarti kebanyakan aktifitas. Kalau kebanyakan aktifitas malah tidak sehat. Tubuh memerlukan istirahat untuk memberikan keseimbangan pada pikiran dan jiwa. Berikan istirahat yang cukup untuk tubuh kita. Inilah cara perawatan tubuh yang tidak memakan biaya.

Bacalah Sinyal Tubuh dengan Baik

Turuti apa yang dikatakan oleh kita, misalnya ketika tubuh sudah merasa capek karena bekerja terlalu lama. Biasanya tubuh memberikan sinyal atau tanda-tanda yang tidak nyaman. Jangan dipaksakan untuk terus beraktifitas.

Termasuk ketika tubuh Anda merasa berat untuk mengikuti rencana pikiran Anda, pertimbangkan sinyal yang dibawakan oleh tubuh, boleh jadi rencana itu akan membayakan Anda.

Asah Kepekaan Sinyal Tubuh

Agar dapat mengasah kepekaan terhadap sinyal tubuh, luangkan waktu yang cukup, sedikitnya satu jam setiap hari untuk membebaskan tubuh dari belenggu pikiran. Caranya dengan melakukan relaksasi, meditasi, atau berdzikir dan sholat.

Pada kegiatan tersebut, pikiran menjadi sepi, sehingga tubuh merasa dimanja. Rasakan sensasi tubuh Anda pada saat Anda melakukan kegiatan tersebut, tubuh akan tenang dan nyaman. Bahkan teras dikulit kita menjadi lembut dan halus.

Demikian perawatan tubuh untuk benar- benar  menghargai tubuh sebagai pemberian Allah yang sangat besar manfaatnya. Hal ini dimaksudkan untuk kelangsungan dan kesejahteraan hidup kita di dunia. Semoga keterangan singkat ini, membawakan manfaat, dan memberi masukan yang berharga buat kita semua.

Share:

Mangaip

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibu Guru Pasti Meleleh, Ini Puisi Hari Guru Nasional Berbagai Macam Peralatan Kantor Serta Fungsinya