Langkah-Langkah Penanggulangan Limbah Suara

Penanggulangan limbah suara merupakan langkah yang perlu dilakukan dalam menghadapi polusi suara yang mengganggu lingkungan. Mengapa sebuah suara bisa menjadi ancaman bagi lingkungan sekitar? Tentu karena suara tersebut cukup mengganggu sehingga orang di sekitar merasakan ketidaknyamanan. Jadi bukan hanya pencemaran air dan udara, suara pun bisa menjadi suatu pencemaran atau polusi . Atas dasar itu, maka langkah penganggulangan terhadap polusi atau limbah suara ini sangat diperlukan.

Pengertian Limbah Suara dan Cara Menanggulangi Limbah Suara

Langkah-Langkah Penanggulangan Limbah Suara -3

Bagaimana langkah yang perlu diambil dalam rangka menanggulangi limbah suara ini? Sebelum menjawab lebih jauh terntang hal ini, simak terlebih dahulu pembahasan tentang limbah suara. Penjelasan akan meliputi pengertian limbah suara serta efek negatif yang dihasilkannya.

Pengertian Limbah Suara

Limbah suara biasa juga disebut sebagai polusi suara. Polusi suara mengakibatkan kebisingan lingkungan sekitar. Jadi dalam hal ini, suara-suara yang tidak mengganggu semacam musik yang diatur pada volume kecil tidaklah membuat udara tercemar. Polusi suara atau limbah suara disebut mencemari apabila telah mengganggu ketentraman dan kenyamanan di lingkungan sekitarnya. Suara-suara yang tinggi, bising, serta berisik adalah beberapa hal yang menyebabkan lingkungan menjadi terganggu. Hanya memang pencemaran limbah suara ini sifatnya hanya satu wilayah atau kawasan. Berbeda dengan polusi udara dan polusi air yang sifat pencemarannya meluas sehingga menjadi masalah serius.

Pada dasarnya limbah suara pun merupakan sesuatu yang menjadi masalah serius. Efeknya mungkin tidak terlalu terasa sehingga tidak pernah ada gerakan antilimbah suara. Namun bukan berarti pencemarah suara ini adalah satu hal yang bisa dibiarkan begitu saja.

Limbah suara ini pun merupakan salah satu masalah sosial mengingat tingkat kebisingannya terlampau mengganggu. Contoh paling besar dari limbah suara ini adalah suara bising dari pesawat udara. Suara kendaraan bermotor, suara pabrik dengan mesin-mesinnya yang berisik pun menjadi salah satu penyebab hadirnya polusi suara. Tidak hanya itu, suara speaker yang tergolong keras, suara petir bahkan suara kereta api merupakan suara-suara yang terbilang menggangu lingkungan sekitar dan suara-suara tersebut menjadi limbah suara.

Efek dari Limbah Suara

Langkah-Langkah Penanggulangan Limbah Suara

Limbah suara memang tidak begitu berbahaya layaknya limbah air dan limbah udara. Namun, limbah suara ini memiliki efek negatif yang juga patut diperhatikan. Jika dalam suatu kawasan sering terjadi limbah suara, baik suara pesawat, suara kereta api, suara pabrik, dsb, maka suara bisa mengakibatkan suatu penyakit pada orang-orang di kawasan tersebut.

Penyakit tersebut bisa berupa gejala stress ataupun gangguan pada sistem dalam tubuh, terutama sistem pendengaran. Bahkan menurut suatu penelitian, limbah suara ini bisa mengakibatkan tekanan darah atau paling buruk bisa mengakibatkan gila. Pemicu-pemicu stress tersebut biasanya disebabkan oleh rasa tidak nyaman karena suara-suara yang sangat mengganggu.

Hal ini seperti ini biasanya terjadi pada orang-orang yang tinggal di kawasan sekitaran bandara. Rumah sekitar pabrik yang berisik, serta rumah-rumah yang dekat dengan perlintasan kereta. Betapa tidak, setiap hari, orang-orang di kawasan tersebut mendengar suara dengan tingkat kebisingan yang sangat tinggi. Tidak sedikit ditemukan kasus orang-orang yang tertekan karena pengaruh suara. Ada yang mengalami tekanan darah, kontraksi perut dan ada juga yang jantungnya terganggu.

Mengapa jantung bisa terganggu? Hal ini ternyata diakibatkan oleh suara detak jatung yang meningkat saat mendengar suara tinggi. Suara tinggi itu biasanya berada pada frekuensi 80 dB. Frekuensi inilah yang mengakibatkan seseorang bisa terkena dampak kesehatan akibat polusi suara.

Penanggulangan Polusi Suara

Agar terhindar dari efek pengaruh polusi suara, maka yang perlu dilakukan adalah penanggulangan limbah suara. Tentu penanggulangan ini merupakan suatu langkah baik. Penanggulangan ini setidaknya bisa menurunkan risiko orang stress atau orang gila. Apa sajakah cara penanggulan dalam masalah ini? Berikut beberapa solusinya.

  • Untuk pabrik dengan tingkat kebisingan tinggi sebaiknya ditempatkan pada suatu kawasan yang jauh dari perumahan. Dengan begitu tidak akan ada yang merasa terganggu.
  • Kawasan bandara yang notabene sebagai sumber polusi suara terbesar harus ditempatkan  pada wilayah yang jauh dari kawasan perumahan.
  • Dibuatnya bangunan yang tidak merata agar suara bisa menyebar ke segala arah.
  • Untuk sumber suara bising, perlu dibuat lapisan kedap suara agar suara tidak membuat bising ruang sekitar.
  • Dibuatnya standar tingkat kebisingan pada kendaraan bermotor. Dalam hal ini para pemilik pabrik pembuat kendaraan bermotor perlu membuat inovasi kendaraan yang memiliki bunyi rendah.
  • Membuat lebih banyak Ruang Terbuka Hijau atau RTH.
  • Prosedur perizinan bangunan seperti pabrik dipersulit. Dibuatkan sebuah syarat agar bangunan yang didirkan nanti tidak mengeluarkan bunyi bising yang bisa mengganggu masyarakat.
  • Untuk masyarakat, dapat dengan sadar diri mengatur tingkat rendah tingginya suara sebuah perangkat hiburan dengan tidak terlalu keras
  • Untuk para pekerja yang bekerja di kawasan bising atau tempat yang menimbulkan suara keras, peredam suara bisa menjadi solusi yang cukup baik.
  • Pagar pembatas jalan dari sumber suara yang menimbulkan polusi suara, dapat dibangun agar suara semakin melebar.
  • Untuk masyarakat yang sudah terlanjur pada wilayah yang berada di kawasan polusi suara, bisa melakukan kegiatan hiburan dengan pergi ke gunung atau pantai agar tidak terlalu tertekan dengan polusi suara yang menganggu. Namun jika kasusnya sudah benar-benar akut atau memang terlampau menganggu, jalan yang terbaik adalah pindah tempat tinggal ke tempat yang lebih baik.

Itulah beberapa penanggulangan limbah suara yang bisa dilakukan baik oleh pemerintah sebagai pengawas, para pelaku, dan para korban dari polusi suara ini. Cara-cara tersebut tergolong sangat efektif untuk mengurangi terjadinya limbah suara. Setidaknya cara tersebut mengurangi dampak buruk yang diakibatkan oleh suara bising yang terlalu tinggi.

Dari uraian dan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penanggulangan polusi suara tergolong membahayakan. Jadi bukan hanya pencemaran lingkungan berupa air dan udara saja, suara pun bisa sangat mengancam. Jika hal ini tidak bisa ditanggulangi, tentu akan berakibat buruk dan akan sangat menganggu kehidupan.

Manfaat Polusi Suara

Langkah-Langkah Penanggulangan Limbah Suara -1

Terlepas  dari semua itu, pencemaran suara ini juga sebenarnya bisa menjadi sesuatu yang positif. Sisi positifnya memang tidak terlalu signifikan tapi cukup berguna. Misalnya hal positif yang bisa dilihat adalah polusi suara bisa digunakan sebagai terapi kesehatan. Ternyata selain berbahaya, polusi suara juga bisa dimanfaatkan sebagai  sarana terapi jika tahu cara memanfaatknya.

Terapi ini biasanya disebut terapi musik. Selain itu, polusi suara juga sebenarnya bisa  memberikan nilai positif berupa peluang kerja untuk orang-orang yang ahli dalam bidang tersebut.  Itulah beberapa nilai positif dari polusi suara. Tidak berpengaruh besar memang karena pada dasarnya yang namanya pencemaran atau polusi adalah sesuatu yang negatif.

Informasi tentang penanggulangan limbah suara dan hal-hal yang melingkupinya tadi mudah-mudahan bisa menambah pengatahuan pembaca. Mudah-mudahan informasi ini pun bisa membuka pikiran bahwa pencemaran suara itu tergolong berbahya. Setidaknya efek terburuknya adalah pada kesehatan dan kejiwaan makhluk hidup di sekitarnya.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibu Guru Pasti Meleleh, Ini Puisi Hari Guru Nasional Berbagai Macam Peralatan Kantor Serta Fungsinya