Ide Bisnis Kue Lebaran Dadakan

Table of contents: [Hide] [Show]

Artikel ini membahas seputar bisnis kue lebaran. Kue adalah salah satu jenis makanan yang biasa dikonsumsi orang di waktu senggang, saat bercengkerama dengan keluarga atau ketika menjamu tamu di rumah. Beragam kue dengan aneka bentuk dan rasa bisa dibuat sendiri ataupun dibeli di toko-toko yang khusus menjual kue-kue lezat baik secara dibeli secara kiloan ataupun dalam bentuk toples. Bagaimana dengan kue lebaran? Tentunya tak kalah istimewa ya?

Setiap hari spesial seperti Idul Fitri, Natal atau perayaan hari keagaman lainnya, kue selalu menghiasi keceriaan keluarga. Kue lebaran adalah salah satu kue yang selalu ditunggu oleh setiap orang ketika Lebaran tiba. Tidak semua kue lebaran bisa didapatkan di hari-hari biasa. Ada sesuatu yang khas dari kue lebaran sehingga bila tidak menyediakannya di rumah saat lebaran tiba rasanya ada sesuatu yang kurang.

Kue lebaran memang selalu dirindukan oleh siapapun. Setiap daerah memiliki kue lebaran khas daerahnya masing-masing dan itulah yang membuat kue lebaran itu unik. Sebulan menjelang lebaran tiba biasanya selalu diramaikan oleh orang yang menjadi pengusaha kue lebaran dadakan.

Alasannya karena memang tidak semua orang bisa dan punya waktu untuk membuat berbagai macam kue lebaran. Mereka yang mencoba peruntungan mendapatkan penghasilan tambahan di saat lebaran selalu meramaikan semaraknya suasana lebaran. Kiriman foto dan penawaran kue lebaran berkeliaran di internet mulai dari email, pesan di jejaring sosial sampai penawaran yang dilakukan langsung dari mulut ke mulut. Serunya usaha kue lebaran dadakan seperti ini ternyata membuahkan hasil yang lumayan. Harga yang ditawarkan dari setiap kue lebaran cukup kompetitif dengan rasa yang ramah di lidah.

Bisnis Kue Lebaran

Peluang Usaha Kue Lebaran Dadakan

Bisnis kue lebaran ini biasanya dilakukan oleh kaum ibu. Sungguh hebat memang kaum ibu ini. Dengan daftar pekerjaan yang tiada habisnya setiap hari dalam keluarga tetapi bisa menyempatkan diri untuk membuat kue lebaran sebagai penambah pendapatan. Karena faktanya, bila lebaran tiba maka kebutuhan pun semakin bertambah dan harga barang selalu melonjak tinggi di pasaran.

Kesibukan membuat kue lebaran ini sudah mulai terlihat sejak sebulan sebelum Ramadhan tiba dan kesibukan ini akan bertambah seminggu menjelang lebaran. Kue menjadi satu jenis penganan yang banyak ditunggu oleh umat muslim. Latar belakang dari mereka yang menjalankan bisnis kue lebaran ini ada yang sekadar mengisi kesibukan tetapi ada juga yang memang berniat mendapatkan keuntungan dari momen perayaan yang hanya setahun sekali ini.

Memang bila dilihat dari kacamata ekonomi, bisnis kue lebaran ini termasuk yang memberikan keuntungan cukup besar. Dengan jumlah 90% umat muslim di Indonesia maka terbayang berapa banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari bisnis kue lebaran ini. Cukup menggoda, bukan?

Semua orang memikirkan hal sama, itulah sebabnya persaingan dalam bisnis kue lebaran ini juga meningkat tajam. Dengan membanjirkan pasokan kue-kue lebaran dengan harga kompetitif di pasaran membuat pengusaha dadakan tidak bisa mengambil margin yang cukup besar. Tetapi dengan keahlian marketing dan distribusi yang tepat maka tidak mustahil keuntungan besar bisa diperoleh. Mereka yang bisa membangun jaringan pemasaran yang baik akan meraup keuntungan penjualan kue lebaran yang lumayan.

Modal Usaha Kue Lebaran

Ide Bisnis dan usaha Kue Lebaran Dadakan

Berapa sebenarnya modal yang diperlukan untuk menjadi membuka usaha kue lebaran dadakan? Minimal kita punya peralatan pendukung untuk membuat kue ini di rumah. Selain modal uang dan peralatan membuat kue, kita juga harus membuat sistem pemasaran yang tepat guna. Bagaimana kita membuat format penjualan yang cocok dan menguntungkan. Dari modal sebesar satu juta dengan peralatan pembuatan kue lebaran yang cukup, orang sudah bisa memulai usaha ini.

Pembuatan kue lebaran bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan orang lain tergantung keperluan kita. Ada beberapa pilihan pemasaran yang bisa dipilih oleh kita yaitu:

  1. Sistem konsinyasi, menitipkan kue lebaran di toko atau supermarket.
  2. Membuat kue lebaran sesuai pesanan.
  3. Menjual langsung kue lebaran di pasar kaget atau bazzar.

Semua pilihan pemasaran kue lebaran itu punya kelebihan masing-masing. Kalau lebih memilih menitipkan kue lebaran di toko atau supermarket tentu saja keuntungan tidak bisa didapatkan terlalu besar karena perolehan keuntungan harus dibagi dengan pihak-pihak terkait. Kecuali jika kita sudah bisa memproduksi dalam jumlah besar maka keuntungannya bisa cukup signifikan.

Menerima pesanan kue lebaran dari kolega atau teman ataupun perusahaan dalam julah tertentu lebih menguntungkan karena tidak perlu berbagi keuntungan dengan banyak pihak. Namun sistem pesanan seperti ini biasanya dibarengi oleh tenggat waktu. Ada pelanggan yang ingin kue lebaran ini selesai dalam waktu dua atau tiga hari. Bila pesanan hanya sedikit maka kita bisa penuhi tetapi bila pesanan terlalu banyak maka kita harus mempertimbangkan untuk mendapat bantuan tenaga dari orang lain.

Anda yang tertarik dengan sistem jual langsung di pasar kaget atau bazzar harus lebih sigap dan pintar mempromosikan kue lebaran ini karena pesaing sudah bisa dipastikan cukup banyak. Jangan lupa untuk memperhatikan jenis kue lebaran yang kita tawarkan. Berbagai jenis kue lebaran yang umum di pasaran lumayan banyak.

Bila kita ingin mendapat keuntungan lebih besar maka kita bisa mencoba membuat inovasi baru ketika membuka bisnis kue lebaran. Dari resep awal yang umum diketahui banyak orang kita bisa membuat jenis kue baru yang lebih menarik baik secara tampilan maupun rasa dan harganya.

Bisnis kue lebaran ini memang mudah tapi sulit. Bila dikerjakan dengan asal-asalan maka hasilnya tidak akan terlihat. Meskipun hanya menjadi usaha dadakan tetapi bila kita memiliki komitmen yang baik maka akan menjadi catatan sendiri di hati pelanggan. Siapa yang tahu dari usaha dadakan ini bisa menjadi usaha tetap bagi kita.

Jeli dengan permintaan pasar. Permintaan pasar setiap tahun selalu menunjukkan perubahan. Tahun kemarin mereka lebih menyukai jenis kue dengan tampilan sederhana namun rasanya enak tetapi tahun ini masyarakat bisa saja lebih menyukai kue lebaran yang lebih berwarna dengan rasa standar namun harga terjangkau. Kita harus bisa mencermati permintaan pasar dengan jeli.

Kue lebaran akan selalu ada setiap tahunnya tetapi masyarakat juga membutuhkan perubahan dan inovasi baru dari kue lebaran tersebut. Yang penting untuk ditehaui adalah mengetahui karakteristik setiap kue lebaran yang diproduksi. Apakah kue lebaran ini bisa tahan lama, apakah waktu pembuatannya memakan waktu yang cukup panjang atau bagaimana cara mengepak kue lebaran tersebut agar bisa diterima pelanggan dalam kondisi baik dan utuh.

Cara pengepakkan yang kurang baik akan memengaruhi kondisi kue lebaran. Kondisi yang rusak akan mengurangi tampilan dan kualitas kue lebaran. Hal seperti ini bisa membuat kita kehilangan pelanggan. Pada dasarnya bisnis kue lebaran ini memang menggiurkan dan berpotensi memberikan keuntungan besar. Asal dengan sistem pengelolaan tepat dengan cara pemasaran yang baik maka kita bisa memetik keuntungan kue lebaran yang menyenangkan dan membuat kita ketagihan melakukan bisnis dadakan ini.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.