Objek Wisata Unik Di Maluku

Objek wisata unik di Maluku – Maluku merupakan salah satu provinsi tertua di Indonesia. Di dunia internasional, Maluku dikenal dengan sebutan Moluccas. Provinsi ini merupakan provinsi yang sebagian besar daerahnya terdiri atas gugusan pulau-pulau dan perairan, sehingga dikenal dengan sebutan kepulauan Maluku.

Provinsi ini juga memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa.

Maluku – Provinsi Yang Eksotis

Pada Tahun 1999, daerah Provinsi Maluku dipecah menjadi dua, yaitu Provinsi Maluku dengan Ibu Kota Ambon dan Provinsi Maluku Utara dengan Ibu Kota Sofifi. Penduduknya didominasi oleh suku bangsa Melanesia pasifik yasih memiliki hubungan kerabat dengan suku Fiji, Tonga, dan beberapa ras bangsa yang tersebar di Kepulauan Samudra Pasifik.

Hal itu dibuktikan dari kemiripan budaya dan tradisi antara Masyarakat provinsi ini dengan bangsa-bangsa di Kepulauan Pasifik, seperti bahasa, lagu-lagu daerah, makanan, perkakas rumah tangga hingga alat musik. Ciri khas orang-orang Melanesia Pasifik tampak pada penampilan fisiknya yang memiliki kulit gelap, rambut ikal, serta kerangka tulang besar dan kuat. Mereka memiliki tampilan tubuh yang lebih atletis dari pada suku bangsa lain.

Provinsi ini terkenal dengan kekayaan dan kecantikan alamnya. Provinsi ini merupakan daerah yang kaya akan rempah-rempah. Ini juga yang menjadi alasan kuat bangsa Portugis mendatangi dan menjajah Kepulauan ini dahulu kala. Selain kekayaan rempah-rempah, provinsi ini juga dikenal dengan daya tarik alamnya.

Provinsi ini terdiri dari ratusan gugusan gugusan pulau, sehingga ia memiliki panorama alam yang unik, dimana dapat ditemui perpaduan antara kekayaan daratan dan lautan yang eksotis. Selain objek wisata alam, Provinsi ini juga kaya akan objek wisata sejarah. Banyak bangunan dan situs-situs peninggalan zaman kolonial yang masih terpelihara dengan baik hingga saat ini. Hal itu menjadi daya tarik tersendiri bagi provinsi ini. Bahkan, tidak sedikit objek wisata alam dan sejarah Provinsi Maluku itu yang terkenal hingga ke mancanegara.

Berbagai Objek Wisata Unik di Maluku

1. Pantai Natsepa

objek wisata unik di maluku - pantai natsepa

Pantai Natsepa terletak kira-kira 18 Km dari pusat Ibu Kota Provinsi Maluku, Kota Ambon. Tepatnya di Desa Suli Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah. Objek wisata Pantai Natsepa terkenal dengan keindahan panorama pantainya. Pantai Natsepa merupakan hamparan pantai yang lebar dihampari pasir putih yang menawan.

Lokasi ini bisa dicapai oleh pengunjung dengan menggunakan angkutan umum atau pun kendaraan pribadi. Jika menggunakan kendaraan umum, Anda bisa menaiki angkutan umum trayek Suli yang banyak tersedia di sana.

Selain disuguhi oleh pemandangan pantai yang menawan, di Pantai Natsepa Anda juga akan disuguhi oleh berbagai kuliner lokal unik yang menggugah selera, diantaranya, yaitu rujak Natsepa atau sering juga disebut dengan rujak Suli. Untuk menikmatinya pun Anda tidak perlu merogoh kantong saku terlalu dalam, melainkan cukup dengan mengeluarkan uang Rp.5000,- Anda sudah bisa menikmati satu porsi rujak Natsepa. Fasilitas-fasilitas wisata yang bisa Anda dapatkan di pantai Natsepa antara lain beberapa shelter untuk menikmati keindahan pantai dan pemandangan unik di Teluk Baguala.

2. Pulau Morotai

objek wisata di maluku - pulau morotai

Pulau Morotai terletak di Provinsi Maluku Utara. Pulau Morotai terkenal dengan sebutan “East Indonesia Paradise” atau surga di timur Indonesia. Keindahan Pulau Morotai memang tiada duanya. Ia memiliki berbagai unsur daya tarik wisata yang sangat mempesona dengan keanekaragaman dan keunikan biota laut.

3. Teluk Ambon

objek wisata unik di maluku - teluk ambon

Keindahan alam Maluku sudah terkenal sejak zaman purba. Tidak perlu bingung mau mengunjungi objek wisata yang mana ketika menjejakkan kaki ke tanah Ambon Manise ini. Begitu menjejakkan kaki di tanah Ambon Manise ini, di depan mata Anda sudah tersaji keindahan alam lengkap yang memanjakan mata.

Pulau Ambon terkenal memiliki teluk dengan air yang jernih dan tenang yang dipercantik dengan kalungan barisan perbukitan yang indah. Ketika mengarahkan pandangan ke laut, Anda akan disuguhi pemandangan laut yang eksotik, birunya laut, karang, dan mangrove, sehingga membentuk perpaduan alam yang cantik dan harmoni.

Seorang ilmuwan Belanda, Rum-pius, melukiskan keindahan Teluk Ambon sebagai surga, gambaran ideal tentang keindahan. Oleh karena itu, tidak salah kiranya jika pantai ini dimasukkan ke dalam jajaran destinasi wisata kelas dunia.

Keunggulan lain dari Teluk Ambon adalah potensi perikanannya yang sangat kaya. Lautan provinsi ini merupakan salah satu lumbung ikan nasional, sehingga belum lengkap rasanya berwisata ke Teluk Ambon jika belum merasakan tarikan ikan dari mata pancing. Tertarik berkunjung ke Teluk Ambon? Anda tidak perlu khawatir, berbagai fasilitas transportasi tersedia menuju Tanah Ambon Manise ini. Selain lapangan terbang untuk angkutan udara, pelabuhan laut untuk angkutan laut dan sarana telekomunikasi pun tersedia dengan cukup baik dan memadai.

4. Kepulauan Banda

wisata unik di maluku - kepulauan banda neira

Kepulauan Banda merupakan aset berharga Provinsi ini. Daya tarik wisata pulau ini tidak hanya terletak di bawah permukaan laut, melainkan memiliki daya tarik wisata lain yang tak kalah unik, yaitu wisata sejarah.

Di Kepulauan Banda ditemukan serpihan-serpihan bukti sejarah yang masih terpelihara baik hingga kini. Bukti-bukti sejarah ini ditemukan oleh beberapa petualang yang melakukan ekspedisi ke daerah-daerah terpencil.

Bukti-bukti sejarah ini tersebar di seluruh kepulauan yang menjadi saksi bahwa Banda khususnya dan Kepulauan Maluku umumnya pernah menjadi kawasan berharga di dunia. Portugis, Belanda hingga Inggris telah meninggalkan jejak keangkuhan dan keserakahan mereka di Banda. Meriam-meriam kuno terbaring bertebaran, istana Belanda, penjara tradisional, dan museum pulau. Artefak-artefak kuno yang telah berusia berabad-abad silam menunggu untuk dieksplorasi.

Hal lain yang membuat Kepulauan Banda layak dikunjungi ada eksotisme udaranya yang mampu menarik Anda menuju pusaran mesin waktu seakan kembali ke masa dimana Kepulauan ini menjadi rebutan Bangsa Eropa. Hal itu terasa ketika Anda berjalan di tengah-tengah pasar tradisisional. Penciuman Anda akan menangkap aroma segar rempah-rempah yang menggiring memori Anda kembali ke masa berabad-abad silam.

Ya, hingga detik ini masyarakat setempat masih setia menjaga tradisi yang bergantung pada wanginya kekayaan rempah-rempah. Kepulauan Banda adalah kepulauan penghasil rempah asli. Rempah-rempah yang dihasilkan oleh daerah ini, antara lain pala, mace, dan cengkeh. Pala dan mace berkhasiat sebagai pengawet dan bahan dasar obat-obatan.

Kepulauan Banda ini terdiri dari tujuh gugusan pulau utama, yaitu Banda Neira, Gunung Api, Pulau Pisang Lonthor, Ai, Hatta, dan Run. Kepulauan Banda juga memiliki keindahan laut yang memikat dan sayang untuk dilewatkan. Selain kaya akan berbagai jenis ikan dengan beragam ukuran, Banda juga terkenal dengan karang raksasa yang berbentuk meja.

Konon kabarnya, karang raksasa ini tumbuh setelah letusan gunung berapi yang terjadi pada tahun 1988. Bekas luka akibat letusan ini masih tampak pada permukaan. Namun di bawah permukaan air laut, Anda akan menyaksikan keindahan taman karang yang spektakuler. Karang raksasa itu tumbuh membentuk meja megah dan menjadi situs wisata bawah laut yang paling dicari oleh para wisatawan. Situs karang meja ini hanya berjarak lima menit pelayaran dari Pulau.

Menyelam dan menikmati keindahan biota laut merupakan hal yang paling dicari oleh para wisatawan ketika berkunjung ke pulau ini. Asyiknya, di kepulauan Banda sudah tersedia fasilitas lengkap untuk melakukan penyelaman itu.

Di kepulauan Banda terdapat sebuah tempat atau pusat menyelam (spice island drivers) yang dikelola secara profesional oleh tim manajemen yang multinasional. Walaupun terletak di lokasi yang terpencil, namun pelayanannya sudah sangat profesional. Para penyelam difasilitasi dengan kapal selam liveaboard. Bagaimana, Anda tertarik untuk melakukan travelling ke Maluku? Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan bawah laut Kepulauan Banda ini.

Share:

admin

Halo perkenalkan nama saya Mangaip. Saya merupakan konten kreator, influencer, dan penulis di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.