Lokasi Dan Keindahan Pantai Tanjung Lesung Di Banten

Lokasi Pantai Tanjung Lesung masuk wilayah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, tepatnya Dari Jakarta membutuhkan 4 jam perjalanan dengan menggunakan mobil. Cukup jauh bukan, tapi ketika Anda datang ke Pantai Tanjung Lesung, rasa capek segera hilang terobati oleh panorama pantai yang indah dan masih asri.

Lokasi Tanjung Lesung yang Sangat Indah

Mungkin selama ini masyarakat Jakarta lebih banyak langsung menuju pantai Anyer yang lebih terkenal duluan. Tapi coba sekali-kali datang ke lokasi Tanjung Lesung, tempat ini ibarat last paradise in West Java. Keindahannya tak kalah dengan pantai-pantai di Bali sekali pun.

Lokasi Dan Keindahan Pantai Tanjung Lesung Di Banten-1

Karakter Pantai Tanjung Lesung berpasir putih, ombaknya tak besar dan suasananya masih tenang jauh dari hiruk pikuk penjual asongan. Selain itu, tak jauh dari pantai, terdapat hutan hujan yang masih asri. Jadi objek wisata ini merupakan gabungan antara wisata pantai dan wanawisata.

Bahkan tempat wisata ini digadang-gadang akan menyaingi Bali, karena oleh pemerintah pusat melalui PT Jababeka giat mengundang investor untuk diajak menanamkan modalnya di pantai ini. Sekarang sudah ada bebarapa hotel dan resort bintang tiga yang buka di sekitar pantai ini.

Ke depannya, pemerintah pusat rencana akan membikin bandar udara kecil guna memperlancar tranportasi dari Jakarta menuju Anyer, Tanjung Lesung, dan Charita.

Akses Menuju Tanjung Lesung

Lokasi Tanjung Lesung tepatnya berada Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbangan. Pandeglang. Dari kota kabupaten hanya perlu waktu 40 menit perjalanan menggunakan mobil. Akses jalan menuju tempat wisata berupa jalan aspal mulus. Kemudian rambu penunjuk arah terpasang di tempat strategis, sehingga tak membingungkan wisatawan.

Lokasi Dan Keindahan Pantai Tanjung Lesung Di Banten-2

Jika Anda dari Jakarta bisa langsung lewat tol Jakarta – Merak kemudian ke luar menuju Serang, dan dilanjutkan ke Kabupaten Pandeglang. Sedangkan bagi wisata backpacker, bisa naik bus AKP dari Jakarta cari trayek tujuan Pandeglang. Setelah di terminal Pandeglang, ganti angkutan pedesaan yang arah ke Tanjung Lesung.

Luas objek wisata ini 150 hektar, dengan karakter pantai yang landai dan menjorok daratan. Sehingga mirip lesung, alat penumpuk padi, maka dari itu dinamai Pantai Tanjung Lesung.

Objek wisata ini tergolong masih baru. Pertama kali dibuka pada 1999 dan sampai sekarang sudah banyak fasilitas modern yang disediakan untuk menunjang objek wisata ini. Fasilitas di sana antara lain lapangan voly pantai, dermaga, gardu pandang, restoran seafood, dan masih banyak lagi. Selain itu, di sini juga ada bebarapa biro wisata yang menawarkan paket wisata menarik.

Aktivitas di Tanjung Lengsung

Di pantai ini, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Semua fasilitas diberikan kepada wisatawan agar mereka puas dan mau berlama-lama menikmati pantai andalan Pandeglang ini. Berikut ini adalah sejumlah kegiatan yang bisa dilakukan disekitar pantai.

Snorkeling

Karakter perairan di Tanjung Lesung yang tenang, dan terdapat gugusan terumbu karang yang masih baik. Sangat cocok untuk snorkeling bagi peranang pemula. Di sana terdapat operator diving yang menawarkan paket diving atau snorkeling dengan spot yang menarik.

Outbond

Outbond di pantai ini menawarkan pengalaman liburan yang berkesan. Games-games seru tak hanya dilakukan di daratan, tapi juga dipinggir pantai dengan deburan ombak, sehingga menambah ceria liburan Anda.

Outbond menjadi agenda wajib bagi sebagian perusahaan dan sekolah. Manfaat outbond ini antara lain memotivasi kekompakan kerja dan meningkatkan kualitas cara berpikir. Namun dengan diiringi suasana santai sambil liburan akan lebih menarik, dan yang pasti bikin ketagihan. Untuk paket outbond, biasanya ditawarkan oleh biro wisata yang bekerja sama dengan konsultan management dan hotel setempat.

Mancing

Tanjung Lesung juga terdapat spot mancing yang bagus, selain itu oleh investor disediakan dermaga khusus untuk penggila pancing. Anda bisa menghabiskan liburan akhir pekan dengan memancing sepuasnya. Masal dapat atau tidak itu tergantung keahlian strategi Anda dalam menentukan umpan dan jorannya. Sedangkan bagi yang menyukai mancing tengah laut, di sini Anda bisa menyewa boat, dan mengantarkan ke spot mancing ikan monster, seperti ikan kue / Giant Travelly, cakalang, dan sejenisnya.

Paint ball

Pingin uji nyali sambil liburan pun bisa. Di lokasi Pantai Tanjung Lesung disediakan area paint ball yang dijalankan oleh perator paint ball. Olahraga simulasi pertempuran dangan senjata gas. Di sini Anda bersama teman bisa main paint ball sepuasnya, sedangkan perlengkapan perang seperti senapan, baju loreng, helm dan body protektornya bisa sewa dari operator paint ball. Harga per paket ditawarkan cukup rasional. Jika mahal pun, Anda bisa bayar patungan dengan teman-teman Anda.

Naik Kapal

Di Pantai ini, wisatawan dapat menyewa kapal untuk berlayar menyusur laut Sunda. Satu kapal bisa dinaiki lima orang dan setiap penumpang dilengkapi dengan jaket pelampung. Kapal-kapal ini juga bisa mengantarkan wisatawan ke Pulau Anak Krakatau.

Bulan Madu

Tak sedikit pasangan pengantin baru yang memutuskan liburan bulan madunya di Pantai Tanjung Lesung, akses dari Jakarta lebih dekat dari pada jauh-jauh pergi ke Bali atau Lombok. Toh, panorama di sini tak kalah cantik. Terlebih lagi di sini sudah ada banyak hotel berbintang tiga, yang letaknya berdekatan dengan pantai.

Water Sport

Fasilitas water spot di sini lumayan lengkap misalnya banana boat, kayak, pedal boat. Banana boat adalah sejenis perahu karet yang bentuknya seperti pisang, ditarik dengan speed boat. Boat ini bisa ditunggangi banyak orang, duduknya rentangan.

Objek yang Terdekat dari Tanjung Lesung

Ada sejumlah objek wisata pilihan setelah puas menikmati Tanjung Lesung. Selesai dari sini, Anda bisa melanjutkan wisata Anda ke objek wisata berikut ini.

Pantai Carita

Pantai Carita merupakan pantai yang sudah dulu terkenal, lokasinya tak jauh dari pantai Tanjung Lesung, dan masih masuk Kabupaten Pandeglang. Pantai Carita terkenal dengan kontur pantainya yang landai, pasirnya berwarna putih. Selain itu, deburan ombaknya pun tak seganas pantai selatan. Jadi pantai ini aman untuk bermain anak-anak.

Pantai Anyer

Alternatif wisata lain adalah Pantai Anyer, objek wisata bahari ini masuk dalam kabupaten Serang. Jaraknya 38 km dari kota Kabupaten. Akses menuju pantai ini mudah dijangkau, lantaran dilintasi jalan tol Merak – Jakarta.

Pantai Anyer merupakan pantai yang memiliki nilai sejarah ketika zaman kerajaan Nusantara, di sini tentara Belanda membangun benteng karena Banten merupakan tempat strategis dimana pintu masuk perdagangan dari Sumatera melewati wilayah ini. Salah satu peninggalan sejarah yang masih berdiri kokoh di Anyer adalah mercu suar yang dibangun pada tahun 1855.

Pantai Anyer sekarang sudah dibangun secara modern, dengan sarana pendukung yang komplit, misalnya hotel berbintang empat yang dibangun oleh investor asing, menjorok ke laut. Hotel ini menawarkan layanan kelas atas dengan sejumlah benefidnya.

Sebaiknya datang ke Pantai Tanjung Lesung itu jangan saat hari libur sekolah, pasti dijamin ramai dipenuhi wisatawan dari berbagai penjuru. Demikian juga ketika akan menginap, reservasi kamar harus jauh-jauh hari agar tak kehabisan hotel.

Demikianlah sekilas tentang lokasi Tanjung Lesung, sebuah objek wisata yang masih baru yang diproyeksikan kelak bakal menggantikan posisi Bali.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibu Guru Pasti Meleleh, Ini Puisi Hari Guru Nasional Berbagai Macam Peralatan Kantor Serta Fungsinya