Mengenal Macam-Macam Laporan Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Macam-macam laporan yang sesuai dengan kebutuhan. Dalam banyak kegiatan seringkali kita mendapatkan istilah ‘laporan’, bukan? Bahkan laporan tersebut bisa dalam kegiatan study banding, study tour, praktik kerja lapangan, atau laposan yang sifatnya bulanan.

Macam-macam laporan seperti itu memang umum ditemui di banyak tempat, beberapa di antaranya adalah sekolah dan perusahaan. Laporan tersebut memiliki peran yang cukup vital untuk mereka yang memilikinya.

Untuk mengetahui banyaknya jenis laporan juga bisa dilihat dari banyak media, sebut saja dengan laporan akhir tahun, laporan keuangan, laporan kegiatan, dan masih banyak lagi. Lalu timbul pertanyaan, untuk apa sih dibuatkannya laporan tersebut? Untuk menjawabnya, secara garis besar laporan memiliki tujuan untuk memperlihatkan apa yang terjadi di waktu tersebut atau rangkuman di waktu ke belakang.

Dengan banyaknya jenis laporan tersebut, tentunya akan membuat kita menjadi banyak tahu, bukan? Namun seperti apa sajakah macam-macam laporan tersebut? Apakah untuk membuatnya itu akan sulit, terlebih bagi mereka yang masih awam? Untuk itu, marilah kita simak ulasannya dalam artikel berikut ini.

Macam-Macam Laporan Berjenis Tertulis

macam-macam laporan tertulis

Laporan umumnya dibuatkan dalam bentuk tertulis, rapi, dan tentunaya dengan penggunaan bahasa yang formal. Laporan jenis tersebut biasa dibuatkan dan diserahkan kepada perusahaan atau sekolah sebagai bukti bahwa kita telah melakukan kunjungan atau kegiatan tersebut. Dengan bentuk laporan tertulis tersebut, ada banyak yang dituangkan di dalamnya.

Isi dari laporan tertulis itu memang ada banyak macamnya, seperti jadwal kegiatan, isi pembahasan kegiatan, kesimpulan dari penyelenggaraan, dan masih banyak lagi. Semua itu memang perlu dibuatkan karena untuk mengetahui isi yang tidak atasan ketahui.

Laporan Kegiatan

Laporan kegiatan dibuat untuk melaporkan tentang kegiatan yang kita lakukan. Dengan membuat laporan tersebut, kita pun bisa memberitahukan dengan mudahnya isi kegiatan yang kita ikuti. Semua itu tentunya harus berdasarkan dengan fakta yang ada di lapangan, jangan pernah sesekali membuat laporan yang fiktif.

Untuk membuatnya cukup mudah. Kita hanya tinggal melaporkan apa yang kita lihat di dalam kegiatan tersebut, seperti adanya lokasi, aktivitas, jenis kegiatan yang dilakukan, waktu kegiatan tersebut, serta dengan siapa saja pelaksana kegiatan tersebut.

Laporan Peristiwa

Sesuai dengan namanya, laporan peristiwa merupakan jenis laporan yang menerangkan tentang peristiwa atau kejadian yang terjadi, tentunya sesuai dengan fakta di lapangan. Laporan jenis ini mirip dengan berita yang dibuat oleh seorang wartawan, dengan melaporkan kejadian yang dilihatnya.

Untuk membuatnya pun tidak terlalu sulit. Di dalam laporan tersebut bisa membubuhkan beberapa kriteria, seperti peristiwa di lokasi, lokasi kejadian, waktu peristiwa tersebut, proses terjadinya peristiwa, dan lainnya.

Laporan Perjalanan

Untuk membuat laporan perjalanan ini biasa dibuatkan ketika kita melakukan sebuah perjalanan. Perjalanan tersebut bisa terjadi ketika kita di sekolah atau bekerja di perusahaan. Umumnya perjalanan tersebut dilakukan untuk study banding, yakni melihat perbandingan tentang suatu produksi atau jalannya pendidikan.

Untuk membuatnya pun tidak perlu sulit. Kita bisa membubuhkan dengan poin siapa yang melakukan perjalanan, kegiatan apa saja yang dilakukan, berapa biaya yang dikeluarkannya, kegiatan apa saja yang dilakukan, dan pembahasan dari perjalanan tersebut.

Laporan Hasil Diskusi

Diskusi perlu dilakukan untuk bisa memecahkan suatu masalah. Diskusi pula akan memberikan banyak pendapat karena diisi dengan banyak kepala. Untuk membuat laporan hasil diskusi tersebut, tentunya kita yang bertugas sebagai notulen atau peserta diskusi harus bisa membuatnya.

Mudah saja untuk membuat laporan jenis tersebut. Yang kita perlukan adalah adanya poin dari topik pembahadan dalam diskusi, peserta diskusi, jumlah peserta, tujuan diadakannya diskusi, rumusan masalah, dan masih banyak lagi.

Laporan Resensi Buku

Laporan ini juga bisa dibuatkan dengan melaporkan isi dari sebuah buku. Itulah yang dinamakan dengan resensi buku. Resensi buku diperlukan karena untuk mengetahui isi dan mengulas mendalam tentang isi buku yang dibaca tersebut. Dengan meresensi buku tersebut, kita akan menjadi tahu dan bisa mengkritik apa yang dirasa kurang tepat dari buku tersebut.

Untuk melakukannya, kita memerlukan poin pembahasan dari isi buku yang diresensi, kelebihan dan kekurangan dari buku tersebut, apa yang objektif dari bukuk tersebut, serta jangan lupa dengan komentar kita dari buku tersebut.

Laporan Keuangan

Laporan keuangan dibuat untuk melaporkan keuangan yang berhasil didapatkan, juga telah dikeluarkan. Dengan membuat laporan keuangan tersebut, pihak pembuat akan mengetahui apa saja keuntungan yang didapat, kerugian apa saja sehingga bisa menjadi cara untuk menghindarinya, juga dengan sisi-sisi keuangan lainnya.

Template Blogger Terbaik Rekomendasi

Laporan keuangan ini biasa dibuat oleh mereka yang menjalankan sebuah usaha, baik itu produksi atau perusahaan. Untuk membuat laporan jenis ini mudah saja, di dalamnya harus berisikan jumlah anggaran yang telah dipakai, anggaran yang diperlukan di waktu selanjutnya, jumlah keuntungan dan kerugian, dan juga dengan pengeluaran yang dipakai.

Dengan mengetahui macam-macam laporan tersebut tentunya kita bisa memberikan data yang akurat. Dalam laporan tersebut biasanya harus dilakukan dengan rinci, jangan sampai ada yang terlewat. Dengan demikian, kita pun bisa melakukan evaluasi terhadap apa yang telah dilakukan sebelumnya.

Cara Mudah Dalam Membuat Laporan

cara membuat laporan

Setelah mengenai jenis laporan, mungkin kita ada yang bertanya, bagaimana cara membuat laporan tersebut? Hal ini memang wajar karena ada beberapa orang yang masih awam dengan pembuatan laporan tersebut. Untuk itu, marilah kita simak mengenai cara pembuatan laporan tersebut.

Kita bisa ambil salah satu contohnya ialah untuk membuatkan laporan kegiatan. Untuk membuatnya, kita memerlukan beberapa poin penting dari laporna kegiatan. Simaklah di sini.

Sampul/Cover

Sampul harus selalu ada, termasuk dalam sebuah laporan kegiatan. Isi sampul berisi judul laporan yang ditulis dengan ukuran besar dan jelas. Jika memungkinkan untuk memuat simbol atau logo maka itu akan lebih baik.

Dasar Kegiatan

Poin ini berisikan tentang alasan kenapa kita mau melakukan kegiatan tersebut. Jelaskan secara gamblang dari alasan tersebut.

Tujuan

Untuk mengisi bahasan ini tentunya sudah jelas, apa tujuan kita melakukan kegiatan tersebut. Untuk isinya disertai dengan bahasan poin per poin agar lebih mudah dipahami.

Waktu Serta Tempat Acara

Sudah jelas, setiap kegiatan pastinya mempunyai waktu dan lokasi. Untuk itu, beritahukan kedua hal tersebut dalam pembuatan laporan kegiatan ini.

Peserta Serta Sasaran

Setiap kegiatan pastinya memiliki peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, bukan? Nah itu harus kita jelaskan secara gamblang. Selain itu, siapa yang disasar dengan diadakannya kegiatan tersebut, apakah warga sekitar, anak muda, dewasa, aparat, atau lainnya.

Jadwal Kegiatan

Jadwal merupakan susunan acara dari kegiatan tersebut. Jelaskan secara mendetail dari mulai sampai akhir. Namun akan lebih bagus jika penyusunan jadwal tersebut dibuatkan ke dalam bentuk tabel.

Sumber Dana Serta Alokasi

Setiap kegiatan pastinya memerlukan dana dan untuk apa saja dana tersebut digunakan. Untuk itu, jelaskan mengenai penggunaan dana serta berapa alokasinya. Sertakan dalam bentuk nominalnya, berikut dengan nominal yang paling kecil sekalipun.

Penggunaan Dana

Suatu kegiatan pastinya memakai banyak material atau juga konsumsi, baik untuk peserta atau siapa saja yang hadir. Untuk itu, sertakan dengan penjelasan tentang penggunaan dana tersebut. Jangan lupa disertakan pula dengan bukti berupa kuitansinya.

Hasil Yang Telah Dicapai

Apa yang telah kita dapatkan dengan mengikuti atau menyelenggarakan kegiatan tersebut? Untuk memperkuat, sertakan dokumentasinya juga, minimal dengan foto kegiatan tersebut.

Saran

Baik atau tidaknya suatu kegiatan pastinya akan dirasakan oleh kita yang ada di sana. Untuk itu, diperlukan poin saran untuk membuat acara lebih baik di masa mendatang.

Nah itulah ulasan mengenai macam-macam laporan yang bisa dibuat dengan sederhana. Sekarang, laporan apa yang akan kita buat?

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibu Guru Pasti Meleleh, Ini Puisi Hari Guru Nasional Berbagai Macam Peralatan Kantor Serta Fungsinya