Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Doa Ketika Hujan Agar Berkah dan Terhindar dari Bencana Serta Manfaat Dan Keistimewaannya

Doa Ketika Hujan Agar Berkah dan Terhindar dari Bencana Serta Manfaat Dan Keistimewaannya
Ilustrasi berdoa ketika hujan (pixabay)

Doa Ketika Hujan Agar Berkah dan Terhindar dari Bencana Serta Manfaat Dan Keistimewaannya – Musim hujan saat ini sedang melanda sebagian besar wilayah Indonesia, bahkan beberapa daerah mengalami banjir. Meski hujan kerap dihindari, sebenarnya turunnya hujan merupakan nikmat dari Allah SWT yang harus disyukuri. Rasulullah SAW juga mengajarkan kita untuk berdoa ketika turun hujan agar bisa membawa berkah dan menjauhkannya dari segala bencana yang bisa terjadi.

Cuaca hujan kadang membuat kita merasa bosan dan terkendala dalam melakukan aktivitas. Namun, di sisi lain, kita dapat melakukan sesuatu yang bermanfaat di tengah hujan, yaitu berdoa. Doa ketika hujan ternyata memiliki banyak manfaat dan keistimewaan. Apa saja itu? Simak ulasan berikut ini.

Doa Ketika Hujan: Manfaat dan Keistimewaan

Doa Ketika Hujan: Manfaat dan Keistimewaan
Ilustrasi Berdoa saat turun hujan (pixabay)

Hujan seringkali dianggap sebagai sebuah hal yang merugikan. Banyak orang yang merasa terhambat dalam aktivitasnya karena hujan. Namun, di sisi lain, hujan juga bisa memberikan banyak manfaat. Hujan bisa menjadi sumber kehidupan bagi tumbuhan, memberikan keindahan alam, serta memberikan udara yang segar dan bersih. Di tengah hujan, kita juga bisa melakukan sesuatu yang bermanfaat, yaitu berdoa. Doa ketika hujan memiliki banyak manfaat dan keistimewaan. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih detail mengenai hal tersebut.

Manfaat Doa Ketika Hujan

Berdoa ketika hujan memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

1. Memperkuat Iman

Dalam berdoa saat hujan, kita merasakan kebesaran Allah SWT dan memperkuat iman kita. Dalam doa tersebut, kita menyadari bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini atas kehendak Allah SWT dan kita hanya mampu memohon pertolongan-Nya.

2. Menghilangkan Rasa Takut

Hujan seringkali membuat orang merasa takut dan khawatir. Namun, dengan berdoa saat hujan, kita bisa merasa tenang dan meredakan rasa takut tersebut. Dalam doa tersebut, kita memohon perlindungan dari Allah SWT agar terhindar dari bahaya dan kerugian yang mungkin terjadi selama hujan.

3. Memberikan Ketenangan Hati

Berdoa ketika hujan juga bisa memberikan ketenangan hati. Dalam doa tersebut, kita memohon agar hujan menjadi berkah bagi kita dan umat manusia. Dengan demikian, kita bisa merasa tenang dan yakin bahwa hujan akan membawa manfaat bagi kita semua.

Keistimewaan Doa Ketika Hujan

Selain manfaat, doa ketika hujan juga memiliki keistimewaan yang tidak bisa dirasakan pada saat-saat lain. Beberapa keistimewaan tersebut antara lain:

1. Diterima di Tempat yang Mustajab

Doa ketika hujan memiliki keistimewaan bahwa doa tersebut lebih mudah diterima di tempat yang mustajab, yaitu di waktu hujan. Hal ini karena di waktu hujan, suasana hati kita lebih tenang dan khusyuk dalam berdoa.

2. Membuka Pintu Rezeki

Dalam doa ketika hujan, kita memohon agar hujan membawa berkah dan rezeki bagi kita dan umat manusia. Dengan demikian, doa tersebut bisa membuka pintu rezeki bagi kita.

3. Mendatangkan Hujan yang Bermanfaat

Doa ketika hujan juga memiliki keistimewaan dalam mendatangkan hujan yang bermanfaat bagi kita. Dalam doa tersebut, kita memohon agar hujan yang turun membawa manfaat bagi tumbuhan, binatang, dan manusia. Hal ini akan membuat hujan menjadi berkah dan membawa manfaat bagi kita semua.

Doa Saat Hujan yang Bisa Dilakukan

Doa Saat Hujan yang Bisa Dilakukan
Ilustrasi turun hujan (pixabay)

Berikut ini adalah beberapa doa ketika hujan yang bisa dilakukan:

Doa ketika turun hujan pertama kali

اَللّٰهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا
“Allahumma shoyyiban naafi’an”
Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan yang bermanfaat bagi kami.”

Doa ketika hujan deras

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ
(Allahumma haawalaina wa laa ‘alaina. Allahumma ‘alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari)
Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan” (HR Bukhari)

Doa saat hujan reda

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللهِ وَرَحْمَتِهِ
“Muthirnaa bifadhlillaahi wa rahmatihi”
Artinya: “Kami diberi hujan oleh karunia dan rahmat Allah.”

Doa saat hujan berhenti

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ أَذْهَبَ الْغَمَّ وَأَذْهَبَ الْهَمَّ وَأَنْزَلَ الْمَاءَ وَأَخْرَجَ الْمَيِّتَ وَأَحْيَا الْأَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا
“Alhamdu lillaahil ladzii adzhabal ghamma wa adzhabal hamm, wa anzalaal maa’a wa akhrojal mayyita wa ahyaal arda ba’da mawtihaa.”
Artinya: “Segala puji bagi Allah yang menghilangkan kesusahan, menghilangkan kegelisahan, menurunkan hujan, mengeluarkan yang mati, dan menghidupkan bumi setelah mati.”

Kesimpulan

Doa ketika hujan memiliki banyak manfaat dan keistimewaan yang bisa dirasakan oleh kita. Dalam doa tersebut, kita memohon pertolongan dan perlindungan dari Allah SWT, serta memohon agar hujan yang turun membawa manfaat bagi kita dan umat manusia. Selain itu, doa ketika hujan juga bisa membuka pintu rezeki dan mendatangkan hujan yang bermanfaat bagi kita. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk selalu berdoa ketika hujan turun.

Ada beberapa doa ketika hujan yang bisa kita amalkan, seperti doa ketika turun hujan pertama kali, doa ketika hujan deras, doa ketika hujan reda, dan doa saat hujan berhenti. Dengan mengamalkan doa tersebut, kita bisa mendapatkan manfaat dan keberkahan dari hujan yang turun.

Selain berdoa, kita juga perlu menghargai hujan sebagai anugerah dari Allah SWT. Kita bisa memanfaatkan hujan dengan bijak, seperti menyimpan air hujan untuk keperluan sehari-hari dan memanfaatkan hujan untuk mengairi tanaman. Dengan cara tersebut, kita bisa menghargai hujan sebagai karunia Allah SWT dan menjaga kelestarian alam.

Kita juga perlu selalu berterima kasih atas segala nikmat yang Allah SWT berikan, termasuk hujan yang turun. Dengan bersyukur, kita bisa merasakan kebahagiaan dan kepuasan dalam hidup. Sebagai umat muslim, kita diajarkan untuk selalu bersyukur dan berdoa kepada Allah SWT dalam segala hal.

Dalam kesimpulannya, doa saat hujan memiliki manfaat dan keistimewaan yang sangat penting bagi kita. Dengan berdoa, kita bisa mendapatkan pertolongan dan perlindungan dari Allah SWT, serta mendapatkan manfaat dan keberkahan dari hujan yang turun. Oleh karena itu, mari kita selalu berdoa ketika hujan turun dan menghargai hujan sebagai karunia Allah SWT yang perlu kita jaga dan pelihara. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua.

FAQs

Apa manfaat dari berdoa ketika hujan?

Berdoa ketika hujan memiliki beberapa manfaat, seperti memperkuat iman, menghilangkan rasa takut, dan memberikan ketenangan hati.

Apa keistimewaan dari doa ketika hujan?

Doa ketika hujan memiliki beberapa keistimewaan, antara lain diterima di tempat yang mustajab, membuka pintu rezeki, dan mendatangkan hujan yang bermanfaat.

Apa arti doa saat turun hujan pertama kali?

Doa ketika turun hujan pertama kali adalah “Allahumma shoyyiban naafi’an” yang artinya “Ya Allah, turunkanlah hujan yang bermanfaat bagi kami.”

Mengapa doa saat turun hujan mudah diterima di tempat yang mustajab?

Doa ketika hujan mudah diterima di tempat yang mustajab karena di waktu hujan, suasana hati kita lebih tenang dan khusyuk dalam berdoa.

Apa yang bisa dilakukan selain berdoa ketika hujan?

Selain berdoa, kita bisa melakukan aktivitas yang bermanfaat, seperti membaca buku, menulis, atau bermain bersama keluarga. Selain itu, kita juga bisa membantu orang-orang yang terkena dampak buruk dari cuaca hujan, seperti banjir atau longsor.

Share:

Mangaip

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini. Jangan lupa ikuti kami di Google News. Gabung juga ke channel Telegram untuk mendapatkan terbaru Gabung Telegram ya Bestie!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibu Guru Pasti Meleleh, Ini Puisi Hari Guru Nasional Berbagai Macam Peralatan Kantor Serta Fungsinya