Jangan Takut Ditolak Dalam Mencari Investor Jika Sudah Baca Ini

Mungkin kita sudah tidak asing lagi denga istilah dan sebutan ‘investor’, bukan? Investor merupakan pelaku yang biasanya identik dengan bisnis ataupun sebuah proyek. Namun yang pasti, investor biasanya akan memiliki banyak uang untuk bisa membantu bisnis atau proyek yang kita kembangkan.

Lalu, di manakah kita bisa mencari investor tersebut? Apakah mereka mau memberikan uangnya untuk kita kelola dalam bisnis atau proyek yang kita jalankan?

Mungkin saat ini tidak banyak yang bisa memberikan uangnya secara cuma-cuma, terlebih uang tersebut bernilai sangat besar. Namun jika semua itu diimbangi dengan pemasukan yang masuk akal, bukan tidak mungkin investor tersebut bisa kita dapatkan. Biasanya investor tersebut mau “memberikan” uang miliknya jika sudah tahu akan potensi dari pemasukan yang didapatkan dalam bisnis atau proyek yang kita kelola.

Namun apakah kita akan bisa meyakinkan mereka untuk memberikan uang tersebut? Apakah juga kita bisa mencari investor tersebut berada di mana? Untuk mengetahui mengenai seluk beluk tentang investor tersebut, ada baiknya kita simak ulasannya di sini saja.

Tips Sebelum Mencari Investor

Sebelum banyak ditolak investor, kenali dulu 4 pelajaran super penting ini!

1. Pertumbuhan Untuk Bisnis

Menjalankan sebuah bisnis tentunya harus bisa berkembang karena dengan berkembang itulah, bisnis tersebut bisa dikatakan berhasil. Pun begitu jika bisnis kita mengalami pertumbuhan yang baik, bukan tidak mungkin investor akan melirik dan berani menanamkan uangnya kepada kita.

Dengan bisnis yang sudah terlihat bertumbuh, akan jauh lebih besar untuk menarik investor. Meski bisa dikatakan bisnis tersebut masihlah awal. Investor akan menaruh kepercayaan terhadap bisnis yang seperti ini, ketimbang dengan potensi bisnis yang masih belum terlihat. Dengan adanya pertumbuhan tersebut, bisa membuat satu kaki investor ditancapkan kepada bisnis kita.

2. Waktu Yang Tepat

Indonesia dan beberapa negara barat memiliki perbedaan dalam hal pengembangan bisnis. Jika di negara barat, rata-rata negara sudah memiliki kestabilan. Lain halnya dengan Indonesia, umumnya negara ini masih memiliki ekonomi yang fluktuatif. Hal ini akan sangat berpengaruh kepada bisnis yang kita tawarkan ke investor.

Dengan mempunyai waktu yang tepat untuk menawarkan bisnis ke investor, tentunya harus bisa melihat iklim ekonomi di negara tersebut. Sebagai contoh dengan yang ada di Indonesia, yang umumnya masih kesulitan mencari investor, rasanya akan butuh sedikit perjuangan. Terlebih jika bisnis tersebut sudah mampu jalan dengan mandiri, meski masih awal, bukan tidak mungkin investor pun akan tertarik.

3. Kecocokan Diantara Keduanya

Dalam mencari investor, ika sudah cocok, rasanya semua pun akan dijalaninya dengan indah dan nyaman, bukan? Hal itulah yang akan berlaku ketika menjalin dengan investor. Investor tidak selamanya mudah memberikan uang untuk dikelola oleh kita, namun mereka pun bisa memiliki pola pikir yang sama dengan kita ataupun berbeda. Sebut saja mengenai rasa ketakutan ketika bisnis yang kita jalankan menemui kegagalan.

Tentunya semua hal tersebut yang bisa membuat risau investor harus bisa kita tanggulangi. Bagaimana solusinya atau jalinan apa yang akan kita berikan terhadap mereka, bisa menjadi jalan yang indah. Jelaskan juga bagaimana tentang target yang akan dicapai dalam bisnis tersebut.

4. Keberuntungan Ada Di Akhir

Bagi beberapa orang, ada yang percaya dengan keberuntungan ada pula yang tidak. Termasuk dalam hal berbisnis, keberuntungan pun selalu saja ada. Pun demikian dalam menjalin kecocokan dengan mencari investor tersebut.

Dari mulai akan menjalin sebuah pertemuan hingga masa penawaran, semua itu didukung dengan keberuntungan. Jika tidak beruntung maka investor pun akan langsung membuang mentah-mentah bisnis yang kita tawarkan. Jika beruntung maka jalinan kerja sama pun akan didapatkan.

Kiat Mencari Investor Yang Bisa Gol!

Mungkin ada beberapa kendala yang kita hadapi dalam menjalankan sebuah bisnis, salah satunya masalah keuangan. Meski masalah keuangan tersebut bisa diatasi dengan mendatangkan investor, tetapi pada kenyataannya melakukan hal tersebut tidaklah mudah. Kita bisa mencari sumber dana tersebut di mana saja, namun yang menjadi pertanyaan, apakah mereka cukup yakin dengan bisnis kita?

Nah berikut ini ada beberapa kiat yang bisa kita lakukan dalam mencari investor sumber dana tersebut? Seperti apakah itu?

1. Beri Gambaran Mengenai Permintaan Pasar Ketika Mencari Investor

Setelah kita menentukan bisnis apa yang akan dijalankan, tentunya bisnis tersebut mempunyai pasar, bukan? Akan diarahkan ke mana bisnis yang kita jalankan ini, apakah itu kepada para orang kantoran, olahragawan, anggota komunitas, atau lainnya.

Dengan mengetahui gambaran pasar yang jelas, lantas berikan penjelasan kepada calon investor tersebut. Jelaskan secara gamblang mengenai pasar dari bisnis tersebut. Berikan penjelasan dengan gambaran yang mendetail. Kemudian lihatkan pula seberapa luas pasar tersebut.

2. Perlihatkan Keandalan Anggota Tim Ketika Mencari Investor

Jika mempunyai bisnis yang dijalankan secara tim, buatlah daftar ataupun profil mengenai anggota tim tersebut. Kenapa? Hal tersebut perlu dilakukan karena itu akan memperlihatkan betapa kuat atau lemahnya anggota tim kita dalam sebuah bisnis. Dengan begitu, calon investor pun akan merasa yakin bisa menyimpan uangnya kepada kita, karena bisnis tersebut dijalankan oleh orang yang ahli di bidangnya.

3. Jika Merugi, Apa Solusi Dan Antisipasinya?

Bukan bisnis namanya jika tidak mengalami suatu kerugian. Bisnis dan rugi hampir tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya. Namun jangan jadikan kerugian tersebut sebagai rasa ketakutan untuk menjalankan sebuah bisnis, terlebih jika kita akan menggandeng investor.

Untuk itu, lakukan penjelasan secara gamblang mengenai risiko kerugian dari bisnis yang kita jalankan ini. Tidak sampai di situ saja, jelaskan pula cara untuk mengantisipasi kerugian tersebut. Hal itu sangat diperlukan karena tidak ada investor yang ingin merugi, bukan? Dengan menitipkan uang kepada kita, tentunya mereka berharap untuk mendapatkan pemasukan yang lebih besar dari uang yang dititipkan tersebut.

4. Apa Pembeda Dari Bisnis Itu?

Jika menjalani bisnis yang sama dengan orang lain, terlebih kita masih baru, hampir dipastikan orang lain akan menggunakan jasa bisnis yang lebih awal berdiri. Kenapa? Karena yang lebih dulu biasanya lebih teruji. Untuk menyiasati hal tersebut, lakukan pembedaan terhadap bisnis tersebut.

Calon investor akan lebih tertarik kepada bisnis yang beda dari yang lainnya. Dengan yang beda itulah akan membuat peluang untuk sukses bisa lebih besar. Lakukan terobosan terhadap bisnis tersebut, dan berikan hal yang unik kepada konsumen dan calon investor tersebut.

5. Apa Risiko Serta Penghargaan?

Setiap bisnis dan perangkatnya kemungkinan besar akan mengalami dua hal, yakni risiko dan juga dengan penghargaan. Risiko akan didapatkan dan bisa menyebabkan kerugian, namun penghargaan bisa didapat jika kita ulet dan rajin.

Jika investor mengetahui hal tersebut, mereka akan senang dan bisa mempertimbangkan. Berikan penghargaan kepada mereka yang telah berjasa mengangkat bisnis tersebut. Pun berikan strategi untuk menghindari risiko yang akan dihadapi kelak.

Itulah sedikit ulasan mengenai pentingnya investor. Investor tersebut terkadang sangat diperlukan guna membantu jalannya bisnis kita, dengan dukungan dana yang mencukupi. Akan tetapi, kita pun harus bisa meyakinkan mereka bahwa uang tersebut akan kembali dengan mendapatkan keuntungan. Dengan mencari investor maka kita harus mengetahui langkah pentingnya. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibu Guru Pasti Meleleh, Ini Puisi Hari Guru Nasional Berbagai Macam Peralatan Kantor Serta Fungsinya