Mengenal Pengobatan Alternatif Penyakit Ginjal

Pengobatan Alternatif Penyakit Ginjal – Ginjal adalah bagian tubuh yang memiliki peranan penting dalam tubuh, dimana sari makanan atau minuman yang masuk ke tubuh sebelum disalurkan ke seluruh bagian tubuh disaring terlebih dahulu oleh ginjal, untuk dibuang yang tidak perlunya atau yang tidak bermamfaat bagi tubuh.

Karenanya ginjal harus dijaga dengan baik. Bagaimana jika ginjal terlanjur sakit? Bagaimana menjaga ginjal agar tetap sehat dan cara pengobatan alternatif penyakit ginjal?

Pengobatan Alternatif Penyakit Ginjal

Mengenal Pengobatan Alternatif Penyakit Ginjal -2

Pengobatan alternatif saat ini marak terdengar dengan latar belakang mengobati berbagai jenis penyakit, tak terkecuali pengobatan alternatif penyakit ginjal. Sebagian orang percaya bahwa pengobatan alternatif yang biasanya menggunakan ramuan bahan-bahan alami merupakan solusi tepat untuk mengobati penyakit, disamping aman karena tidak menggunakan bahan kimia, pengobatan alternatif juga cenderung menawarkan biaya yang jauh lebih murah, sehingga dapat terjangkau oleh berbagai lapisan masyarakat.

Penyakit Batu Ginjal

Mengenal Pengobatan Alternatif Penyakit Ginjal -3

Ginjal merupakan sistem ekresi, yaitu anggota tubuh yang berfungsi untuk mengekskresikan atau mengeluarkan zat dari sisa metabolisme tubuh berupa urin. Karenanya jika ginjal bermasalah hal tersebut akan memberi dampak yang kurang baik terhadap tubuh. Bagaimana jika ginjal sudah terlanjur sakit? Banyak orang yang berpikir tentang pengobatan alternatif terlebih dahulu sebelum memutuskan mengobatinya dengan obat-obatan yang terbuat dari ramuan bahan kimia.

Penyakit ginjal yang sering disebut adalah batu ginjal, yaitu adanya gumpalan keras menyerupai batu yang ada dalam saluran kantung kemih, biasanya menghalangi keluarnya air kencing atau urine, sehingga menyebabkan sakit pinggang dan sakit kencing yang berlebih. Hal tersebut akan menjadi biasa lagi jika batu tersebut hancur.

Bagaimana cara mengobatinya? Yang pasti segera periksakan ke dokter ahlinya jika sudah diketahui kondisi yang sebenarnya, apakah batu tersebut kecil atau besar? Bahaya atau tidak? Dan, bisa sembuh hanya dengan obat atau perlu operasi.

Dokter lebih tahu yang sebaiknya dilakukan. Namun, untuk mengatasi hal itu atau menghindari adanya batu ginjal tersebut, sebaiknya biasakan untuk selalu meminum air putih yang banyak, sesuaikan dengan kebutuhan tubuh akan cairan, sering mengkonsumsi buah semangka dan melon, minyak jaitun, dan juice lemon.

Penyakit Gagal Ginjal

Mengenal Pengobatan Alternatif Penyakit Ginjal -4

Penyakit ginjal lainnya yang juga sering berkaitan dengan ginjal adalah gagal ginjal, yaitu penyakit yang disebabkan, diantaranya karena rusaknya sel penyaring akibat infeksi atau peradangan, tekanan darah tinggi, dan diabetes mellitus. Karena beberapa sebab tersebut, maka menyebabkan ginjal tidak dapat berpungsi sebagaimana mestinya, fungsi ginjal mengalami penurunan dengan gejala sakit di daerah pinggang, tubuh merasa dingin, sesak nafas, gatal yang berlebihan, sulit konsentrasi, dan kepala pusing.

Ada banyak pengobatan alternatif penyakit ginjal berupa obat-obatan yang diramu dari bahan alami atau tradisional, seperti dibuat dari kulit manggis, daun sirsak, dan banyak lagi bahan alami lainnya yang mungkin bisa menjadi pilihan selain harus mengonsumsi obat dengan bahan kimia. Namun, akan jauh lebih baik jika mengalami gejala seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda mendatangi dokter ahli dibidangnya dan mungkin Anda akan ditangani sebagaimana mestinya. Bagi mereka yang sudah parah mungkin harus hingga cuci darah.

Selain beberapa penyebab penyakit ginjal di atas, penyakit ginjal juga dapat disebabkan karena bawaan lahir, virus, atau  karena pola hidup yang tidak sehat. Penyakit ginjal dapat menyerang siapa saja, tanpa terkecuali anak-anak, remaja, orang dewasa, ataupun orang tua.

Kebanyakan disebabkan karena pola hidup yang kurang baik, dengan banyak mengonsumsi softdrink, junkfood, kurangnya jam istirahat, kurang mengimbangi dengan olahraga, tingkat stress yang tinggi, sehingga seringkali melalaikan kesehatan tubuh, dan berujung di sebuah penyakit yang tak jarang juga penyakit yang sudah diketahui sebelumnya pun dilalaikan, sehingga berakibat pada penyakit lainnya dan menjadi komplikasi, tak jarang berakibat pada ginjal itu sendiri.

Beberapa Tips dan Trik Menjaga Kesehatan Ginjal

  • Biasakan minum air putih yang banyak/sesuai dengan kebutuhan tubuh kita, sebaiknya 6-8 gelas sehari.
  • Jaga pencernaan dengan baik, konsumsi makanan yang banyak mengandung serat yang tinggi.
  • Atur pola makan dengan baik konsumsi makanan sehat, bergizi dan kaya nutrisi, biasakan mengkonsumsi buah, sayuran, dan ikan, hindari makanan yang menggunakan pupuk kimia, makanan olahan siap saji, dan hindari garam yang berlebih.
  • Hindari merokok, bukan hanya akan merusak ginjal, namun juga akan merugikan bagi kesehatan seluruh tubuh dan juga kesehatan orang lain.
  • Hindari minuman yang beralkohol, salah satu penyebab penyakit gagal ginjal.
  • Usahakan untuk tidak mengonsumsi obat antibiotik atau obat anti nyeri, sebab obat kedua ini dapat merusak ginjal.
  • Lakukan dan biasakan untuk berolahraga, minimal jalan kaki atau lari di pagi hari.

Beberapa Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Mengenal Pengobatan Alternatif Penyakit Ginjal -5

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang baik untuk memelihara kesehatan ginjal atau yang sebaiknya banyak dikonsumsi oleh mereka yang sedang sakit ginjal. Dengan berbagai kandungan dan manfaat yang baik untuk kesehat ginjal, makanan tersebut di antaranya:

  • Putih telur. Seperti telah diketahui telur kaya akan protein.Putih telur baik untuk dikonsumsi oleh mereka yang ingin menjaga ginjalnya tetap sehat, sebab dalam putih telur ini mengandung protein yang baik dengan kandungan fosfor yang rendah, baik untuk ginjal.
  • Paprika merah.Selama ini mungkin hanya mengetahui paprika sebagai pelezat makanan saja, ternyata parika itu baik untuk mereka yang gagal ginjal, sebab dapat membantu membersihkan darah.
  • Ikan.Seperti telah diketahui ikan kaya akan protein yang baik serta kaya akan asam lemak omega 3.Ikan ini juga baik dikonsumsi bagi mereka yang mengalami ganguan ginjal.
  • Kembang kol.Sayuran yang satu ini dapat membantu menghilangkan senyawa beracun dalam tubuh, rebus dengan menggunakan merica sedikit, lalu konsumsi.
  • Kubis.Sayuran berikutnya yang juga baik dikonsumsi bagi mereka yang mengalami gagal ginjal adalah kubis, sebab dalam kubis ini mengandung antioksidan yang dapat menyingkirkan radikal bebas di tubuh.
  • Buah-buahan.Minum jus buah yang mengandung banyak antioksidannya, seperti stawberri, bluberri, berry, untuk mengeluarkan racun yang ada di tubuh, sebab jus buah mengandung fitokimia yang dapat memecahkan limbah dan racun.

Salah satu pengobatan alternatif penyakit ginjal yang baik adalah dengan menjaga kesehatan tubuh dan hal itu sebaiknya dilakukan sebelum jatuh sakit. Menjaga jauh lebih baik daripada mengobati, bukan? Untuk menjaga ginjal agar selalu berfungsi sebagaimana mestinya, sebaiknya banyak minum air putih, kurangi minum softdrink, junkfood, konsumsi makanan yang kaya sehat dan akan nutrisi, istirahat dengan cukup, imbangi dengan melakukan olahraga secara teratur, dan manajemen stres dengan baik.

Itulah solusi tepat daripada mengobati apapun bentuknya. Semoga artikel pengobatan alternatif penyakit ginjal ini dapat bermamfaat, menjadi penyemangat untuk bisa menerapkan hidup sehat, supaya dapat menjaga kesehatan ginjal dan anggota tubuh lainnya dari berbagai penyakit, yang tentunya hanya akan merugikan bagi tubuh kita ini.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibu Guru Pasti Meleleh, Ini Puisi Hari Guru Nasional Berbagai Macam Peralatan Kantor Serta Fungsinya