Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Contoh Pembuatan Bab Pendahuluan Makalah Kesehatan

Contoh Pembuatan Bab Pendahuluan Makalah Kesehatan

Pendahuluan makalah kesehatan berada pada bab 1 dari sebuah makalah yang membahas tentang masalah kesehatan. Makalah adalah salah satu bentuk dari karya ilmiah yang dibuat sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Makalah ini biasanya akan mengangkat satu judul tertentu. Judul inilah yang akan dibahas secara lebih terperinci.

Pendahuluan Pada Makalah

Contoh Pembuatan Bab Pendahuluan Makalah Kesehatan -3

Sebuah makalah biasanya tersusun dari beberapa bab. Umumnya terdiri dari tiga bab. Bab-bab tersebut, yaitu bab 1 sebagai bab pendahuluan yang terdiri dari 3 sub bab, yaitu latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penulisan.

Pada bab 2 yang merupakan isi dari makalah tersebut berisi pembahasan secara lebih rinci atas judul makalah yang diangkat. Sedangkan pada bab 3 yang juga merupakan bab penutup berisi 2 hal, yaitu kesimpulan dan saran.

Dalam kesempatan ini yang akan dibahas ialah bab 1 atau bab pendahuluan. Sebagaimana telah disebutkan bahwa bab ini terbagi lagi menjadi 3 sub bab. Pembagian ini bertujuan untuk mengklasifikasi secara lebih rinci hal-hal yang akan dibahas pada makalah yang tengah dibuat.

Dimulai dari sub bab pertama, yaitu latar belakang. Secara sederhana latar belakang bisa dikatakan sebagai penggambaran awal pembahasan pada makalah yang dibuat. Latar belakang biasanya juga menampilkan sebagian besar inti permasalahan dalam makalah yang tengah dibuat tersebut.

Adapun rumusan masalah ialah sub-bab yang menampilkan permasalahan apa saja yang akan diangkat pada makalah yang dibuat. Rumusan masalah ini biasanya dibuat dalam bentuk beberapa buah pertanyaan. Salah satu contoh pertanyaan ialah bagaimana tingkat kepedulian masyarakat pada kebersihan lingkungan?

Sedangkan tujuan penulisan ialah sub bab yang mengemukakan untuk apa makalah ini dibuat. Biasanya tujuan penulisan berkaitan erat dengan rumusan masalah sebelumnya.

Bedanya, bila di rumusan masalah bentuknya berupa beberapa buah pertanyaan, maka di bagian tujuan penulisan ini bentuknya merupakan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Salah satu contoh, yakni menjawab pertanyaan yang ada di bagian rumusan masalah ialah mendeskripsikan tingkat kepedulian masyarakat pada kebersihan lingkungan.

Dari pemaparan di atas, kalau boleh diibaratkan bahwa makalah itu sebagai sebuah rumah, maka bab pendahuluan atau bab 1 diibaratkan sebagai pintu masuk ke rumah tersebut (makalah). Sebab pada bab 1 inilah orang bisa mengetahui secara sepintas apa yang akan dibahas pada makalah tersebut.

Contoh Pendahuluan Makalah Kesehatan

Contoh Pembuatan Bab Pendahuluan Makalah Kesehatan -2

Untuk mempermudah penjelasan dan pemaparan yang telah disampaikan, berikut akan ditampilkan sebuah contoh bab pendahuluan pada makalah yang membahas masalah kesehatan.

Contoh ini berjudul “Masalah Kesehatan pada Masyarakat Perkotaan di Indonesia”. Semoga contoh ini bisa dijadikan acuan dan referensi dalam membuat sebuah makalah. Dengan judul “Masalah Kesehatan pada Masyarakat Perkotaan di Indonesia”.

BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar belakang

Kota besar dengan segala pesonanya merupakan daya tarik tersendiri bagi sebagian masyarakat yang hidup di luar kota besar tersebut. Pesona inilah yang membuat orang kemudian berbondong-bondong datang.

Dalam bayangan mereka akan mudah meraih apa yang mereka inginkan di sana. Lapangan pekerjaan yang banyak dan mudah, serta lebih bervariasi ditambah dengan upah yang tinggi adalah hal yang menurut bayangan mereka bisa didapatkan dengan mudah di kota-kota besar tersebut.

Tak heran bila kemudian semakin banyak orang yang berpindah ke daerah perkotaan. Dengan alasan ingin mengubah nasib menjadi lebih baik mereka pun meninggalkan kampung halamannya. Mencoba mencari peruntungan di tempat baru karena di daerah asal mereka sudah tidak bisa lagi menjanjikan apa-apa.

Mungkin awalnya bayangan mereka itu tidak salah. Daerah perkotaan dengan segala pernak perniknya memang membutuhkan tenaga kerja yang banyak. Namun, ketika orang yang datang semakin banyak, sementara lapangan kerja yang tersedia terbatas, maka mulailah masalah demi masalah timbul.

Salah satu akibatnya ialah jumlah penduduk perkotaan yang semakin banyak. Perumahan penduduk menjadi semakin padat dan ramai. Hal inilah yang kemudian menimbulkan beberapa permasalahan. Salah satunya ialah masalah di bidang kesehatan.

Masalah kesehatan pada masyarakat perkotaan umumnya berupa buruknya sanitasi, sulitnya mendapatkan air bersih, masalah pencemaran udara, pembuangan limbah, dan sebagainya. Hal ini diperparah dengan sikap masyarakat perkotaan yang tidak terlalu memperhatikan masalah kesehatan mereka sendiri.

Umumnya rasa tidak peduli pada masalah kesehatan itu timbul karena banyaknya permasalahan hidup yang harus ditanggung. Kerasnya kehidupan kota besar membuat mereka seperti itu.

Masalah ketatnya persaingan untuk mendapatkan lapangan kerja ataupun maraknya berbagai macam kejahatan, misalnya, adalah hal-hal yang harus lebih diprioritaskan ketimbang memperhatikan hal-hal yang menyangkut urusan kesehatan.

Belum lagi berbicara tentang pemerintah yang ada di kota besar itu sendiri. Betapa banyaknya kebijakan ataupun peraturan yang menyangkut urusan kesehatan yang terasa kurang memihak pada masyarakat.

Kepedulian pihak pemerintah dirasa masih sangat kurang. Sosialisasi masalah kesehatan masih perlu ditingkatkan. Pembenahan fasilitas kesehatan publik juga masih banyak yang harus dibenahi.

Semua yang dikemukakan di atas adalah potret kehidupan masyarakat perkotaan khususnya yang ada di Indonesia. Lalu, bagaimana dengan di negara lain? Tak perlu jauh-jauh melihat. Tengok saja bagaimana kehidupan masyarakat perkotaan yang ada di Malaysia atau Singapura, misalnya.

Ternyata kehidupan masyarakat perkotaan di dua negara tetangga tersebut bisa dikatakan lebih baik dari negara kita. Bahkan kalau mau jujur, negara kita sudah jauh tertinggal dibanding mereka.

Sudah sepantasnya jika pemerintah kita kemudian belajar dari mereka bagaimana cara pengelolaan masalah kesehatan pada masyarat yang hidup di daerah perkotaan secara lebih tepat.

2. Rumusan Masalah

Berdasarkan hal-hal yang dikemukakan pada latar belakang di atas, maka dapat dibuat rumusan masalah sebagai berikut.

  • Bagaimana kualitas kesehatan masyarakat perkotaan di Indonesia?
  • Bagaimana kondisi fasilitas kesehatan yang ada pada masyarakat perkotaan di Indonesia?
  • Bagaimana upaya masyarakat perkotaan di Indonesia dalam menjaga kesehatan?
  • Bagaimana upaya masyarakat perkotaan di Indonesia dalam mengantisipasi bahaya penyakit?
  • Bagaimana solusi yang dapat diberikan untuk mengatasi permasalahan kesehatan masyarakat perkotaan di Indonesia?

3. Tujuan Penulisan

Berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan pada rumusan masalah di atas, maka dapat dibuat tujuan penulisan, yaitu sebagai berikut.

  • Mendeskripsikan kualitas kesehatan masyarakat perkotaan di Indonesia.
  • Mendeskripsikan kondisi fasilitas kesehatan yang ada pada masyarakat perkotaan di Indonesia.
  • Mendeskripsikan upaya masyarakat perkotaan dalam menjaga kesehatan di Indonesia.
  • Mendeskripsikan upaya masyarakat perkotaan di Indonesia dalam mengantisipasi bahaya penyakit.
  • Mendeskripsikan solusi yang dapat diberikan untuk mengatasi permasalahan kesehatan masyarakat perkotaan di Indonesia.

Sebagaimana halnya contoh pada umumnya, maka penyajian di atas dibuat secara sederhana. Karenanya agar lebih sempurna dalam membuat sebuah makalah, maka sebaiknya melengkapi diri dengan bacaan maupun data yang lebih lengkap dan akurat.

Contoh Pembuatan Bab Pendahuluan Makalah Kesehatan -1

Itu hanyalah contoh, maka Anda dapat mengembangkannya sesuai dengan ide dan permasalahan yang akan bahas dalam makalah yang Anda buat sesuai data yang diambil.

Demikian contoh penulisan pendahuluan makalah kesehatan dengan mengambil judul “Kesehatan Masyarakat Perkotaan yang Ada di Indonesia”. Semoga uraian tersebut bermanfaat bagi Anda yang akan menyusun sebuah makalah kesehatan. Selamat mencoba.

Share:

Mangaip

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibu Guru Pasti Meleleh, Ini Puisi Hari Guru Nasional Berbagai Macam Peralatan Kantor Serta Fungsinya