Mengenal Beberapa Teknik Memotong Rambut

Teknik Memotong rambut adalah salah satu aktivitas atau pekerjaan yang dapat disamakan dengan sebuah karya seni. Cara menikmati keindahan hasilnya tergantung masing-masing orang. Seperti halnya sebuah lukisan, lagu atau pertunjukan teater.

Belum tentu indah dan menarik bagi satu orang, tetapi mungkin menarik bagi orang lain. Bedanya yang menjadi obyek disini adalah manusia. Dimana gaya potongan rambut bagi seseorang mungkin dilihat menarik oleh orang lain, mungkin juga tidak. Tergantung interpretasi masing-masing orang.

Yang paling penting dalam sebuah gaya potongan rambut tentu adalah kesesuaiannya dengan bentuk wajah seseorang. Apapun jenis potongannya, baik untuk rambut panjang maupun pendek semua akan dipengaruhi oleh bentuk wajah seseorang. Khususnya bagi wanita.

Teknik Memotong Rambut

Mungkin untuk pria tidak terlalu penting bagaimana bentuk wajah, yang dibutuhkan adalah bagaimana terlihat rapi. Namun jika teknik yang digunakan untuk memotong salah, alih-alih terlihat rapi dan indah yang terjadi adalah bencana atau style disaster. Jika anda sedang ingin merubah gaya tatanan rambut, beberapa teknik memotong rambut dibawah ini mungkin akan membantu anda untuk meminta kepada hair stylist di salon langganan cara memotong yang anda inginkan.

Teknik Memotong Rambut Dry Cutting

Seperti namanya, teknik atau gaya memotong ini biasanya digunakan untuk rambut yang cenderung kering. Ciri-cirinya biasanya rambut akan semakin bervolume. Sehingga teknik ini dimaksudkan agar rambut tidak sulit untuk ditata dan terlihat semkin kusam.

Cara yang digunakan dalam teknik ini adalah dengan menggunting rambut bagian luar lebih pendek daripada bagian dalam. Namun yang perlu diperhatikan tentu panjang rambut. Akan lebih baik jika teknik ini menghasilkan potongan rambut bagian luar sampai dibawah garis batas wajah, tentunya bagian dalam juga lebih panjang lagi. Jangan membuat jarak antara bagian dalam dan luar terlalu panjang, secukupnya saja. Hal ini untuk menghindari rambut luar semakin tidak tertata.

Teknik Memotong Rambut Sliding Cutting

Untuk gaya atau teknik memotong seperti ini, hampir sama dengan teknik potong dry cutting diatas. Yang membedakan hanya, biasanya teknik ini diaplikasikan pada orang-orang yang memiliki rambut halus. Sehingga tujuan utama teknik ini adalah membuat rambut lebih bervolume.

Caranya sama saja yaitu dengan membuat rambut dalam lebih panjang daripada bagian luar. Namun pada teknik ini sah-sah saja untuk memotong rambut dengan jarak yang agak panjang antara rambut luar dengan rambut bagian dalam.

Bahkan ada beberapa stylist yang melakukan pemotongan dengan beberapa tingkat atau layer yang berbeda mulai dari rambut luar sampai dengan rambut bagian dalam. Hasilnya adalah tingkat-tingkat halus atau layer yang tidak begitu terlihat pada rambut. Namun rambut tetap dapat terlihat bervolume. Khususnya jika anda berniat untuk melakukan blow.

Teknik Memotong Rambut Thinning Cutting

Tujuan utama dari teknik adalah untuk menipiskan bagi rambut yang tebal. Khususnya jika rambut cenderung besar-besar. Sehingga yang menjadi focus adalah menghilangkan beberapa helai rambut bagian dalam, yang tentu tidak untuk menghilangkan bagian akar atau folikel rambut. Caranya adalah dengan menggunakan gunting dan membelah rambut untuk menggunting secara acak bagian dalam rambut. Sehingga beberapa helai akan jatuh dan rambut akan terlihat lebih lebih tipis dari luar.

Teknik Memotong Rambut Direct Cutting

Teknik ini ditujukan untuk memotong rambut secara langsung dan agar rambut dapat jatuh ke bawah dengan manis. Biasanya digunakan untuk rambut yang bertekstur berat. Yaitu tebal namun helai rambut cenderung besar dan sedikit halus. Jika menggunakan teknik yang biasa, dikhawatirkan rambut malah akan mengembang ke samping.

Akhirnya kesan yang ditunjukkan adalah rambut tidak rapi karena akan keluar-keluar. Berbeda jika rambut jatuh ke bawah, maka rambut akan mudah ditata. Dan terlihat sehat. Cara yang biasa digunakan adalah dengan copping atau menggunting secara zigzag bagian ujung rambut. Sehingga rambut akan terlihat tebal tipis di beberapa bagian yang berbeda.

Peralatan Gunting Rambut dan Teknik Penggunaan Peralatan

Keempat teknik diatas pada dasarnya adalah teknik dasar dalam menggunting rambut. Pemilihan salah satu teknik diatas keberhasilannya akan dipengaruhi dengan alat yang digunakan dan teknik menggunakan alat tersebut. Berikut ini beberapa peralatan yang digunakan dalam menggunting rambut, yaitu :

Komet

Anda pernah meminta untuk memotong rambut dengan model shaggy atau berlayer? Pasti pada saat proses finishing terakhir anda terlihat seperti disisir, namun ternyata banyak rambut yang jatuh. Itulah yang dinamakan komet. Yaitu sisir yang memiliki pisau kecil di bawahnya. Fungsinya adalah untuk menghasilkan layer atau tingkat yang halus, khususnya di bagian depan samping wajah. Karena bagian ini yang akan terlihat pertama kali.

Namun ada beberapa orang atau klien yang tidak menginginkan menggunakan alat ini. karena efek layer yang dihasilkan pada rambut akan membuat sangat tipis. Sehingga terlihat seolah-olah seperti rambut yang mudah rusak. Maka solusinya adalah membuat efek layer dari gunting.

Gunting

Seperti kita ketahui, gunting adalah alat dasar yang digunakan dalam potong rambut. Untuk menghasilkan efek yang berbeda, anda tinggal memegang dan mengarahkan gunting dengan cara yang berbeda. Gunting ini akan ada banyak jenisnya.

Ada yang kecil namun runcing di ujung, ada yang standar, ada gunting yang memiliki gerigi dan sebagainya. Masing-masing jenis tentu akan menghasilkan efek yang berbeda. Untuk mendapatkan layer seperti diatas bisa digunakan gunting yang memiliki gerigi, dan seterusnya.

Pisau Cukur atau Razor

Biasanya razor ini akan digunakan untuk menggunting rambut para pria. Untuk menghaluskan atau mendapatkan efek pendek, sehingga kesan spike akan terlihat.

Adapun cara menggunting untuk mendapatkan efek yang berbeda adalah sebagai berikut.

  • Menggunting dengan arah horizontal. Yaitu dari samping kiri ke samping kanan. Biasanya teknik ini dinamakan juga teknik blind. Digunakan pertama kali ketika akan memendekkan rambut. Jadi bukan pada saat finishing atau memberikan efek apapun pada rambut. Cara menggunting ini harus diikuti dengan cara memegang yang benar. Yaitu jari telunjuk dan jari tengah digunakan untuk mengapit rambut dan arah tangan adalah menyerong sebanyak 450 .
  • Menggunting dengan arah vertical. Yaitu dari atas ke bawah. Biasanya cara menggunting seperti ini digunkana untuk mengaplikasikan teknik pemotongan thinning cutting. Gunanya adalah menggunting rambut bagian dalam dari akar atau bagian atas rambut. Selain itu, teknik ini dapat digunakan untuk mendapatkan efek layer pada rambut.

Setelah mengetahui beberapa teknik maupun gaya potongan diatas, tentu anda sekarang tidak perlu bingung untuk meminta kepada hair stylist memotong rambut sesuai efek yang akan anda inginkan. Namun ada hal penting yang harus anda perhatikan sebelum meminta teknik tersebut.

Yaitu anda harus memperhatikan bentuk wajah anda, belum tentu model gaya rambut yang ada di majalah dapat diterapkan untuk anda sendiri. Selain itu pemilihan pemotongan rambut disamping wajah juga sangat penting. Karena keberhasilan potongan rambut biasanya ditentukan oleh rambut samping ini.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibu Guru Pasti Meleleh, Ini Puisi Hari Guru Nasional Berbagai Macam Peralatan Kantor Serta Fungsinya