Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Macam-Macam Kerajinan Tangan Unik Di Indonesia

Macam-Macam Kerajinan Tangan Unik Di Indonesia

Kerajinan Tangan Dari Jawa Barat

kerajinan tangan payung geulis jawa barat

Jawa Barat mempunyai daerah yang mempesona serta layak dijadikan daerah pariwisata. Tasikmalaya misalnya, yang terkenal dengan keindahan Pantai Cipatujah, objek wisata Situ Gede, wisata alam Gunung Galunggung, dan lain-lain.

Selain menyajikan wisata kuliner yang menggoyang lidah, Tasikmalaya memanjakan para wisatawan yang datang ke wilayahnya dengan macam-macam kerajinan yang dapat dijadikan cinderamata.

Macam-macam kerajinan yang terkenal unik dan khas dari daerah Tasikmalaya di antaranya adalah payung geulis, anyaman mendong, anyaman bambu, kelom geulis, dan lain-lain. Apa saja keunikan kerajinan-kerajinan tersebut? Mari kita simak uraian berikut.

Payung Geulis

Payung geulis merupakan maskot dari Kabupaten Tasikmalaya. Kerajinan payung geulis sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dan Jepang. Sebenarnya, bahan yang digunakan untuk membuat payung geulis cukup sederhana. Kerangkanya terbuat dari bambu dan kayu yang dihaluskan, sedangkan penutupnya terbuat dari kertas yang dicat dan dilukis dengan tangan oleh para pengrajin yang sudah terampil.

Kelom Geulis

Kelom geulis mempunyai arti sandal yang cantik. Kelom geulis merupakan sandal yang terbuat dari kayu damar atau albasiah yang diukir dan diberi hiasan yang cantik. Bagian alas sandal terbuat dari kayu sedangkan bagian penutupnya terbuat dari kain atau plastik yang diberi hiasan cantik dan menarik.

Meskipun kelom geulis cukup berat jika dipakai dikarenakan bahannya yang terbuat dari material kayu, namun karena bentuknya yang cantik dan unik, kelom geulis cukup diminati sebagai cinderamata.

Anyaman Bambu

Kerajinan tangan lain yang layak dijadikan cinderamata dari daerah Tasikmalaya adalah kerajinan dari anyaman bambu. Kerajinan anyaman bambu tersebut malah sudah merambah ke pasar-pasar mancanegara serta berbagai wilayah di Indonesia.

Produk kerajinan bambu yang unik dan menarik adalah sandal-sandal cantik dengan warna-warna yang menarik, tas-tas indah dengan aneka aksesori menarik, kotak seserahan untuk keperluan lamaran dan pernikahan, berbagai macam keranjang, dan lain-lain.

Page: 1 2 3 4
Previously Next
Share:

Mangaip

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibu Guru Pasti Meleleh, Ini Puisi Hari Guru Nasional Berbagai Macam Peralatan Kantor Serta Fungsinya