Nilai Plus Aneka Macam Jamur

Table of contents: [Hide] [Show]

Nilai plus aneka macam jamur. Sejak zaman dahulu kala, jamur sudah digunakan oleh nenek moyang kita sebagai bahan pangan. Namun karena belum dibudidayakan, jamur tidak bisa dipetik begitu saja di kebun. Orang harus mencarinya dulu ke hutan dan ladang di saat musim hujan tiba.

Sekarang setelah jamur mulai banyak dibudidayakan, aneka macam jamur bisa dikonsumsi kapan saja dan bisa ditemukan di mana saja. Mulai dari pasar tradisional hingga supermarket dan gerai food court di mal. Di Indonesia kini sejumlah jenis jamur sudah mulai dikenal banyak orang.

Seperti jamur hiratake, jamur tiram kuning, jamur tiram coklat, jamur tiram pink, jamur tiram putih atau shimeji, jamur kuping coklat, jamur shitake, jamur merang, jamur enokitake atau jamur taoge, jamur kancing alias champignon, dll.

Nilai Gizi Jamur

Macam jamur yang bisa dimakan cukup banyak tersedia. Namun apakah Anda sudah mengetahui apa saja khasiat jamur yang Anda konsumsi tersebut?Jamur bukan hanya bermanfaat sebagai pengisi perut semata. Tetapi jamur juga dikenal karena khasiatnya. Ada sejumlah vitamin dan mineral yang terkandung di dalam jamur disertai sejumlah nilai plus lainnya.

Nilai plus jamur :

  • Proteinnya lebih tinggi dari beras dan gandum. Yaitu protein jamur rata-rata 14 sampai 35 persen.
  • Memiliki 9 jenis dari 20 jenis asam amino yang dikenal baik untuk tubuh.
  • Jamur kaya akan vitamin B1, B2, biotin dan niasin.
  • Jamur juga kaya mineral termasuk P, K, Ca, Fe, Na, Mn, Mg, Cu dan Zn.
  • Jamur kaya serat mencapai 7,4 hingga 24,6 persen.
  • Kalori jamur berkisar 100 kj/100gr ditambah 72 persen lemak tak jenuh.

Produk Olahan Aneka Macam Jamur

Jamur bisa diolah menjadi aneka macam produk pangan. Karena rasanya yang netral bisa membaur hampir ke semua jenis masakan. Jamur bisa ditumis, digoreng, dibakar, dipepes atau juga dipanggang.

Jamur tiram misalnya, seringkali dijadikan kripik goreng tepung. Mereka yang jeli menangkap hal ini menjadi peluang usaha dengan membuat kripik jamur aneka rasa. Seperti kripik jamur rasa keju, rasa pizza, rasa balado, dan sebagainya.

Sementara jamur kancing selain yang segar maupun jamur kancing kaleng, cocok sekali digunakan di dalam masakan italia seperti pizza atau omelet. Lain lagi dengan jamur merang yang sangat nikmat sekali rasanya bila dimasukkan ke dalam sup, mie, capcay, tumisan dan pepes.

Bila Anda ingin mencicipi jamur taoge atau jamur enokitake, bisa mencobanya di dalam tumisan dan sup. Atau saat memasak masakan Korea atau Jepang. Bagaimana dengan jamur yang mirip kuping? Jamur kuping yang segar bisa langsung ditumis atau dimasukan dalam sup. Tapi bila Anda menggunakan jamur kuping yang kering, sebaiknya direndam dulu dalam air panas.

Dan untuk Anda para pecinta sate, bisa mencoba sate jamur merang atau jamur kancing. Sebaiknya jamur ini Anda tumis dahulu dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Bumbu halusnya terdiri dari bawang putih, laos, jahe, dan cabe merah. Setelah ditumis, jamur merang atau kancing tersebut ditusuk menggunakan lidi atau media tusukan sate lalu dibakar. Anda bisa menikmati sate jamur ini dengan saus bumbu kacang atau bumbu kecap sesuai selera masing.

Selamat menikmati olahan jamur yang penuh manfaat!

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.