Loket BRI Ini Bisa Dijadikan Sebagai Mitra Usaha

Pernahkah Anda melihat orang-orang yang mengelola loket pembayaran BRI? Loket BRI sekarang ini memang sudah tersebar di berbagai daerah. Loket-loket pembayaran ini dikelola oleh perseorangan atau kelompok yang telah menjalin kerja sama dengan BRI.

Melalui loket pembayaran ini, setiap orang bisa melakukan pembayaran berbagai tagihan dengan mudah. BRI saat ini memang telah meluncurkan suatu program yang disebut KIOS BRI. Nah, apakah Anda tertarik untuk menjalin kerja sama dengan BRI untuk mendirikan loket seperti ini? Jika Anda berminat, sebaiknya simak informasi ini terlebih dahulu.

Program KIOS BRI Link

KIOS BRI ini merupakan sebuah program yang dijalankan dengan menggunakan sistem PPOB. PPOB yang merupakan kepanjangan dari Payment Point Online Bank adalah suatu sistem pembayaran tagihan-tagihan yang menjalin kerja sama dengan dunia perbankan. Koneksi yang dilakukan secara online membuat transaksi dan data bisa diakses secara real time.

Dalam hal ini, PT. Bangun Usaha Energi Perkasa yang memiliki merek dagang KIPO (Kios Pembayaran Online) bekerja sama dengan BRI untuk melayani berbagai transaksi seperti pembayaran tagihan air dari PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum), tagihan listrik, tagihan telepon dan berbagai tagihan-tagihan lainnya termasuk kredit pembiayaan barang. Kios pembayaran online ini tidak dijalankan oleh BRI melainkan orang-orang biasa yang menjalin kemitraan dengan BRI.

Kehadiran loket-loket pembayaran online ini memang telah membuat masyarakat semakin dimudahkan untuk melakukan pembayaran di sekitar mereka. Selain itu, program kerja sama pendirian loket pembayaran ini juga membuka peluang usaha bagi masyarakat sehingga mampu meningkatkan perekonomian.

Program KIPO yang ditawarkan oleh BRI yang bekerja sama dengan PT. Bangun Usaha Energi Perkasa ini memiliki sejumlah kelebihan jika dibandingkan dengan penyelenggara PPOB lainnya. Memang sudah bukan rahasia lagi jika ada cukup banyak perusahaan yang menawarkan layanan loket PPOB. Oleh karena itu, mereka yang tertarik untuk mencicipi bisnis ini perlu memilih penyelenggara layanan PPOB dengan tepat.

Nah, program Kios BRI menawarkan tenaga pendukung yang ada di setiap daerah. Tenaga pendukung ini sudah dibekali dengan keahlian untuk mengatasi berbagai masalah yang mungkin terjadi dalam pelayanan transaksi pembayaran secara online. Kehadiran tenaga pendukung ini begitu penting sebab berkaitan erat dengan kenyamanan pembayaran yang dilakukan oleh konsumen.

Kemudahan lainnya yang ditawarkan oleh program Kios BRI ini adalah pendaftaran yang mudah dan sistem pengelolaannya yang tidak rumit. Selain itu, juga bisa dijalankan oleh siapa saja asalkan memiliki tempat. Juga mampu menyediakan perlengkapan yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini dan tentunya memiliki kemauan.

Bekerja Sama dengan Kios BRI

Bagi mereka yang tertarik untuk membuka usaha loket pembayaran BRI, BRI menawarkan persyaratan yang cukup ringan dan mekanisme pendaftaran yang mudah dilakukan. Untuk membuka usaha loket pembayaran ini, siapkanlah sebuah ruang usaha. Jika Anda tidak ingin menyewa sebuah kios atau toko, gunakan saja rumah pribadi atau garasi sebagai tempat untuk membuka usaha loket pembayaran ini. Lakukan saja pengaturan dengan baik agar ruangan yang digunakan nyaman bagi konsumen.

Selain ruangan, siapkan juga beberapa perlengkapan pendukung yang meliputi seperangkat komputer, printer dan koneksi internet. Untuk komputer, paling tidak siapkanlah sebuah komputer dengan prosesor Celeron atau Pentium 4 untuk mendukung pekerjaan yang hendak dilakukan.

Prosesor ini sebaiknya dipadukan dengan RAM minimal 512 MB dan harddisk dengan kapasitas 40 GB. Untuk monitor sebaiknya gunakanlah monitor dengan resolusi paling tidak 1.024 x 768 pixel. Jika tidak ada komputer desktop, laptop atau netbook pun bisa digunakan untuk usaha ini.

Sementara itu, untuk printer pilihlah printer dot matrik Epson seri LX 300 atau sejenisnya. Printer semacam ini biasanya digunakan untuk mencetak bukti-bukti pembayaran yang telah disetorkan oleh konsumen. Selanjutnya untuk koneksi internet, Anda bisa menggunakan modem GSM yang saat ini semakin mudah didapatkan.

Pastikan saja koneksi internet cukup lancar sehingga tidak mengganggu operasional loket BRI yang hendak didirikan dan harganya terjangkau, dalam artian tidak membebani biaya operasional usaha. Koneksi internet sangat penting untuk diperhatikan sebab di masing-masing daerah biasanya koneksi internet ini memiliki perbedaan kecepatan antara operator yang satu dengan operator yang lain. Nantinya akan digunakan sebagai Internet Banking Bank BRI.

Jika perlengkapan usaha tersebut telah disiapkan, kemudian isilah formulir pendaftaran yang tersedia untuk mengikuti program Kios BRI ini. Pendaftaran ini bisa dilakukan secara online melalui situs resmi Kios BRI. Atau bisa juga dengan menghubungi kantor-kantor BRI terdekat.

Untuk mengikuti program ini, Anda diharuskan menyerahkan fotokopi identitas diri atau KTP sebagai penanggung jawab operasional loket. Selain itu, pastikan Anda telah memiliki rekening di BRI yang kelak akan digunakan untuk mengirimkan keuntungan hasil transaksi yang telah terjadi di loket yang dikelola.

Tentu saja selanjutnya BRI akan melakukan penilaian dan mempertimbangkan pengajuan kerja sama Kios BRI tersebut. Jika pengajuan telah disetujui, pihak penyelenggaran program Kios BRI lantas memberikan penjelasan teknis berkaitan dengan operasional usaha dan pendamping sampai usaha loket pembayaran ini bisa berjalan.

Peluang Usaha PPOB Dari Bank BRI

Program PPOB yang ditawarkan oleh BRI ini memang terbilang aman karena bekerja sama dengan bank miliki pemerintah yang kantor-kantor cabangnya telah tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Program PPOB disambut antusias oleh masyarakat karena memberikan alternatif usaha kecil yang baru. Pada umumnya, usaha ini dikelola oleh ibu rumah tangga karena bisa dijalankan sambil mengasuh anak ataupun menjalankan bisnis lainnya seperti minimarket, penjualan pulsa ponsel, butik dan usaha-usaha rumahan lainnya.

Lantas dari mana keuntungan yang diperoleh dari usaha loket pembayaran ini? Keuntungan yang diperoleh tak lain didapatkan dari biaya administrasi yang dikenakan kepada para konsumen yang melakukan pembayaran di loket pembayaran online yang Anda kelola.

Besarnya biasa administrasi ini bervariasi mulai dari Rp. 1.000,- hingga Rp. 1.500,-. Bayangkan saja keuntungan yang akan diperoleh jika di suatu kawasan perumahan atau perkampungan melakukan pembayaran tagihan-tagihan melalui loket pembayaran online ini.

Seperti halnya usaha-usaha lainnya, usaha loket pembayaran online ini pun memiliki tantangan dan persaingan yang cukup ketat. Saat ini ada cukup banyak perusahaan yang menawarkan kerja sama untuk membuka loket dengan sistem PPOB. Oleh karena itu, jika Anda tertarik untuk berkecimpung di bidang usaha ini, maka sebaiknya persiapkan diri sebaik mungkin.

Pelayanan yang cepat dan ramah menjadi salah satu kunci penting agar sukses di bisnis loket pembayaran ini. Selain itu, loket pembayaran yang dipadukan dengan usaha-usaha lainnya juga menjadi daya tarik tersendiri sebab orang tidak hanya bisa datang untuk membayar tagihan-tagihan, tetapi sekaligus untuk berbelanja atau mendapatkan barang-barang kebutuhan lainnya.

Nah, setelah Anda mengetahui peluang usaha loket pembayaran dengan sistem PPOB ini, bisa jadi Anda semakin tertarik untuk bergabung dengan Kios BRI dan mendirikan loket BRI di lingkungan sendiri.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibu Guru Pasti Meleleh, Ini Puisi Hari Guru Nasional Berbagai Macam Peralatan Kantor Serta Fungsinya