Kunci Utama Untuk Menghasilkan Posting Yang Berkualitas

Kunci utama untuk menghasilkan posting yang berkualitas. Seperti apakah posting blog yang berkualitas itu? Beragam jawaban pasti muncul dalam hal ini. Namun menurut Mangaip Blog postingan berkualitas biasanya lahir dari akumulasi pendalaman fenomena dan realitas serta pengkayaan aktivitas membaca.

Yups. Saya sangat setuju dengan pendapat tersebut. Jadi apa kunci utama untuk bisa menghasilkan postingan yang berkualitas? Menurut saya, cuma dua kuncinya :

PERBANYAK MEMBACA dan PERBANYAK MERENUNG!

Dengan membaca, banyak ilmu dan pengalaman (orang lain) diserap. Pada gilirannya pengetahuan itu membentuk “pola pikir” untuk merespon suatu fenomena dan masalah. Semakin banyak membaca, semakin cepat pula seseorang mampu menanggapi fenomena dan masalah. Sekaligus cepat mencari jalan keluar dan solusi-solusi jitunya.

Kalau saya boleh menambahkan, orang yang malas membaca dan malas merenung (malas berpikir agak mendalam) biasanya cenderung akan menghasilkan postingan yang terkesan ‘biasa saja’. Makna biasa saja di sini bisa berbeda untuk setiap penilaian orang (subjektif).

Malas membaca dan malas merenung juga cenderung akan mendorong lahirnya postingan copas, tujuan posting yang berkualitas pun sirna. Itulah mengapa ketika kita mencari informasi tertentu di search engine, biasanya kita malah menemukan deretan posting yang ternyata ISINYA SAMA. Mungkin sulit sekali kita menemukan isi posting yang benar-benar original lahir dari proses pendalaman dan akumulasi pengalaman sang penulis.

Terkait hal ini, tak heran mengapa kemudian terjadi proses seleksi alam di ranah blog. Hanya mereka yang benar-benar mengedepankan originalitas dan keunikan konten lah yang biasanya akan memperoleh kesan mendalam dan menghasilkan posting yang berkualitas.

Untuk niche blogging yang berorientasi pada tips-tips ngeblog, saya pribadi berharap tips yang diberikan benar-benar lahir dari proses pendalaman fenomena dan pengayaan dari pengalaman pribadi kita. Plus sudah dipraktekkan sendiri. Setuju? Begitu pula untuk niche-niche lainnya.

Sebagai penutup, saya sarankan anda menyimak lebih lanjut artikel Dwiki Setiyawan pada paragraf pertama di atas. Dan sekali lagi saya menekankan, posting yang berkualitas itu biasanya lahir dari BANYAK MEMBACA dan BANYAK MERENUNG!

Ada yang punya pendapat lain?

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.