Kenali Beberapa Pantangan Bagi Orang Batuk

Pantangan bagi orang batuk ditujukan agar batuk yang diderita tidak semakin parah. Dapat dikatakan setiap orang pernah mengalami batuk, beberapa di antara kita menyebut bahwa batuk adalah penyakit ringan, batuk merupakan sebuah bentuk pertahanan tubuh pada saluran pernafasan.

Batuk dapat disebabkan beberapa hal, karena asap, debu, lender, makanan, dan beberapa hal lainnya yang dapat membuat tenggorokan terkena iritasi ringan.

Redmi 5 plus Vince emmc replace fil...
Redmi 5 plus Vince emmc replace file ( ada 4 cara) First in the World

Batuk

pantangan bagi orang batuk 1

Batuk bisa dikatakan ringan jika terjadi hanya karena sebaga bentuk respon tubuh terhadap sesuatu, misal terhadap debu atau asap yang mengganggu pernafasan. Batuk dapat menjadi sebuah gejala penyakit yang serius jika dibiarkan terjadi dalam waktu yang cukup lama dan dibiarkan. Hal tersebut dapat menjadi sebuah penyakit yang serius, karena itu pantangan bagi orang batuk wajib dituruti oleh penderita batuk, untuk membantu mempercepat penyembuhan batuk.

Penyebab Dan Gejala Batuk

Penyebab batuk

Batuk bisa disebabkan oleh banyak faktor, yaitu;

  • Jika pada bayi karena tersendak minum susu
  • Menghirup asap rokok
  • Karena debu
  • Alergi, misal alergi dingin yang dapat menyebabkan batuk-batuk
  • Karena disebabkan bakteri seperti influenza
  • Asma
  • Peradangan atau infeksi pada saluran pernapasan

Sementara, gejala batuk adalah;

Apa yang biasanya dilakukan jika mengalami gejala di atas? Pastinya segera minum obat bukan? Anda bisa melakukannya dengan banyak minum air putih terlebih dahulu. Jangan langsung minum obat. Obat selalu menjadi solusi cepat. Padahal, menyembuhkan batuk bisa dengan cara yang lebih sederhana. Perhatikan juga makanan yang dikonsumsi. Karena, makanan yang dikonsumsi sedikit banyak berpengaruh pada mudah atau tidaknya batuk disembuhkan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, batuk merupakan gejala sebuah penyakit, namun jika tidak segera ditanggulangi dapat mengakibatkan penyakit yang serius. Karena itu jangan menganggapnya biasa saja. Jika Anda sudah batuk, dan ingin cepat sembuh, beberapa pantangan bagi orang batuk berikut ini mungkin akan membantu. Di antaranya adalah menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam perut.

Pantangan Bagi Orang Batuk

pantangan bagi orang batuk 3

Makanan pantangan bagi orang batuk:

  • Hindari makanan yang mengandung minyak, terutama gorengan. Makanan tersebut akan dengan cepat merangsang batuk.
  • Permen.
  • Ice cream.
  • Udang.
  • Makanan yang terlalu manis.
  • Makanan yang keras dan kering.
  • Makanan yang pedas dan asam.
  • Makanan yang mengandung MSG.
  • Buah-buahan yang merangsang batuk, misalnya mangga gedong, nanas
  • Minuman dingin dan terlalu manis.

Yang sebaiknya dilakukan jika batuk atau sudah mengalami gejala batuk adalah minum air putih sebanyak-banyaknya, hal ini dapat membantu mengurangi rasa gatal dan iritasi, serta dapat mengencerkan dahak.

Hindari keluar malam karena udara dingin malam dapat merangsang batuk. Jangan terlalu melindungi diri dengan menggunakan pakaian berlapis-lapis, sebab kepanasan juga akan merangsang batuk. Hindari tempat yang sekiranya berdebu, hindari ruangan yang lembap serta hindari makanan dan minuman yang dapat merangsang tenggorokan gatal kemudian menjadi batuk.

Batuk yang disebabkan oleh bakteri atau virus, tentunya akan dengan cepat menular pada yang lainnya, jika berdekatan. Virus yang keluar saat batuk, terbawa angin dan akhirnya bisa masuk ke organ pernafasan kita. Karenanya tak heran jika dalam satu keluarga yang tinggal di satu rumah, ada yang terkena batuk, anggota keluarga yang lainnya akan juga terkena batuk. Sebaiknya jika Anda batuk karena virus gunakan masker, supaya tidak menyebar virusnya.

Pantangan bagi orang batuk lainnya adalah hindari rokok. Pantangan ini khusus bagi Anda yang merokok. Perokok sebaiknya tidak merokok terlebih dahulu sampai badan kembali fit, akan tetapi jauh lebih baik jika berhenti merokok sama sekali.

Hindari juga minuman beralhokol dan hindari bekerja berlebihan, seperti bergadang. Batuk cukup menguras tenaga jika berlangsung lama, hal tersebut akan menyebabkan badan menjadi capek, sehingga jika Anda terus bergadang hal tersebut hanya akan membuat badan menjadi lebih drop. Sebab salah satu obat yang ampuh untuk mengatasi gejala influenza, selain minum air putih yang banyak adalah dengan istirahat yang cukup.

Batuk akan lama sembuh jika Anda tidak menghindari beberapa hal di atas. Jika melanggarnya, batuk akan sulit sembuh. Batuk tentu saja tidak dapat dianggap sebagi penyakit biasa, sebab jika berlangsung lama dan sering bukan tidak mungkin akan menjadi sebuah penyakit yang serius. Batuk dapat mengakibatkan tenggorokan menjadi kurang baik fungsinya, dapat juga mengenai paru-paru dan bukan tidak mungkin  juga akan mengganggu organ tubuh lainnya.

Hal yang sebaiknya dilakukan saat batuk adalah dengan banyak minum air putih, istirahat yang cukup, hindari makanan yang akan merangsang batuk, konsumsi makanan yang sehat, banyak makan buah dan sayuran akan jauh lebih baik untuk memulihkan kembali kondisi badan.

Ramuan Tradisional Untuk Obat Batuk

Jika sudah terkena batuk, Anda bisa coba dengan menggunakan beberapa obat ramuan tradisional sebagai obat batuk. Mengggunakan air perasan jeruk nipis. Ramuan ini sudah terkenal sejak zaman dahulu. Rasa asam pada jeruk nipis justru dipercaya dapat melegakan dan menghancurkan dahak akibat batuk.

Caranya, potong jeruk nipis, lalu peras ambil airnya, kemudian campur dengan lima sendok air putih, masukkan madu asli sebanyak tiga sendok makan, campur dengan diaduk rata, lalu minum. Perasan jeruk nipis juga bisa dicampur dengan kecap manis. Rasanya tidak jauh beda dengan obat-obat batuk dalam kemasan.

Ramuan untuk batuk lainnya, bisa dibuat dari kencur, jahe. Parut secukupnya bahan-bahan tersebut, campur air putih hangat, lalu saring dan ambil airnya, sebanyak setengah gelas sedang, masukkan madu asli sebanyak satu sampai dua sendok makan, aduk rata lalu minum. Rasanya agak getir, tapi ramuan ini ampuh untuk melegakan.

Batuk dapat menimpa siapa saja, baik itu balita, anak-anak, remaja, orang dewasa, ataupun orangtua. Dengan penyebab dan gejala yang sama. Sebagian besar diakibatkan karena bakteri atau virus, dan hal itu berkaitan erat dengan daya tahan tubuh dan lingkungan sekitar. Seperti kata pepatah menjaga lebih baik daripada mengobati, karenanya mari menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat.

Agar badan tidak rentan dengan berbagai penyakit, jaga kebersihan lingkungan untuk mendukung kesehatan badan. bakteri dan virus bisa ada di mana saja di tempat yang mungkin tidak kita sangka, namun dengan tubuh sehat, dan lingkungan tempat tinggal yang bersih, setidaknya dapat meminimalisasi hal itu.

Itulah beberapa pantangan bagi orang batuk, yaitu beberapa hal yang sebaiknya dihindari ketika batuk, dan beberapa hal yang sebaiknya dilakukan ketika batuk, serta obat ramuan tradisional yang dipercaya dapat mengatasi batuk.

Pantangan tersebut tidak hanya dilakukan pada saat sedang batuk, sebaiknya ketika sedang tidak dalam keadaan batuk pun beberapa hal, seperti makan gorengan, makan atau minum yang manis-manis, makanan pedas, sebaiknya tidak dilakukan secara berlebih, sebab bisa saja kebiasan itu menjadi pemicu batuk atau penyakit lainnya. Apa pun jika dilakukan berlebihan tentunya kurang baik. Lakukan secara wajar tidak berlebih dan imbangi dengan yang dapat menetralisirnya. Semoga artikel ini bermamfaat.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.