Macam-Macam Menulis Dan Teknik Penulisannya

Macam-macam menulis dan teknik menulis merupakan aktivitas kreatif yang memiliki banyak manfaat. Dari sudut pandang apapun menulis akan memberikan keuntungan. Menulis akan membuat Anda menjadi sehat, cerdas, kaya, terkenal bahkan masuk surga. Dan yang paling penting, aktivitas ini sangat mudah, simple dan tak butuh modal besar untuk melakukannya. Hanya dibutuhkan kesabaran dan ketekunan untuk mengasah kemampuan menulis seseorang.

Menulis juga membuat Anda merdeka dari perintah atasan mana pun. Anda akan menjadi bos atas diri Anda sendiri, berbeda dengan ketika harus bekerja sebagai karyawan perusahaan atau lembaga pemerintahan. Anda harus menjadi bawahan yang siap di-resign bila mana tak diperlukan lagi.

Namun, menjadi penulis Anda tak mengenal istilah pensiun atau pun mutasi. Apalagi pecat memecat. Oleh sebab itu, janganlah menjadikan menulis itu hanya sebagai hobi. Menulis itu keahlian skill seseorang yang tidak semua orang dapat memilikinya.

Ada banyak macam-macam menulis yang bisa dilakukan untuk mendapatkan beberapa keuntungan di atas. Yang paling sederhana tentu saja menulis diary sebagai catatan memoar kehidupan seseorang.

Berangkat dari menulis buku harian, kebanyakan orang bisa mengawali kesuksesan di dunia kepenulisan.

Mereka yang sukses ini tentu saja punya modal besar yang tidak semua orang bisa melakukannya, yakni sabar dan tekun. Sebab menulis merupakan bagian dari pengasahan skill dan kemampuan. Seseorang dituntut untuk terus tekun belajar dan tidak menyerah dengan aneka tantangan.

Belajar Aneka Tulisan

Berikut ini macam-macam menulis yang bisa di coba untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan skill menulis Anda;

Menulis Opini

Bagi Anda yang ingin menulis opini sebaiknya rajin-rajinlah menyibak perkembangan berita dan hal-hal kekinian sebagai bahan argumentasi Anda. Terutama untuk tema-tema sosial politik yang selalu berkembang.

Opini merupakan pendapat seseorang yang dituliskan berlandaskan pada fakta yang menjadikan kekuatan data argumennya. Opini yang baik mengandung ide-ide orisinil dari penulisnya, ditulis dengan gaya bahasa cerdas dan tidak bertele-tele.

Menulis Puisi Dan Cerpen

Inilah jenis tulisan yang secara langsung melatih ruang imajinasi otak kanan Anda. Pilihan kata-kata indah dan abstrak dari sebuah puisi akan meningkatkan daya kecerdasan olah kata Anda. Anda akan menjadi sosok kamus kata-kata, Anda akan senantiasa menjadi sosok yang memiliki kata-kata segar, enak didengar dan tidak membosankan.

Demikian juga menulis cerpen, Anda akan menjadi seorang yang kaya akan ide dan solusi-solusi. Menulis cerpen dan puisi sebagai bagian dari tulisan fiksi, akan memaksimalkan perkembangan otak kanan Anda. Bagian otak kanan merupakan bagian yang kaya akan kreativitas. Maka dapat disimpulkan, sosok penulis cerpen dan puisi merupakan sosok-sosok kreatif yang tengah berusaha memaksimalkan fungsi otak kanannya.

Menulis Buku

Menulis buku merupakan sebuah tantangan bagi penulis untuk memulai penanjakan karir menulisnya. Menulis buku memerlukan limpahan ide-ide luas yang tidak stagnan dan membosankan.

Bayangkan, buku setebal ratusan halaman, artinya Anda selain harus punya stok ide yang luas dan matang, Anda juga perlu membekali diri untuk bisa mengembangkan ide-ide kecil menjadi lebih luas dan mudah dikembangkan. Anda harus belajar teknik pengembangan paragraf.

Buku merupakan bentuk pengakuan seseorang itu dikatakan sebagai penulis. Orang awam kerap bertanya saat memproklamirkan diri sebagai penulis, dan pertanyaan yang paling utama akan Anda dengar adalah ‘sudah menerbitkan berapa buku?’

Mereka tidak akan bertanya sudah berapa kali Anda menang dalam lomba kepenulisan, tapi sudah berapa buku telah Anda hasilkan. Ada banyak macam-macam menulis yang bisa dilakukan oleh seorang penulis, namun ternyata bagi orang awam, buku adalah tolak ukur Anda dikatakan sebagai penulis.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibu Guru Pasti Meleleh, Ini Puisi Hari Guru Nasional Berbagai Macam Peralatan Kantor Serta Fungsinya