Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Macam-Macam Kerajinan Tangan Unik Di Indonesia

Macam-Macam Kerajinan Tangan Unik Di Indonesia

Kerajinan Tangan Dari Bali

kerajinan tangan topeng bali

Jika payung geulis merupakan maskot pariwisata dari daerah Tasikmalaya, lain halnya dengan Bali. Bali merupakan maskotnya daerah pariwisata di Indonesia. Keindahan panorama alam di beberapa wilayah Bali tidak bisa diragukan lagi. Sebut saja Pantai Sanur, Pantai Kuta, Bedugul, Kintamani, dan masih banyak lagi.

Selain terkenal dengan keindahan panorama alamnya, Pulau Dewata Bali juga terkenal dengan cinderamatanya yang senantiasa menggoda para wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh bagi sanak keluarga serta sahabat di daerah asalnya.

Beberapa cinderamata yang terkenal antara lain kerajinan topeng tradisional Bali, tongkat kayu ukir, wayang kulit khas Bali, kostum tari Bali, kipas Bali, gelang-gelang unik, kalung-kalung unik, ikat pinggang unik, cincin, tasbih, gantungan kunci, dan lain-lain.

Topeng Tradisional Bali

Bagi masyarakat Bali, topeng tidak hanya sekadar hasil kerajinan yang bernilai seni tinggi, tetapi berhubungan erat dengan kegiatan keagamaan umat Hindu. Topeng tradisional Bali mempunyai beberapa bentuk yang mencerminkan watak manusia di antaranya watak marah, watak lembut, watak bijaksana, dan lain-lain.

Topeng-topeng yang berhubungan dengan kegiatan keagamaan disebut dengan topeng wali. Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk membuat topeng tersebut di antaranya kayu, kain, kertas, dan lain-lain. Patung-patung tersebut menyerupai wajah dewa-dewi, wajah manusia, wajah binatang, wajah setan, dan lain-lain.

Khusus untuk topeng wali, bahan bakunya harus dibuat dari kayu, namun ternyata tidak semua kayu dapat digunakan untuk membuat topeng wali. Beberapa jenis kayu yang dapat digunakan untuk membuat topeng wali di antaranya kayu pulai, kamboja putih, bentawas, dan panggal buaya.

Beberapa hal yang sangat diperhatikan oleh para pembuat topeng, agar dapat menghasilkan topeng yang indah, yaitu warna kayu, tekstur kayu, serat, figura, kekerasan, dan berat kayu. Meskipun terkesan berat dan menyeramkan, ternyata kerajinan topeng tradisional Bali sangat diminati oleh para wisatawan untuk dijadikan buah tangan. Baik untuk dijadikan koleksi pribadi maupun untuk oleh-oleh bagi sahabat dan keluarga.

Wayang Kulit Khas Bali

Wayang kulit Bali dipercaya merupakan bentuk wayang kulit tertua yang ada di Indonesia. Wayang kulit Bali diperkirakan berasal dari wayang batu yang terdapat pada relief Candi Panataran di Blitar Jawa Timur. Seperti halnya wayang-wayang yang lain, tokoh-tokoh yang terdapat pada wayang kulit Bali terdiri atas Bima, Arjuna, Hanoman, Rama, Sinta, dan lain-lain.

Selain dari awal kelahirannya, kekhasan wayang kulit Bali terdapat juga dari bahan dasar pembuatannya. Bahan dasarnya adalah kulit dan tanduk kerbau.

Page: 1 2 3 4
Previously Next
Share:

Mangaip

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibu Guru Pasti Meleleh, Ini Puisi Hari Guru Nasional Berbagai Macam Peralatan Kantor Serta Fungsinya