Happy Mothers Day, Hari Ibu, Doa Buat Ibu Tersayang

Happy mothers day, selamat hari ibu, ini doa buat ibu tersayang. Ibu, adalah sosok yang tak mungkin kita lupakan seumur hidup ini. Begitu gigih perjuangan beliau, begitu banyak pengorbanan yang dilakukan beliau agar anaknya bahagia dan sehat. Lalu, pernah kah kita memberikan kejutan untuk ibu kita?

Pernahkah kita mengalunkan yang telah membesarkan dan merawat kita? Kadang kita terlalu banyak menuntut pada ibu kita untuk memenuhi keinginan kita dan meski berat, ibu tak akan tega menolaknya. Perjuangan dan pengorbanan seorang ibu tak dapat dibandingkan dengan apapun, hal ini dimulai dengan masa kehamilan 9 bulan hingga saat melahirkan, dimana seorang ibu mempertaruhkan nyawanya demi kelahiran anaknya.

Setelah itu, ibu masih harus menyusui dan merawat kita yang masih bayi dan belum bisa berbuat apa-apa selain menangis dan mengompol. Ketika dewasa, tak jarang kita malah melupakan semua itu dan lupa untuk tidak berbuat sesuatu yang setidaknya dapat membuat bilau measa senang.

Kita harus ingat pepatah yang mengatakan bahwa “Surga itu di telapak kaki ibu” yang artinya kita harus berbakti pada ibu kita masing-masing. Bisakah kita berpikir dan merenung, seraya bertanya pada diri sendiri, selama ini apa yang sudah kita lakukan untuk ibu kita? Setidaknya kita memberikan kejutan berupa hal yang menyenangkan buat beliau saat hari ulang tahun atau saat hari ibu diperingati.

Hari Ibu

Happy mothers day - selamat hari ibu

Kapan hari ibu itu diperingati? Setiap negara menetapkan tanggal yang berbeda untuk memperingati hari ibu. Indonesia misalnya, menurut Wikipedia Indonesia menetapkan tanggal 22 Desember sebagai hari ibu dan ditetapkan sebagai perayaan nasional. Tapi negara lain menetapkan tanggal yang ber beda, misalnya Norwegia yang menetapkan tanggal 14 Februari sebagai hari ibu, atau Yunani yang menetapkan tanggal 2 Februari sebagai hari ibu. Negara lain seperti Afganistan, Azerbaijan, Belarussia, Moldova, Montenegro, Rusia, Serbia, Bosnia, dan beberapa negara lainnya menetapkan hari ibu pada tanggal 8 Maret.

Namun banyak negara yang menetapkan 9 Mei sebagai hari ibu, sebut saja Kanada, China, Swiss, Jepang, Malaysia, Amerika Serikat, Myanmar, Kuba, Singapura dan banyak lagi. Terlepas dari perbedaan tanggal yang ditetapkan oleh kebijakan setiap negara, hal yang paling penting dari hari tersebut adalah bagaimana cara kita memperingati hari ibu tersebut. Perbedaan tanggal penetapan hari ibu ini bukanlah masalah serius, yang penting adalah bagaimana kita melakukan sesuatu pada hari ibu tersebut.

Beberapa negara merayakan hari ibu dengan dirayakan dengan membebastugaskan ibu dari tugas kesehariannya sebagai ibu rumah tangga, seperti memasak, mencuci, membersihkan rumah, dan pekerjaan rumah tangga lainnya. Lalu apakah kita juga harus melakukan hal yang sama? Tidak juga, kita dapat merayakan hari ibu dengan gaya yang berbeda, misal memberikan hadiah atau kejutan untuk ibu agar beliau senang.

Tanyakan pada diri Anda, apa arti hari ibu bagi diri Anda? Bagaimana Anda merayakan hari ibu ini? Ibu adalah sosok figur yang berperan besar dalam kehidupan setiap orang. Ibu selalu memberikan kasih sayang yang tak terbatas pada anaknya. Bahkan, kasih ibu ini bagaikan sinar matahari yang selalu menyinari bumi.

Meski pengorbanan dan perjuangan ibu sangatlah besar, tapi ibu tak pernah menuntut balasan apapun dari anaknya. Ibu selalu ikhlas dan sepenuh hati untuk merawat dan membesarkan kita. Ibu juga tak kenal lelah membimbing kita ke arah yang benar. Saat kita dewasa,kita kadang lupa dengan semua jasa yang telah diberikan oleh ibu hingga kita dapat mencapai sebuah keberhasilan dalam hidup.

Apa yang Harus Kita Lakukan untuk Ibu?

perbedaan hari ibu

Kewajiban seorang anak pada ibunya adalah berbakti dan menghormati. Saat kita masih anak-anak mungkin kita masih belum mengerti apa itu berbakti dan menghormati ibu yang telah berjasa merawat kita hingga tumbuh besar. Ketika dewasa, berbaktilah pada ibu dan janganlah berkata kasar pada beliau. Ingatlah, sebesar apapun pengorbanan yang kita lakukan untuk ibu tak akan mampu membalas jasa yang diberikan ibu untuk kita. Meski demikian, kita tetap harus terus mencurahkan kasih sayang kepada ibu kita.

Doakan ibu setiap kita selesai beribadah, mintalah pada Tuhan agar ibu selalu diberi kesehatan dan umur panjang. Selalu selipkan doa buat ibu setiap kita beribadah. Bantulah beliau bekerja, ketika kita memiliki waktu luang, tak ada salahnya kita membantu ibu di rumah. Membantu apa saja, jika ibu Anda adalah seorang ibu rumah tangga, bantulah pekerjaan rumahnya . Jika ibu memiliki usaha, bantulah semampu kita. Ketika belau berulang tahun, berilah sebuah kejutan yang berupa kue ulang tahun atau setangkai bunga, hal itu akan membuat hati belau amat senang. Jika kita tak memiliki uang untuk memberikan kejutan ketika berulang tahun, bersimpuhlah kepadanya dan berilah ucapan dan doa yang tulus, hal itu sudah membuat hati ibu senang.

Berbeda dengan remaja saat ini yang lebih mementingkan sosok pacar daripada sosok ibu. Hal ini terlihat, ketika sang pacar berulang tahun, sang remaja bingung mencarikan kado yang cocok dan menyusun rencana untuk membuat kejutan. Namun, ketika ibu berulang tahun, tak ada yang dilakukannya untuk sang ibu. Bahkan, hari ulang tahun ibu saja mungkin lupa. Perlu selalu kita ingat bahwa ibu selalu ada saat kita membutuhkan.

Saat kita sakit, ada ibu yang merawat kita. Saat kita menangis, ada ibu yang selalu menenangkan kita. Saat kita bangun, ada ibu telah bangun lebih pagi yang membangunkan dan menyiapkan sarapan untuk kita. Lalu, saat kita senang dan kita berhasil, apakah kita ingat pada ibu kita? Marilah kita menjadi anak yang berbakti dan menghormati ibu, selalu doakan beliau setiap doa yang kita lakukan. Tanpa adanya perjuangan, pengorbanan, dan kasih sayang yang tak terbatas dari ibu, kita bukanlah siapa-siapa.

Doa Buat Ibu Tersayang

doa buat ibu tersayang

Marilah kita selalu senantiasa mendoaakan ibu kita agar beliau selalu sehat dan panjang umur. Tak ada salahnya kita memberikan ucapan doa dan puisi untuk beliau. Berikut ini adalah beberapa kata-kata doa dan untuk ibu tersayang:

Ibu . . . Kaulah yang kucintai.. .Di tangan ibu aku bisa merasakan perasaan bahagia. Aku bersyukur masih memiliki orang tua dan merasakan kasih sayangnya. Betapa senang hati ini melihat ibu tertawa dan bergembira. Namun, ketika ibu menangis terluka, hati ini turut merasakan luka. Betapa ibu selalu memberikan dorongan semangat agar aku berhasil. Setiap kali ibu berkata saat menutup telepon ” Belajar dan berdoa yang rajin ya nak ! ” Ya Allah . . .buatlah hambamu ini dapat berbakti pada ibuku, berikanlah selalu kesehatan pada ibuku… Amin.

Ya Allah, ampunilah dosa-dosa bapak ibuku, selamatkanlah dunia akhertanya. Hanya pada-Mu aku memohon, hanya pada-MU aku meminta… Lindungilah ibuku, berikanlah selalu kesehatan dan umur panjang. Berilah hamba kekuatan untuk dapat menghapus air mata ibuku dan membuatnya tersenyum ya Allah… Amin.

Siapa wanita terindah yang menyentuhku? Dia adalah ibuku… Hati ini luluh, tangisan pun sirna ketika menatap beliau. Ibu mampu memekarlan senyum kecilku. Ananda teringat ucap kasih sayan mu ketika masih bayi, “Timang..Timang..Anakku sayang”. Meski Ananda tak mengerti, alunanmu membuatku tenang dan akhirnya terlelap dalam peluk kasih sayangmu…

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibu Guru Pasti Meleleh, Ini Puisi Hari Guru Nasional Berbagai Macam Peralatan Kantor Serta Fungsinya