Merencanakan Dan Membangun Model Rumah Idaman Sendiri

Setiap orang mempunyai konsep atau model rumah idamannya masing-masing. Beberapa orang mungkin menginginkan sebuah apartemen mewah di jantung kota. Beberapa yang lain mendambakan rumah dengan bangunan sederhana di pinggir pantai, atau sebuah rumah asri terisolasi di pedesaan.

Apapun model rumah idaman itu, intinya adalah sebuah model rumah yang sesuai dengan keinginan unik Anda, bukan keinginan orang lain pada umumnya. Hanya menurut keinginan Anda sendiri dan atau bersama pasangan Anda.

Membangun rumah impian sendiri merupakan tantangan yang cukup besar, baik dalam perencanaan maupun biaya. Tapi jika Anda mempunyai kemampuan sarana dan bayangan tentang model rumah idaman untuk dimiliki, maka proses ini bisa sangat menyenangkan. Berikut ini adalah petunjuk-petunjuk membangun rumah impian.

Cari Tempat yang Ideal – Model Rumah Idaman

Sebelum Anda dapat merencanakan struktur rumah impian sendiri, Anda perlu mencari lokasi yang sesuai. Anda perlu merencanakan desain di sekitar lanskap. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menggabungkan bangunan dan lokasi ke dalam satu paket tunggal yang indah.

Selain estetika keindahan bentang alam, Anda perlu mengamati lokasi bangunan lain di dekatnya. Apakah ada suatu bangunan yang kiranya akan mengganggu atau tidak.

Jalan menuju lokasi juga perlu diperhatikan. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk menuju ke sana? Berapa lama waktu yang diperlukan untuk pergi bekerja atau lokasi penting lainnya? Hal-hal tersebut perlu dipertimbangkan

Tentukan Berapa Banyak Ruang yang Dibutuhkan – Model Rumah Idaman

Walaupun mungkin penentuan tersebut akan sedikit dibatasi oleh lokasi yang telah Anda pilih, tetapi setiap jenis model rumah impian akan membutuhkan sejumlah ruang dan fasilitasnya. Tentukan berapa banyak orang akan tinggal di rumah tersebut. Masing-masing dari mereka mungkin akan membutuhkan kamar tidur dan kamar mandi pribadi.

Jumlah penghuni juga akan menentukan ukuran area dapur dan ruang makan. Sesuaikanlah itu. Anda juga harus merencanakan ruang tambahan seperti balkon atau teras. Ukuran garasi dan jalan masuk juga harus disesuaikan berdasarkan jumlah mobil yang Anda memiliki.

Selain itu, apakah rumah perlu diberi fasilitas kolam renang atau tidak. Tentukan sedetail mungkin tentang apa saja yang Anda inginkan untuk model rumah idaman Anda. Hal tersebut akan membuat langkah-langkah berikutnya menjadi lebih mudah.

Konsultasikan Dengan Ahli

Beberapa orang mungkin mempunyai keahlian yang hebat untuk merencanakan dan membangun model rumah impian mereka sendiri. Tetapi lebih dari 99% dari kita akan membutuhkan saran dari seorang profesional. Pertama yang perlu ada temui adalah seorang arsitek. Mintalah mereka untuk membuat desain khusus untuk rumah Anda. Meminta dasain dari beberapa arsitek juga diperlukan sebagai perbandingan.

Setelah itu, temuilah seorang kontraktor yang akan menangani pembangunan rumah Anda. Dekorator interior dapat membantu merencanakan dekorasi rumah setelah konstruksi dasar selesai. Tukang kebun profesional dapat disewa untuk menyusun bagian eksterior. Semua layanan tersebut harus dinegosiasikan dan diselesaikan sebelum konstruksi dimulai.

Sesuai Perizinan

Aturan pendirian bangunan daerah setempat harus ditaati ketika membangun rumah impian Anda. Daerah setempat mungkin melarang bangunan dengan ukuran tertentu atau jenis tertentu. Anda harus taati ketentuan tersebut sebelum Anda mulai membangun. Bicaralah dengan otoritas sipil lokal tentang apa saja yang mereka syaratkan dari Anda.

Jangan Pernah Berhenti

Tidak ada rumah yang sempurna atau selamanya sempurna. Setiap orang atau keluarga hidup dengan gayanya yang berubah. Bila rumah sudah jadi, mungkin suatu saat Anda akan menemukan gairah baru untuk kembali mengeksplorasi model rumah impian Anda. Anda tumbuh dan bergerak, demikian juga keadaaan atau situasi lingkungan.

Tips dan Peringatan

Ketika memilih lokasi untuk model rumah idaman dan impian, Anda mungkin perlu melakukannya beberapa kali untuk tempat yang sama dalam waktu yang berbeda. Lokasi yang terlihat indah selama jam ‘sihir’ mungkin tampak sederhana dan biasa saja pada jam sibuk atau tengah hari.

Anda perlu mempunyai dana cadangan. Anggaran yang rinci memang penting, tapi kemungkinan budget naik di tengah pengerjaan sangatlah niscaya. Anda harus selalu tahu berapa banyak biaya yang telah dihabiskan dan berapa banyak biaya lagi yang masih diperlukan untuk menyelesaikan semuanya.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ibu Guru Pasti Meleleh, Ini Puisi Hari Guru Nasional Berbagai Macam Peralatan Kantor Serta Fungsinya